Karier & Keuangan

5 Agustus 2021

5 Aplikasi Investasi untuk Pemula yang Aman dan Mudah Digunakan

Ingin tahu apa saja aplikasi investasi yang aman? Ini ulasannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Widya Citra Andini

Kini, semakin banyak orang yang mencoba berbagai aplikasi investasi. Bisa dikatakan, pengetahuan tentang investasi semakin berkembang dan hal ini tentunya akan bermanfaat untuk kehidupan kita, ya, Moms.

Terutama bagi Moms dan pasangan yang masih masuk ke dalam kategori keluarga muda, tentunya mempersiapkan keuangan di masa depan sangat penting.

Mengelola pendapatan agar bisa berguna di masa yang akan mendatang dapat dimulai dari sekarang.

Dilansir dari Kingdom of Saudi Arabia Capital Market Authority, investasi adalah komitmen berdasarkan sumber daya keuangan yang dilakukan pada masa kini untuk mencapai keuntungan yang lebih besar di masa depan.

Ada investasi jangka pendek dan jangka panjang, semua dapat ditentukan berdasarkan kesanggupan dan perencanaan keuangan masing-masing.

Namun, jangan sembarang memilih aplikasi investasi, ya, Moms. Berikut ini rekomendasinya!

Baca Juga: Perlukah Punya Tabungan Terpisah dari Suami?

Rekomendasi Aplikasi Investasi Keuangan yang Aman dan Terbaik

Aplikasi investasi sekarang mudah diakses hanya melalui smartphone saja. Namun, hati-hati dalam memilih aplikasi investasi, tentunya harus yang aman dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia.

Bagi para pemula, berikut ini rekomendasi aplikasi investasi keuangan yang bisa Moms pilih, yaitu:

1. Bareksa

Bareksa.jpeg

Foto: bareksa.com

Aplikasi investasi keuangan yang bisa Moms pilih, yaitu Bareksa.

Dilansir dari laman resmi Bareksa, Bareksa adalah marketplace finansial dan investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang telah mendapat lisensi resmi sebagai Agen Penjual Reksadana dari OJK sejak 2016.

Bareksa menjual produk reksadana terlengkap dari manajer investasi yang tepercaya di Indonesia dan menguasai pangsa pasar jumlah investor reksadana di Indonesia.

Selain itu, Bareksa juga merupakan salah satu mitra distribusi yang dipercaya oleh Kementerian Keuangan RI untuk menjual Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online.

Jika Moms tertarik untuk investasi emas, coba gunakan Bareksa sebagai aplikasi investasi yang tepat.

Bareksa menyediakan transaksi jual beli emas secara online yang tentunya mudah untuk diakses.

Beberapa keunggulan Bareksa, yaitu aman, mudah, lengkap, transparan, dan edukatif.

Selain mudah untuk melakukan transaksi, portofolio dari berbagai instrumen investasi bisa Moms pantau kapan saja melalui aplikasi.

Jika ingin memulai investasi dan masih memiliki keraguan, cobalah gunakan aplikasi Bareksa.

Aplikasi ini akan membantu Moms untuk lebih memahami tentang investasi keuangan secara keseluruhan. Bareksa bisa diunduh melalui Play Store dan App Store.

Baca Juga: 7 Jenis Investasi yang Cocok untuk Keluarga Muda

2. Bibit

Bibit .jpeg

Foto: bibit.id

Bibit ada;ah aplikasi investasi yang memiliki slogan “investasi reksa dana secara otomatis”. Aplikasi ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Apakah Moms masih bingung dengan investasi reksa dana?

Dikutip dari jurnal Bisnis & Birokrasi, reksa dana adalah jenis investasi keuangan yang terdiri dari kumpulan uang yang dikumpulkan dari banyak investor untuk diinvestasikan dalam sekuritas seperti saham, obligasi, instrumen pasar uang, saham, dan aset lainnya.

Reksa dana memberikan investor kecil atau individu akses ke portofolio yang terdiversifikasi dan dikelola secara profesional dengan harga rendah.

Investasi ini dibagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan jenis sekuritas yang diinvestasikan, tujuan investasi, dan keuntungan yang ingin Moms dapatkan.

Nah, Bibit adalah aplikasi reksa dana untuk membantu investor pemula mulai berinvestasi. Siapa saja bisa langsung investasi dengan optimal sesuai dengan level risiko.

Tidak perlu khawatir, keamanan aplikasi Bibit tentunya juga sudah terjamin, ya, Moms.

Keunggulan dari aplikasi investasi ini karena menggunakan riset pemenang Nobel Prize, Modern Portfolio Theory, untuk menyesuaikan investasi ke reksa dana yang cocok dengan profil risiko, sesuai dengan usia, toleransi risiko, serta kondisi finansial.

Baca Juga: Ingin Investasi Emas? Inilah 4 Hal yang Perlu Kita Ketahui

3. Stockbit

Stockbit.jpeg

Foto: stockbit.com

Jika Moms tertarik untuk investasi saham, maka coba gunakan aplikasi Stockbit. Aplikasi ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Stockbit percaya, investasi saham bukan hanya untuk kalangan atas.

Stockbit dilengkapi dengan data finansial dan fitur kelas profesional yang mendukung investasi untuk semua orang.

Stockbit menjadi aplikasi yang tepat bagi Moms yang ingin berdiskusi, melakukan analisis, dan investasi saham dalam satu tempat.

Dilansir dari laman resmi Stockbit, aplikasi investasi ini memberikan ruang bagi investor dan trader untuk berbagi ide, berita, dan informasi keuangan lainya secara real-time.

Adapun fitur utama dari Stockbit, yaitu "stream" terdiri dari ide-ide, grafik saham, link, dan data keuangan lainnya.

Aplikasi Stockbit menggunakan tanda "$" sebelum kode saham sebagai penandaan ide untuk mempermudah Moms saat mencari informasi tentang saham individu tertentu.

Aplikasi Stockbit dirancang dengan fitur yang terfokus dengan keperilakuan investor dan trader sehingga lebih berguna sebagai media sosial khusus investasi.

Jika tertarik untuk mencoba investasi saham, Moms dapat mengunduh aplikasi Stockbit di Play Store dan App Store, ya!

Baca Juga: Adakah Investasi Optimal untuk Menyiapkan Dana Pendidikan?

4. KoinWorks

KoinWorks.jpeg

Foto: koinworks.com

KoinWorks juga menjadi aplikasi investasi yang cukup populer. Didirikan pada tahun 2016, KoinWorks hadir sebagai perusahaan Peer-to-Peer (P2P) Lending dan kini sudah berkembang menjadi Super Financial App pertama dengan lebih dari 600.000 penggunan aktif.

Sebagai penjelasan sederhana, P2P Lending merupakan sebuah platform berbasis internet yang berfungsi layaknya seperti sebuah marketplace daring.

Melalui platform tersebut, pendana dan peminjam bisa saling berinteraksi untuk kebutuhan dana finansial. P2P Lending disebut juga Fintech Lending.

Peminjam membutuhkan dana untuk berbagai keperluan seperti bisnis, pendidikan, hingga kesehatan.

Nah, Pendana juga bisa berinvestasi yang dimiliki untuk dialokasikan kepada kebutuhan Peminjam. Bisa dikatakan, ini merupakan investasi yang cukup menjanjikan.

Beberapa keunggulan investasi melalui aplikasi ini, yaitu karena bunga yang tinggi dan keamanan yang terjamin.

Di aplikasi KoinWorks, dana pengembalian yang bisa diterima setiap tahunnya dapat mencapai 21.32 persen. Bisa dikatakan, jumlah ini lebih tinggi dibandingkan lembaga keuangan konvensional pada umumnya.

KoinWorks adalah aplikasi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. KoinWorks akan menghindari potensi gagal bayar dari peminjam yang dapat membahayakan dana dari pendana.

Aplikasi KoinWorks juga melakukan analisis menyeluruh terhadap latar belakang pribadi si peminjam dan latar belakang keuangannya, serta menganalisis karakter peminjam secara psikologis.

Baca Juga: Moms Cerdas Wajib Melek Trend Investasi Digital

5. Pluang

Pluang.jpeg

Foto: pluang.com

Rekomendasi aplikasi investasi yang aman dan sudah terdaftar di OJK adalah Pluang. Ada beragam instrumen keuangan yang bisa Moms jadikan investasi untuk masa depan. Mulai dari investasi emas, aset kripto, hingga reksa dana.

Soal keamanan, Moms tidak perlu meragukan aplikasi Pluang. Semua transaksi finansial yang dilakukan di aplikasi investasi ini sudah terjamin keamanannya 100 persen!

Selain itu, Pluang juga menjalani kerja sama dengan berbagai perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia untuk menjual produk investasi Pluang di aplikasi dan platform tersebut.

Di antaranya adalah GoInvestasi dari Gojek, BukaEmas dari Bukalapak, dan eMas dari DANA. Jika Moms tertarik untuk melakukan investasi, segera unduh aplikasi Pluang di smartphone melalui Play Store dan App Store, ya!

Itulah rekomendasi aplikasi investasi terbaik yang aman untuk menjaga tabungan Moms dan keluarga untuk masa depan. Tertarik untuk mencoba aplikasi investasi yang mana, Moms?

  • https://bibit.id/
  • https://stockbit.com/about
  • https://pluang.com/tentang-pluang
  • https://www.bareksa.com/tentangkami
  • https://koinworks.com/blog/alasan-mendanai-di-koinworks/
  • https://cma.org.sa/en/Awareness/Publications/booklets/Booklet_1.pdf
  • https://www.researchgate.net/publication/327320125_A_Comparative_Study_of_Mutual_Fund_Portfolio_Performance_in_Indonesia
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait