Parenting Islami

12 November 2021

Arti Alhamdulillah dan Maknanya bagi Umat Islam, Wajib Tahu!

Alhamdulillah merupakan ungkapan rasa syukur kita
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat mendengar kabar yang baik, banyak umat Islam yang mengucapkan kata alhamdulillah. Bahkan kini, kata itu lazim digunakan oleh orang untuk mengungkapkan rasa syukur, meski kadang tidak tahu arti alhamdulillah yang sebenarnya.

Kalimat alhamdulillah termasuk kepada ucapan syukur, yang merupakan salah satu sifat terpuji. Jurnal El-Qanuny IAIN Padangsidimpuan mencatat, dalam uslub Alquran, kata syukur diungkapkan dalam istilah ‘syukur’.

Dalam banyak ayat Alquran, kata syukur sering disandingkan dengan kata zikir. Istilah lain yang memiliki kesamaan makna dengannya adalah kata al-hamdu dan al-tsana’.

Baca Juga: 11 Hadits dan Ayat Alquran tentang Bersyukur, Masya Allah!

Arti Alhamdulillah

cara-bersyukur-kepada-allah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kalimat alhamdulillah berasal dari bahasa Arab dan telah diserap ke dalam bahasa Indonesia, bahkan sudah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Dalam pengertian dari Kamu Besar Bahasa Indonesia, arti alhamdulillah ialah segala puji bagi Allah. Kalimat ini telah disebutkan sebanyak 22 kali dalam Alquran, di antaranya dalam surat Al Fatihah (1:1), Yunus (10:10), dan Al-An’am (6:45).

Alhamdulillah juga termasuk dalam kalimat dzikir yang harus senantiasa diungkapkan, selain kalimat Subhanallah dan juga Allahu Akbar.

Alhamdulillah (اَلْحَمْدُلِلّهِ) memiliki arti ‘Segala Puji Bagi Allah’. Dalam penggunaannya, kalimat tersebut sering diucapakan seperti ayat kedua dalam surat Al-Fatihah.

Yakni dalam kalimat ‘Alhamdu lillahi Robbil ‘Alamin’, yang artinya: ‘Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.’

Arti Alhamdulillah ( اَلْحَمْدُلِلَّهِ ) adalah ungkapan untuk menyatakan rasa syukur. Lafadz ini terdiri dari kata ‘hamd’ yang artinya pujian, pembahan ‘al’ bermakna segala, jadi ‘al hamdu’ berarti segala puji, sedangkan ‘li’ dan ‘Allah’ artinya bagi Allah.

Jika dirangkai dalam satu kalimat maka arti Alhamdulillah adalah ‘segala puji bagi Allah’. Penambahan kata ‘al’ dalam kalimat al hamdu dalam bahasa Arab disebut sebagai alif lam.

Dalam tatanan bahasa Arab, alif lam tersebut menunjukkan arti lil al-istigraq yang artinya meliputi segala sesuatu.

Dengan adanya alif lam, makna kalimat tahmid mencakup segenap pujian dan segenap syukur baik atas segala hal yang didapatkan.

Begitu pun dengan keberadaan huruf lam yang membuat makna lil al-ghayah pada kalimat tahmid. Lil al-ghayah artinya menunjukkan tujuan, sehingga kata ‘Lillah’ diartikan sebagai ‘untuk Allah’.

Artinya kepada siapa pun memuji, tujuan akhirnya tetap karena dan untuk Allah SWT (Lillahi).

Bersyukur sering berkaitan dengan arti alhamdulillah, karena bisa diucapkan dalam hati atau langsung yang merupakan tanda bahwa seseorang senantiasa mengingat Allah SWT dalam senang maupun susah.

Baca Juga: Tata Cara dan Doa Sujud Syukur Sesuai Ajaran Rasullah SAW, Yuk Dihafal!

Makna Kalimat Alhamdulillah

bersyukur.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui arti alhamdulillah, dalam kalimat tahmid tersebut mengandung beberapa makna terkait dengan rasa syukur. Beberapa makna kalimat alhamdulillah di antaranya:

1. Pujian Allah SWT kepada Diri-Nya

Allah SWT berhak memuji dirinya sendiri baik itu berbentuk sdzat dan juga sifat-Nya. Hal ini sebagaimana firman-Nya yang tertulis di dalam Alquran:

إِنَّنِيٓ أَنَا ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنَا۠ فَٱعۡبُدۡنِي وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِذِكۡرِيٓ

Artinya: “Sesungguhnya Akulah Allah, tidak ada Tuhan kecuali Aku. Maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku,” (QS Thaha: 14).

2. Pujian dari Allah SWT kepada Makhluk

Allah SWT memuji makhluk yang paling mulia dan terpuji, yaitu Nabi Muhammad SAW. Dan ini tertulis di dalam Alquran:

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٖ

Artinya: “Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang luhur (agung),” (QS Al-Qolam: 4).

3. Pujian dari Makhluk kepada Allah SWT

Hal ini seperti yang telah tertulis dalam Alqur’an:

ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,” (QS Al-Fatihah: 2).

4. Pujian Makhluk kepada Makhluk

Rasulullah SAW telah mengajarkan untuk memuji manusia, salah satunya pada saat diberi kebaikan dengan cara mengucapkan jazakallah khair.

Pujian ini bertujuan untuk mendoakan seseorang yang telah berbuat kebaikan pada sesama, apapun bentuknya agar dibalas dengan kebaikan yang berlimpah.

Baca Juga: Simak 5 Cara Bersyukur Kepada Allah SWT

Manfaat Mengucapkan Alhamdulillah

7 Cara Agar Anak Pandai Bersyukur Sejak Dini, Yuk Coba Lakukan!.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Karena arti alhamdulillah memiliki makna yang baik, seseorang yang sering mengucapkannya akan mendapatkan manfaat. Beberapa di antaranya yakni:

  • Diampuni dosa. Saat seseorang sampai tiga kali telah mengucapkan alhamdulillah, maka ucapan yang ketiganya itu akan menjadi pahala dan Allah SWT akan mengampuni dosanya.
  • Mendapat pahala. Mengucapkan alhamdulillah artinya telah memuji Allah SWT, maka Allah SWT akan memberikan balasan berupa pahala atas orang tersebut. Jika mengucapkan alhamdulilah untuk yang kedua kali, maka Allah SWT akan menambah lagi pahala baru untuknya.
  • Menentramkan jiwa. Orang yang senantiasa bersyukur dengan mengucap alhamdulillah, akan mendapatkan ketentraman jiwa.
  • Ditambah rezeki. Saat seseorang selalu bersyukur, maka Allah SWT berjanji akan menambah rezeki untuknya. Selain mengucapkan alhamdulillah, bersyukur dengan memberikan sedekah untuk orang yang kurang mampu juga dapat menambah rezeki.
  • Menumbuhkan rasa positif. Saat mengucapkan alhamdulillah, hati akan lebih qana’ah atau menerima semua hal dengan lapang dada sehingga seseorang dapat berpikiran positif dengan semua ketentuan yang menjadi takdir Allah SWT.
  • Tidur lebih nyenyak. Ini dibuktikan dalam sebuah penelitian karena jiwanya terasa tenang saat selalu bersyukur. Jika seseorang yang mengalami insomnia maka bisa jadi salah satu penyebabnya orang tersebut kurang bersyukur dengan semua hal yang telah diperolehnya.
  • Meningkatkan kesejahteraan. Saat pandai bersyukur, seseorang dapat mudah memperbaiki penyakit hati, sehingga hati akan senantiasa tentram.
  • Terhindar dari depresi atau stres. Selalu merasa cukup dan mengungkapkannya lewat kalimat alhamdulillah akan membuat orang terhindar dari rasa stress karena merasa bersyukur atas apa yang dimiliki.

Setelah mengetahu arti alhamdulillah beserta makna dan juga manfaatnya, hendaknya jangan lupa untuk senantiasa mengucap syukur dan berdzikir selama mulut masih bisa berbicara.

  • http://194.31.53.129/index.php/elqanuniy/article/view/2154
  • https://quran.kemenag.go.id/
  • https://dosenpintar.com/alhamdulillah/
  • https://kbbi.web.id/alhamdulillah
  • https://akumaubelajar.com/agama-islam/arti-alhamdulillah/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait