2-3 tahun

2 November 2021

10 Aplikasi Belajar Bahasa Asing untuk Anak

Ajarkan anak bahasa asing sedini mungkin dengan aplikasi pilihan di bawah ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Yuk, asah kemampuan bahasa Si Kecil dengan bantuan aplikasi belajar bahasa asing untuk anak di bawah ini.

Mempelajari bahasa asing merupakan salah satu hal yang sebaiknya dilakukan sejak dini.

Dilansir dari Knowable Magazine, dengan menguasai bahasa asing, akan memicu kemampuan otak untuk lebih cepat fokus dan bisa beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan.

Tidak hanya itu saja, Si Kecil yang sejak dini sudah mempelajari bahasa asing otomatis dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berkomunikasi.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Procedia - Social and Behavioral Sciences menunjukkan bahwa sejak lahir hingga usia 10 tahun adalah waktu terbaik untuk memperkenalkan bahasa baru kepada anak kecil.

Mempelajari suatu bahasa asing memang bukan hal yang mudah ya, Moms. Si Kecil harus konsisten mempelajari berbagai kosakata baru yang tidak dikenalnya.

Oleh karena itu, Moms mungkin perlu menggunakan aplikasi belajar bahasa asing agar keterampilan bahasa anak meningkat.

Baca Juga: Cara yang Bisa Dilakukan Apabila Anak Mengalami Perkembangan Bahasa

Waktu Tepat Bagi Anak Belajar Bahasa Asing

aplikasi belajar bahasa asing anak

Foto: Orami Photo Stock

Psikolog anak dan keluarga, Roslina Verauli, mengungkapkan bahwa anak memiliki usia emas pada 0-6 tahun.

Pada rentang usia tersebut, pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil meningkat pesat. Jadi, anak di usia ini sudah bisa diperkenalkan dengan bahasa asing.

Sejak bayi, dia telah memiliki program di dalam otaknya yang disebut Language Acquisition Device (LAD).

Hal inilah yang menyebabkan bayi bisa memahami aturan dasar dan melakukan analisa sehingga ia lebih cepat mengerti bahasa yang diajarkan oleh Moms meskipun hanya melalui suara.

Baca Juga: Ini Doa Kelancaran Berbicara Agar Lebih Percaya Diri dan Perkembangan Anak Optimal

Mengenalkan Bahasa Asing Pada Si Kecil dengan Mudah

aplikasi belajar bahasa asing untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Hal pertama yang harus Moms perhatikan sebelum mengajari anak bahasa asing yaitu berkaitan dengan kemampuan kognitif balita dalam menyerap informasi dan berkomunikasi atau berbahasa.

Setiap anak mampunyai kelebihannya masing-masing. Kelebihan ini bisa Moms lihat dari kemampuan anak yang berbeda-beda dalam menguasai keahlian baru.

Tidak semua anak memiliki kecepatan yang sama dalam menguasai sebuah bahasa baru. Bahkan, tidak sedikit juga ada yang membutuhkan banyak latihan supaya ia bisa mempelajari bahasa asing dengan sempurna.

Baca Juga: 5 Penyebab Anak Mengalami Masalah Perkembangan Bahasa

Pilihan Aplikasi Belajar Bahasa Asing untuk Anak

Kemajuan teknologi membuat metode pembelajaran Si Kecil menjadi lebih mudah.

Saat ini, sudah ada beberapa aplikasi belajar bahasa asing anak yang bisa Moms coba untuk meningkatkan minat dan kemampuan berbahasanya.

Di bawah ini ada 6 pilihan aplikasi yang bisa Moms coba gunakan.

1. Duolingo

duolingo.png

Foto: Play.google.com

Pilihan pertama aplikasi belajar bahasa asing anak adalah Duolingo.

Dilansir dari One Minute English, aplikasi Duolingo sangatlah menyenangkan dan terdapat beberapa permainan yang bisa meningkatkan minat Si Kecil dalam mempelajari bahasa asing.

Selain terdapat fitur pemberian poin atas perkembangan kemampuan anak, Moms juga bisa memilih beberapa bahasa asing melalui aplikasi Duolingo ini seperti bahasa Inggris, bahasa Spanyol, bahasa Prancis, bahasa Jerman, dan lain-lain.

2. Stories by Gus on The Go

aplikasi belajar bahasa asing anak 2.png

Foto: Apps.apple.com

Aplikasi belajar bahasa asing anak yang bisa Moms andalkan berikutnya adalah Stories by Gus on The Go. Aplikasi ini menawarkan belajar bahasa Spanyol yang sangat menarik bagi Si Kecil.

Metode pembelajarannya menggunakan berbagai bentuk permainan dan cerita anak-anak yang menarik dan mudah dipahami. Melalui cerita-cerita itulah Si Kecil akan belajar kosakata baru hingga mengenal berbagai bentuk susunan kalimat yang baik.

Baca Juga: 7 Cara Membacakan Dongeng untuk Anak dengan Menyenangkan

3. Mondly

mondly apps.jpg

Foto: mondly

Moms bisa juga mencoba Mondly sebagai salah satu pilihan aplikasi belajar bahasa asing anak, nih. Aplikasi Mondly mempunyai fitur dan pilihan bahasa yang lengkap serta memiliki tampilan aplikasi yang mudah untuk digunakan.

Terdapat guru virtual yang bisa membacakan kata-kata dalam bahasa asing sehingga Si Kecil bisa mencontohkannya dengan cepat dan mudah. Beberapa bahasa yang ada dalam aplikasi ini ialah Prancis, Spanyol, dan Arab.

4. Memrise

aplikasi belajar bahasa asing anak 4.png

Foto: Play.google.com

Aplikasi belajar bahasa asing anak selanjutnya ialah Memrise. Aplikasi ini memiliki fitur video singkat yang menunjukkan bagaimana cara pengucapan dan pelafalan suatu bahasa dengan baik dan benar.

Si Kecil bisa menggunakan fitur menarik ini untuk mempelajari bahasa asing dengan cara yang berbeda dan mudah.

Baca Juga: 8 Cara Mengajarkan Anak Membaca, Mudah dan Efektif!

5. Drops

drops apps.png

Foto: apsapkmarket

Mempelajari bahasa asing tidak harus selalu melalui cara tertulis lho, Moms.

Aplikasi Drops memberikan fitur pembelajaran bahasa asing secara visual sehingga Si Kecil bisa dengan mudah mengerti dan memahami nama-nama suatu benda dengan melalui gambar.

Aplikasi ini juga mempunyai warna-warna dan tampilan yang menarik sehingga anak-anak lebih tertarik untuk belajar.

6. My Very Hungry Caterpillar

aplikasi belajar bahasa asing anak 6.png

Foto: Play.google.com

Untuk Si Kecil yang masih berusia balita, Moms bisa menggunakan aplikasi ini sebagai salah satu media pembelajaran bahasa asing yang mudah.

Aplikasi ini memiliki fitur buku digital pop up yang lucu dan interaktif sehingga anak bisa dengan mudah mempelajari bahasa asing dengan cepat.

Aplikasi buku digital ini juga punya banyak kategori yang sangat cocok untuk meningkatkan kosakata.

Baca Juga: Ajak Anak Belajar Menulis dengan 9 Cara menyenangkan Ini Yuk!

7. LingoJunior

lingojunior

Foto: Instagram.com/lingo.junior

LingoJunior merupakan aplikasi hasil inovasi dari LingoTalk. Dengan aplikasi ini, anak Moms bisa belajar bahasa asing dengan lebih mudah.

Aplikasi yang diperuntukkan khusus anak dan remaja ini akan memberikan pengajaran materi khusus untuk kategori umur dengan rentang usia 3-15 tahun.

Pembelajara bahasa di aplikasi LingoJunior mengusung konsep yang easy-access, dinamis, dan terpersonalisasi. Jadi, Si Kecil akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

Adapun bahasa asing yang bisa anak-anak pelajari menggunakan LingoJunior, yakni bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Korea, dan bahasa Perancis.

8. Sight Words by Photo Touch

sight words.png

Foto: appsliced.co

Aplikasi untuk belajar bahasa asing yang berikutnya, yaitu Sight Words by Photo Touch. Aplikasi ini diperuntukkan bagi anak-anak usia 4 tahun ke atas sehingga keterampilan berbahasa asingnya terasah dengan baik.

Sight Words by Photo Touch menyajikan cara belajar bahasa asing dengan menggunakan fungsi kognitif, seperti sentuhan, pendengaran, hingga penglihatan.

Moms dan Dads bahkan bisa merekam dan menambahkan suara sebagai pemandu belajar. Jadi, Si Kecil akan merasa sedang belajar bersama orang tua mereka meski hanya dengan perangkat elektronik.

Aplikasi yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengambil gambar sebagai materi pembelajaran, lho. Dengan fitur tersebut, dapat proses belajar bahasa asing anak akan terasa lebih menyenangkan, bukan?

Baca Juga: Kenali Metode Belajar Anak, Apakah Gaya Belajar Visual, Audio, atau Kinestetik?

9. ABC Kids – Tracing & Phonics

abc kids.jpg

Foto: Play.google.com

Selanjutnya, ada aplikasi belajar bahasa asing bernama ABC Kids - Tracing & Phonics yang bisa Moms gunakan untuk mengasah kemampuan bahasa asing Si Kecil.

Aplikasi yang dapat diunduh pada perangkat elektronik Moms ini bisa digunakan untuk anak-anak yang berusia 2 tahun ke atas.

ABC Kids - Tracing & Phonics ini akan membantu anak Moms dalam belajar membaca dan menulis dalam bahasa Inggris.

Cara belajarnya pun akan terasa menyenangkan, Si Kecil akan disuguhkan dengan permainan menyambungkan titik.

Nantinya, mereka akan diajarkan cara membaca dan menulis berbagai huruf kecil, baik huruf kapital maupun huruf kecil, yang disertai dengan suara.

Ketika telah berhasil menyelesaikan pembelajaran, anak akan mendapatkan rewards berupa stiker yang menggemaskan pada aplikasi.

Baca Juga: 10 Aplikasi Belajar Online, Cocok untuk Anak Saat di Rumah Saja

10. Learn to Spell & Write

learn to spell & write.png

Foto: Play.google.com

Aplikasi lainnya yang bisa Moms manfaatkan untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris anak ialah Learn to Spell & Write.

Sesuai dengan namanya, aplikasi belajar bahasa asing yang satu ini akan mengajarkan Si Kecil untuk menulis, membaca, dan melafalkan ejaan dalam bahasa Inggris yang benar.

Setiap kosa kata yang diajarkan akan disertai dengan suara, serta gambar atau ilustrasi yang menarik. Jadi, Si Kecil akan lebih semangat belajar, Moms.

Moms dan Dads pun dapat mendampingi anak dalam belajar dengan aplikasi ini. Misalnya, dengan menebak kata di aplikasi Learn to Spell & Write.

Jika anak bisa mengeja salah satu kosakata yang ditampilkan pada aplikasi, maka akan mendapatkan koin yang dapat digunakan untuk membuka koleksi kata lain.

Selain itu, aplikasi Learn to Spell & Write bisa digunakan sesuai dengan kategori usia yang dipilih, lho.

Itulah beberapa aplikasi menarik yang bisa Moms coba untuk mempelajari bahasa asing sendiri di rumah bersama Si Kecil.

Berikanlah anak hadiah menarik apabila berhasil menguasai beberapa kosakata baru, supaya ia lebih giat lagi belajarnya. Semoga sukses, Moms!

  • https://www.knowablemagazine.org/article/mind/2018/how-second-language-can-boost-brain
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042811025997
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait