Rupa-rupa

RUPA-RUPA
8 Mei 2020

Malam Lailatul Qadar yang Jadi Harapan Muslim Sedunia, Ini Arti dan Keistimewaannya

Yuk kita cari tahu bareng-bareng, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Tidak terasa umat muslim di seluruh dunia sudah masuk pada hari ke-15 puasa Ramadhan tahun 1441 Hijriah. Hal ini berarti umat muslim tidak lama lagi akan berhadapan dengan malam lailatul qadar.

Malam lailatul qadar merupakan salah satu keistimewan dari bulan Ramadhan yang terjadi pada 10 hari terakhir bulan Ramadan, menurut Ustadz Abdul Somad dalam sebuah video yang diunggah di kanal Youtube Mutiara Islam, pada (21/6/2018) lalu.

Baca Juga: Tubuh Lebih Bugar, Ini Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Menyusui di Bulan Ramadan

Selain itu, ada banyak keutamaan lain dari malam lailatul qadar yang membuat umat muslim berlomba-lomba untuk meraih malam itu. Apa sebenarnya arti dan keistimewaan dari malam lailatul qadar ini?

Arti Malam Lailatul Qadar bagi Umat Muslim

malam lailatul qadar

Foto: islamicfinder.org

Lailatul qadar disebut sebagai malam yang penuh dengan keberkahan. Keistimewaannya bahkan melebihi dari 1000 bulan, menurut Alquran. Ini tentu sangat menggiurkan.

Dikutip dari Tirto, menurut penjelasan dalam buku Pengertian Malam Lailatul Qadar yang ditulis oleh H. Syaifullah Amin, kata al-qadar, yang menyusun frasa Lailatul Qadar, diartikan sebagai takdir atau penetapan. Bila kita artikan secara menyeluruh, Lailatul Qadar bermakna sebagai petunjuk hidup yang benar bagi umat Islam.

Di malam ini, dikatakan Allah juga menurunkan Al-Quran sebagai pedoman hidup (way of life) yang mengatur segala urusan manusia menyelusuri kehidupan dunia yang fanah.

Selain itu, malam Lailatul Qadar juga dimaknai sebagai “malam yang sempit” karena Allah akan menurunkan para malaikat ke bumi untuk mengatur segala urusan. Jadi bumi pun digambarkan sempit lantaran dipenuhi oleh para malaikat.

Baca Juga: Doa Berbuka Puasa dan Maknanya, Yuk Ajarkan pada Si Kecil!

Keistimewaan lain dari malam ini yang membuat umat muslim berlomba-lomba untuk meraih malam itu. Salah satunya ialah untuk memperoleh pengampunan atas dosa-dosa kita.

Karena begitu mulianya malam lailatul qadar, banyak orang memaknai malam Lailatul Qadar sebagai ‘Malam Seribu Bulan’ yang membuat bumi begitu terlihat terang. Sehingga sangat disayangkan bagi seorang Muslim apabila melewatkan Lailatul Qadar itu.

Apa yang Dilakukan Orang pada Malam Lailatul Qadar?

malam lailatul qadar

Foto: pratirodh.com

Mereka melakukan upaya ekstra untuk berdoa memaafkan dan membaca Alquran selama 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Ini dipandang sebagai periode ketika doa dijawab dan berkat berlimpah.

Sebagian umat muslim menghabiskan sebagian besar waktunya selama 10 hari terakhir dalam bulan Ramadhan di masjid.

Pada siang hari, mereka berdoa, membaca Alquran dan beristirahat atau tidur. Selama masa kegelapan, mereka juga makan dan minum. Karena banyak masyarakat menghabiskan banyak waktu di hari-hari terakhir Ramadhan bersama di sebuah masjid, itu adalah waktu ibadah, doa, antisipasi dan perayaan Islam.

Baca Juga: 6 Tips agar Tidak Overeating Selama Bulan Puasa

Mereka yang tinggal di dekat masjid atau dekat orang muslim, mungkin akan mendengarkan Alquran dibacakan secara nyaring selama periode ini.

Ini adalah upaya untuk membaca seluruh Quran di bulan Ramadhan. Perbuatan baik juga dilakukan selama masa ini, karena ini adalah malam pengampunan.

Beberapa muslim percaya bahwa lailatul qadar adalah tanggal ketika Tuhan mengungkapkan nasib mereka sepanjang tahun.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait