Rupa-rupa

RUPA-RUPA
22 Februari 2021

11 Arti Mimpi Anak Meninggal, Tak Selalu jadi Pertanda Buruk!

Kematian menjadi simbol sebuah awal yang baru
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Dari sekian banyak mimpi, Moms mungkin pernah memiliki mimpi seseorang meninggal. Mimpi kehilangan seseorang yang dikasihi tentu memberikan perasaan yang tidak mengenakkan.

Bermimpi anak meninggal mungkin dapat menjadi hal yang mencemaskan bagi orang tua. Namun, sebaiknya Moms tak perlu merasa cemas.

Perlu diketahui, ada beberapa hal yang bisa menjadi arti mimpi anak meninggal. Hal ini kemungkinan besar merupakan bentuk simbolis tentang apa yang terjadi dalam kehidupan Moms.

Yuk, simak arti mimpi anak meninggal di sini.

Baca Juga: Melihat Binatang dalam Mimpi? Ini Artinya!

Ragam Arti Mimpi Anak Meninggal

Mengutip Dream Moods, ada beberapa arti mimpi anak meninggal yang mungkin sesuai dengan kondisi kehidupan saat ini.

1. Kematian Berarti Membentuk Diri yang Baru

arti mimpi anak meninggal-1.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Secara metaforis, kematian dapat dilihat sebagai akhir atau penghentian dari cara lama, kebiasaan buruk, perilaku destruktif atau aspek lain dari diri. Arti mimpi anak meninggal bisa jadi membentuk diri yang baru.

Jadi, mati tidak selalu berarti kematian fisik, melainkan akhir dari sesuatu. Dalam mimpi seperti itu, kematian sering diwakili oleh orang lain.

Bila ada orang bermimpi seseorang mati, ini berarti ia ingin menghilangkan aspek dalam diri yang diwakili oleh orang yang sekarat tersebut.

2. Kematian Anak Menjadi Awal yang Baru

Bermimpi kematian seseorang menyiratkan bahwa perasaan seseorang terhadap orang itu sudah mati, atau ada perubahan signifikan terjadi dalam hubungan dengan orang itu.

Jika Moms memimpikan anak meninggal, maka arti mimpi anak meninggal berarti Moms harus melepaskan sikap ketidakdewasaan dan mulai menjadi lebih serius.

Kematian seorang anak juga bisa berarti bahwa jiwa kekanakan dalam diri sedang tertahan.

Baca Juga: Patut Diketahui, Ini Arti 5 Mimpi yang Sering Dialami Ibu Hamil

3. Bisa Berarti Ada Pekerjaan yang Belum Terselesaikan

arti mimpi anak meninggal-2

Foto: Orami Photo Stock

Arti mimpi anak meninggal bisa berarti kita telah melalui beberapa hal yang sangat sulit belakangan ini.

Terkadang pikiran kita hanya memikirkan hal terburuk yang dapat dipikirkan atau hal terburuk yang dapat dipikirkan ketika sedang menghadapi beberapa tekanan dalam hidup.

Mimpi ini sebenarnya itu bisa berupa sesuatu yang kecil seperti pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Intinya ketika kita memiliki mimpi anak meninggal, hal ini belum tentu berarti buruk. Jadi jangan terlalu panik.

4. Terlalu Khawatir dengan Buah Hati

Jika bermimpi melihat anak meninggal, bisa jadi arti mimpi anak meninggal karena Moms terlalu khawatir dengan si buah hati. Hal ini merupakan kekhawatiran yang cukup umum untuk memikirkan apa yang mungkin terjadi pada anak.

Baca Juga: 6 Pekerjaan untuk Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dilakukan Sambil Mengurus Keluarga

5. Kematian Berarti Mengatasi Makna Tentang Berakhirnya Kehidupan

arti mimpi anak meninggal-3

Foto: Orami Photo Stock

Memimpikan kematian mungkin adalah cara alam bawah sadar menghadapi gagasan kematian dan kefanaan sendiri. Karena wajar bagi seseorang untuk merasa cemas tentang kematian.

Arti mimpi anak meninggal bisa jadi merupakan bentuk kecemasan dari orang tua dengan topik kematian itu sendiri.

Misalnya, "Kapan kematian akan terjadi?", "Bagaimana kematian akan terjadi?", "Apakah akan sakit?", dan sebagainya. Termasuk bagi Moms yang baru saja kehilangan orang tersayang.

Terkadang sulit untuk memikirkan kematian secara sadar karena hal ini tidak menyenangkan atau menjadi bahasan tabu atau sekadar tidak ingin memikirkannya.

Akibatnya, Moms mendorongnya ke alam bawah sadar di mana hal ini dapat hadir dalam mimpi.

6. Kematian Berarti Ada Karakter yang Hilang

Arti mimpi anak meninggal, yang merupakan kematian orang yang dicintai, menunjukkan bahwa sesorang kurang memiliki aspek atau kualitas tertentu.

Tanyakan pada diri sendiri apa yang membuat seseorang istimewa, atau apa yang disukai dari mereka. Kualitas itulah yang kurang dimiliki pada keadaan dalam kehidupan sendiri.

Baca Juga: Ternyata Ini 6 Arti Mimpi Bercinta, Pernah Mengalami?

7. Tidak Selalu Berarti Negatif

arti mimpi anak meninggal-4

Foto: Orami Photo Stock

Ketika bermimpi tentang anak yang meninggal, pada dasarnya hal ini tidak selalu menunjukkan hal yang buruk.

Terhadap arti mimpi anak meninggal, Moms mungkin berpikir bahwa hal tersebut merupakan hal yang mengerikan dan jenis mimpi ini mungkin membuat kita terpikir atau menangis di tengah malam.

Namun dalam beberapa kasus, kematian anak bisa menjadi pertanda sesuatu yang baik akan terjadi.

8. Perlu Merenungkan Tindakan

Mirip dengan perasaan yang terkait dengan memimpikan seorang anak meninggal, simbolisme negatif melekat padanya di mana itu menunjukkan bahwa Moms perlu merenungkan tindakan yang telah dilakukan.

Arti mimpi anak meninggal ini bisa jadi seperti Moms yang mungkin baru-baru ini terlibat dalam aktivitas yang berpotensi membahayakan.

Moms telah mengadopsi kebiasaan merusak diri sendiri, yang perlahan-lahan merusak moral tanpa disadari.

Mimpi itu adalah sinyal peringatan bahwa jika Moms tidak berhenti dengan kebiasaan merusak diri ini, maka Moms mungkin melakukan kerusakan serius pada diri sendiri yang tidak dapat diubah, dan akan kehilangan posisi sebagai manusia yang baik di mata orang lain.

Baca Juga: Ini 15+ Arti Mimpi Makan yang Maknanya Bisa Tak Disangka

9. Perlu Lakukan Bonding dengan Anak

arti mimpi anak meninggal-1

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Alo Dreams, mimpi mencerminkan kehidupan kita sehari-hari, peringatan, dan menunjukkan hal-hal yang memengaruhi aktivitas kita sehari-hari.

Jika Moms melihat anak meninggal dalam mimpi, arti mimpi anak meninggal ini mungkin merujuk pada lemahnya hubungan yang Moms miliki dengan Si Kecil.

Moms mungkin sibuk karena tidak dapat memberikan waktu yang cukup untuk anak, atau sengaja mengabaikan tanggung jawab sebagai orang tua.

Akibatnya, Moms menciptakan jarak emosional sebagai orang tua dan anak, sehingga mungkin kehilangan hubungan emosional yang dimiliki dengan Si Kecil.

Mimpi adalah sinyal peringatan bahwa Moms sangat membutuhkan untuk mulai memerhatikan anak-anak dan waspada terhadap aktivitas dan emosi mereka.

Hal ini penting dilakukan, sehingga Moms dapat lebih memahami mereka dan mengatasi hambatan emosional yang memperlebar jarak antara diri Moms dan anak.

10. Simbol Hilangnya Kepolosan

Anak-anak dalam mimpi kita adalah simbol dari kepolosan dan kebajikan yang kita miliki saat masih muda. Arti mimpi anak meninggal adalah simbol dari hilangnya kepolosan dan kenaifan setelah memasuki usia dewasa.

Moms tidak lagi terlindung dari pengaruh eksternal, melainkan otonomi untuk memutuskan sendiri telah memungkinkan banyak kejahatan mendekati dan meredam pikiran.

Moral dan kebajikan yang telah dipelajari sebagai seorang anak tidak lagi berlaku untuk Moms saat ini di dunia yang serba cepat, di mana Moms harus egois untuk bertahan hidup.

Semua emosi yang berkembang ini membantu seseorang di mana mereka harus mempelajari cara-cara dunia ini bekerja untuk bertahan
hidup di antara semua persaingan ini di sekitar.

Baca Juga: 11 Arti Mimpi Menikah, Tak Selalu Berhubungan dengan Pasangan

11. Bertahan dari Pengalaman yang Menyakitkan

arti mimpi anak meninggal-2

Foto: Orami Photo Stock

Melihat seorang anak meninggal dalam mimpi adalah mimpi terburuk dan terkadang merupakan simbol dari kesulitan yang baru-baru ini dialami.

Anak-anak adalah makhluk yang rentan, bergantung pada orang lain untuk kebutuhan mereka dan karenanya sepenuhnya terpapar pada potensi kerusakan yang mungkin terjadi.

Arti mimpi anak meninggal dapat mencerminkan bahwa Moms telah melawan kesulitan untuk waktu yang lama meskipun posisinya rentan dengan tidak ada orang untuk bersandar.

Moms telah dengan berani melawan semua masalah, tetapi stres yang terus-menerus telah membuat melemah secara emosional.

Mungkin juga Moms telah melewati tantangan, tetapi perlu memulihkan diri untuk waktu yang lama sebelum siap menghadapi peristiwa stres lainnya.

Seputar Mimpi Buruk

mimpi anak meninggal

Foto: Orami Photo Stock

Sampai saat ini masih belum bisa diketahui secara jelas mengenai penyebab mimp buruk. Kendati demikian, ada dugaan terjadinya mimpi buruk bisa terjadi karena faktor genetic, psikologis, kelainan fisik, gangguan dalam proses tumbuh kembang serta gangguan pada sistem saraf pusat.

Bukan hanya itu, meski penyebabnya belum bisa dipastikan, namun kondisi seperti stres, cemas, trauma, insomnia atau susah tidur, efek samping obat, kebiasaan ngemil, nonton film serta baca buku sebelum tidur bisa menjadi penyebab mimpi buruk.

Penyakit lain seperti depresi, gangguan stres akibat pasca trauma (PTSD), atau konsumsi minuman berakohol pun bisa menjadi penyebab Moms dan Dads mengalami mimpi buruk.

Ketika seseorang mengalami mimpi buruk, biasanya hal tersebut terjadi pada tengah malam atau menjelang pagi. Mimpi buruk sendiri pun biasanya memiliki tema yang beraneka ragam. Mulai dari hal yang realistis hingga tidak masuk akan.

Gambaran seperti bertemu makhluk aneh, diculik, terjatuh, dikejar-kejar, atau hal lain yang membuat tidak nyaman sendiri pun disebut sebagai hal yang biasnaya terjadi.

Ketika seseorang mengalami mimpi buruk, biasanya orang tersebut akan memiliki perasaan marah, takut, seduh, merasa bersalah dan juga cemas. Perasaan ini pun bisa saja masih terbawa walau orang yang bermimpi sudah bangun. Tentu saja hal ini bisa berpengaruh pada mood sepajang hari.

Terdapat ciri-ciri yang bisa mengidentifikasi mimpi buruk, hal tersebut adalah;

- Mengalami mimpi yang tekait dengan ancaman pada keselamatan diri atau kelangsungan hidup orang lain serta tema lain yang mengganggu

- Mimpi yang tampak nyata, jelas, dan menyebabkan perasaan orang yang bermimpi menjadi cemas atau sedih ketika mengingatnya

- Menyebabkan orang yang bermimpi menjad berkeringat dan juga berdebar ketuka sedang tidur

- Membuat orang yang mengalami menjadi sulit kembali tidur

Meski mimpi buruk bisa memengaruhi mood harian, namun tidak semua mimpi buruk dikategorikan sebagai kondisi yang mennganggu. Mimpi buruk bisa dikategorikan sebagai gangguan jika sering terjadi, menyebabkan rasa lelah atau lesu meski sudah tidur, menyebabkan kesulitan mengingat dan konsentrasi, menyebabkan penderita terus ingat tentang mimpi buruk, menimbulkan rasa cemas saat ingin tiur, dan memengaruhi aktivitas harian.

Mimpi buruk bisa dikatakan normal jika hanya terjadi sesekali. Jadi, jangan terlalu dipikirkan ketika Moms atau Dads mendapatkan mimpi buruk di malam hari.

Namun Moms dan Dads bisa langsung mendiskusikannya ke dokter jika frekuensi mimpi buruk sudah meningkat menjadi sering dan masuk kategori yang sudah dibahas ya!

Nah, Mom dan Dads!. Itulah berbagai arti mimpi anak meninggal serta hal-hal yang bisa menyebabkan mimpi buruk bisa terjadi saat tidur. Jadi, jangan risau dulu, ya.

Jika ada Moms atau Dads yang masih penasaran mengenai arti dari mimpi buruk yang sedang dialami atau punya cerita mengenai mimpi buruk yang kerap datang menghantui, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait