COVID-19

6 Juli 2021

11 Aplikasi Telemedicine yang Sediakan Obat Gratis untuk Pasien Isolasi Mandiri, Catat!

Pasien COVID-19 bisa melakukan konsultasi dokter online dan mendapatkan layanan obat gratis
placeholder

Foto: Freepik.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Telemedicine tengah menjadi primadona di kalangan masyarakat yang hendak berkonsultasi terkait masalah kesehatan. Telemedicine dianggap sebagai salah satu cara efektif untuk berobat dengan ahli tanpa harus keluar rumah di tengah pandemi.

Jumlah masyarakat Indonesia yang dikonfirmasi positif terpapar COVID-19 kian meningkat setiap harinya. Hingga hari Senin, 5 Juli 2021, pemerintah telah melaporkan adanya penambahan kasus harian COVID-19 sebanyak 29.745.

Angka tersebut pun menjadi rekor baru kasus harian tertinggi sejak kasus COVID-19 di Tanah Air terkonfirmasi pertama kali pada Maret 2020.

Melonjaknya pasien COVID-19 tentu sangat berdampak pada layanan kesehatan. Tidak sedikit rumah sakit yang penuh karena menangani banyaknya pasien COVID-19.

Untuk itu, pemerintah menganjurkan pasien COVID-19 untuk melakukan isolasi mandiri di rumah jika tidak bergejala atau hanya gejala ringan.

Baca Juga: Kasus Positif COVID-19 di Indonesia Tembus 2 Juta, Simak Cara Pakai Masker Dobel yang Tepat

Kemenkes RI Beri Layanan Konsultasi Online dan Obat Gratis

telemedicine untuk pasien isoman

Foto: Orami Photo Stock

Kementerian Kesehatan RI pun memastikan bahwa pasien yang melakukan isolasi mandiri bisa tetap memperoleh layanan kesehatan. Layanan kesehatan ini berupa telemedicine yang merupakan konsultasi kesehatan secara virtual yang bisa diakses kapan pun dan dimana pun oleh pasien.

Mengutip laman resmi Kemenkes RI, untuk tahap awal, fasilitas telemedicine ini hanya berlaku untuk area Jakarta.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin memahami bahwa pasien positif COVID-19 yang sedang isolasi mandiri butuh konsultasi, butuh ketenangan, diperhatikan, dan tahu bahwa mereka menerima pengobatan yang benar.

Untuk itu, Kemenkes RI menyediakan layanan telemedicine karena kalau harus datang ke rumah sakit untuk konsultasi dengan dokter akan susah dan akan menambah risiko penularan.

“Maka kita bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan juga jasa pengiriman obat secara gratis. Dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan juga Kementerian Kesehatan,” jelas Menkes saat Konferensi Pers secara virtual, pada Senin, 5 Juli 2021.

Baca Juga: Ini Prosedur Perawatan Pasien COVID-19 Berdasarkan Gejala, Moms Wajib Tahu!

Aplikasi Telemedicine untuk Pasien COVID-19 Isoman

Layanan telemedicine gratis untuk pasien COVID-19 yang sedang isoman resmi berlaku pada Selasa, 6 Juli 2021 hari ini. Melalui telemedicine, dokter bisa mengidentifikasi pasien berdasarkan hasil konsultasi, untuk selanjutnya dilakukan penanganan berdasarkan kondisi pasien.

Melalui layanan ini, rumah sakit bisa melakukan skrining awal untuk pasien dengan gejala sedang/berat termasuk pemberian paket obatnya melalui fasilitas pelayanan kefarmasian yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan.

Paket obat akan dikirimkan secara gratis untuk yang benar-benar tanpa gejala, sedangkan pasien dengan gejala, misalnya demam sedikit, akan diberikan juga paketnya secara gratis.

Tak hanya itu, platform telemedicine ini terintegrasi dengan laboratorium testing PCR. Bagi pasien yang ingin melakukan uji PCR bisa dilakukan melalui form telemedicine yang tersedia.

Berikut daftar aplikasi telemedicine yang bisa diakses oleh pasien COVID-19:

1. Alodokter

alodokter.jpg

Foto: Google Play Store

Layanan konsultasi kesehatan virtual pertama yang bisa diakses oleh pasien COVID-19 isoman, yakni Alodokter.

Pasien bisa langsung melakukan telemedicine melalui Google Form, atau mengunduh aplikasinya di Android dan iOS.

2. GetWell

getwell.jpg

Foto: Google Play Store

Berikutnya, pasien COVID-19 yang sedang isoman juga bisa mendapatkan layanan telemedicine gratis melalui aplikasi GetWell. Namun, layanan ini baru bisa diakses melalui perangkat Android saja.

3. Good Doctor

good doctor.jpg

Foto: Google Play Store

Good Doctor menjadi platform lainnya yang bisa digunakan oleh pasien COVID-19 yang melakukan isoman. Aplikasi kesehatan ini dapat langsung diunduh oleh pengguna Android dan iOS.

4. Halodoc

halodoc.jpg

Foto: Google Play Store

Selanjutnya, pasien COVID-19 dapat mengakses aplikasi telemedicine dari Halodoc melalui laman resminya. Bisa juga dengan mengunduh aplikasinya melalui Android dan juga iOS.

5. KlikDokter

klikdokter.jpg

Foto: Google Play Store

KlikDokter juga bisa dimanfaatkan oleh pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri. Pasien dapat langsung mengunjungi laman KlikDokter, atau mengakses aplikasinya dari Android.

6. KlinikGo

klinikgo.jpg

Foto: Google Play Store

Layanan konsultasi pasien COVID-19 gratis selanjutnya ialah KlinikGo dengan cara mengunduh aplikasinya di Android.

7. Link Sehat

linksehat.jpg

Foto: Google Play Store

Selain itu, pasien COVID-19 bisa mengakses layanan telemedicine melalui Link Sehat yang tersedia dalam perangkat Android.

8. Milvik Dokter

milvik dokter.jpg

Foto: Google Play Store

Bagi pasien COVID-19 yang isoman, bisa memanfaatkan layanan konsultasi virtual dan mendapatkan obat gratis dari Milvik Dokter. Aplikasinya dapat langsung diunduh melalui Android.

9. ProSehat

prosehat.jpg

Foto: Google Play Store

ProSehat menawarkan layanan konsultasi pasien COVID-19 melalui WhatsApp Chat dan juga aplikasi di Android.

10. SehatQ

sehatq.jpg

Foto: Google Play Store

Layanan kesehatan lain yang bisa diakses gratis oleh pasien COVID-19 adalah SehatQ. Aplikasi telemedicine ini dapat diakses melalui Android dan iOS.

11.YesDok

yesdok.jpg

Foto: Google Play Store

Terakhir, ada aplikasi YesDok yang dapat diunduh oleh pasien COVID-19 dari perangkat Andoid dan iOS.

Baca Juga: 3 Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Pasien COVID-19 saat Isolasi Mandiri

Itulah 11 aplikasi telemedicine yang dapat diakses oleh pasien COVID-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri. Semoga bermanfaat, ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait