Rupa-rupa

RUPA-RUPA
31 Oktober 2020

10 Arti Mimpi Berkelahi, Bisa Jadi Tanda Kesuraman dan Malapetaka!

Meski penuh dengan kekerasan, arti mimpi berkelahi ada juga yang merupakan berita baik
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ternyata, tidak semua orang mengingat mimpinya. Journal of Sleep Research mencatat, semua orang memiliki mimpi, tapi entah mengingatnya atau tidak saat terbangun. Mimpi bisa menyenangkan, bahagia, menakutkan, membuat frustrasi, menenangkan, membosankan, atau benar-benar aneh.

Setiap malam, seseorang dapat mengalami satu hingga enam kali bermimpi, tergantung pada waktu tidur dan siklus rapid-eye movement (REM) yang Anda dilalui. Namun menurut studi yang dipublikasikan oleh CNet, Anda mungkin hanya mengingat mimpi yang paling jelas dan terjadi berulang kali.

Bagaimana dengan mimpi berkelahi? Apa arti mimpi berkelahi? Bisa jadi itu adalah pertanda sesuatu meresahkan atau aneh, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa bisa arti mimpi berkelahi? Padahal Anda merasa tidak merasa hal yang negatif.

Baca Juga: Bahaya, Jangan Bertengkar Lewat Chat

Apa Sebenarnya Mimpi Itu?

arti-mimpi

Foto: Orami Photo Stock

Tidak ada bukti pasti tentang mimpi, tetapi secara umum mimpi mewakili kumpulan pikiran, emosi, peristiwa, orang, tempat dan simbol yang relevan dengan seseorang dalam beberapa hal.

“Sederhananya, mimpi adalah pikiran, gambaran, sensasi, dan terkadang suara yang muncul selama tidur," kata Alan Kuras, LCSW di Westmed Medical Group.

Mimpi yang paling jelas biasanya terjadi selama tidur REM, meskipun Anda juga bisa bermimpi selama tahap tidur lainnya, dikutip dari sebuah penelitian yang dipublikasikan olen National Center for Biotechnology Information.

Alan menambahkan, ada banyak teori tentang fungsi mimpi. "Mereka tampaknya membantu dalam pembentukan memori, integrasi, pemecahan masalah dan konsolidasi gagasan baik tentang diri kita dan dunia. Ahli saraf juga telah menemukan bahwa mimpi membantu pemrosesan informasi dan pengaturan suasana hati,” kata dia.

Sementara, menurut penelitian Neuroscience of Consciousness para ilmuwan tahu tentang apa yang terjadi secara fisiologis ketika orang bermimpi, meski masih banyak yang harus dipelajari tentang apa yang terjadi secara psikologis.

Satu konsep yang diterima secara umum adalah bahwa merupakan adalah proses yang sangat emosional, karena amigdala yang merupakan pusat emosional di otak adalah salah satu area otak yang paling aktif selama mimpi, menurut studi Neuroimaging .

Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang tidak mengalami mipi, berarti Anda mungkin akan langsung melupakannya. “Sebagian dari ini bersifat biologis, karena neurotransmitter yang membentuk memori kurang aktif selama tidur, dan melupakan mimpi juga tampaknya terkait dengan tingkat aktivitas listrik di otak selama mimpi,” jelasnya.

Selain itu, mungkin ada hubungannya dengan isi mimpi. Menurut Alan, teori psikoanalitik awal menyarankan bahwa informasi yang sulit atau traumatis dalam mimpi ditekan, orang yang bermimpi tersebut cenderung tidak mengingat atau menganalisisnya.

Dr Meir Kryger, seorang dokter obat tidur di Yale Medicine mengatakan bahwa kebanyakan orang mengingat mimpinya ketika terbangun di tengah mimpi, atau di beberapa saat pertama setelah mimpi berakhir.

“Tetapi ingatan itu hanya bertahan untuk waktu yang singkat, kecuali seseorang menuliskannya atau mengulanginya di kepala berulang kali. Sebenarnya mungkin lebih umum untuk melupakan mimpi daripada mengingatnya,” kata dia.

Saat terbangun juga penting. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang bangun selama tidur REM melaporkan mimpi yang lebih jelas dan terperinci, sedangkan orang yang bangun selama tidur non-REM melaporkan lebih sedikit mimpi, tidak ada mimpi atau mimpi yang tidak terlalu penting.

Meski begitu, makna mimpi sebagian besar adalah spekulasi, tetapi yang penting adalah bagaimana mimpi berhubungan dengan kehidupan dalam dunia nyata. Budaya yang berbeda sepanjang sejarah telah mengaitkan makna dan pentingnya mimpi, meskipun hanya ada sedikit bukti ilmiah bahwa mimpi memiliki makna tertentu yang menyertainya.

"Belum ada yang menentukan dengan pasti apa arti mimpi atau gambaran dalam mimpi. Bahwa mimpi itu penting. Indikator pikiran bawah sadar seseorang adalah asumsi dasar dalam berbagai budaya, tetapi dengan cara yang berbeda," jelas Alan.

Meir mengatakan bahwa sebagian besar mimpi adalah spekulasi dalam pengertian yang spesifik. "Di antara komunitas ilmiah, ada dua alur pemikiran utama: satu adalah bahwa setiap bagian dari mimpi memiliki makna tertentu, dan yang lainnya adalah bahwa mimpi sepenuhnya spontan dan tidak berarti apa-apa,” terang dia.

Rangkaian pemikiran pertama dapat dikaitkan dengan Sigmund Freud, yang dikenal sebagai orang pertama yang memberikan makna definitif pada mimpi. “Meskipun psikoanalisis mimpi mungkin baru dimulai pada satu atau dua abad terakhir, orang telah mempelajari mimpi lebih lama lagi: Aristoteles menulis tentang mimpi sejak 325 SM,” menurut Alan.

Lauri Quinn Loewenberg, seorang analis mimpi profesional, mengatakan bahwa mimpi dan maknanya bersifat sangat pribadi, karena didasarkan pada pengalaman hidup individu orang tersebut.

“Selain itu, ilmu saraf cenderung berfokus pada fungsi mimpi seperti retensi memori, daripada analisis komparatif antara pencitraan dalam mimpi dan isi hari sebelumnya, yang merupakan cara saya mendekati analisis mimpi," kata Lauri.

Arti Mimpi Berkelahi

Sebenarnya saat seseorang bermimpi berkelahi artinya adalah sebuah kabar baik. Meski terkesan sebagai sebuah kekerasan, namun itu adalah simbol kebebasan kebebasan dan menunjukkan bahwa Anda bebas untuk memutuskan dan membentuk hidup Anda sendiri terlepas dari apa yang mungkin dipikirkan orang lain, dikutip Dream Look Up.

Ini bisa menjadi peristiwa bahagia yang akan datang sebagai kejutan yang menyenangkan, atau bahkan kejadian mengerikan yang akan membuat Anda kehilangan kepercayaan. Meski begitu, sebagian besar arti mimpi berkelahi bisa jadi merupakan kabar baik yang dibawa oleh semua orang dan juga orang terdekat Anda.

1. Arti Mimpi Berkelahi dengan Binatang

10 Arti Mimpi Berkelahi -1.jpg

Foto: Sciencenewsforstudent.com

Arti mimpi berkelahi dengan binatang akan menunjukkan kesuraman dan malapetaka. Menyakiti hewan pada kehidupan nyata pun merupakan sesuatu yang buruk. Melakukannya dalam tidur menandakan bahwa Anda bisa memasuki masa sulit dalam hidup yang dipenuhi dengan kecemasan, rasa sakit dan kesedihan.

Bisa jadi efek dari diri yang merasakan sebuah kekerasan baik secara fisik atau verbal dan tidak bisa diungkapkan, ini sehingga Anda akan mengalami kesulitan besar untuk mengembalikan hidup ke jalur yang benar.

Baca Juga: Mengurangi Kebiasaan Kakak Adik Bertengkar

2. Arti Mimpi Menengahi Orang Berkelahi

Bermimpi mencoba untuk menghentikan orang yang berkelahi atau menenangkan keributan memiliki arti bahwa Anda memiliki kekurangan dalam keterampilan melakukan arbitrase atau mediasi. Sebab, Anda bisa saja didorong dalam keadaan yang sama.

Atau Anda sebenarnya bisa memiliki kesempatan di masa lalu saat mencoba menggunakan penilaian dalam menyelesaikan sebuah perselisihan dan argumen, tetapi Anda ternyata tidak memiliki kemampuan tersebut. Dengan kata lain, Anda tidak dapat menangani situasi seperti itu, yang bisa menjadi pukulan bagi ego dan harga diri.

3. Arti Mimpi Terluka saat Berkelahi

10 Arti Mimpi Berkelahi -3.png

Foto: Welbeing.com.au

Arti Mimpi terluka saat berkelahi memiliki arti bahwa Anda terlalu berlebihan memberikan bantuan dan nasihat yang tidak diminta, atau ikut campur dalam urusan orang lain padahal pada kenyataannya itu adalah hal terakhir yang mereka butuhkan.

Memang, Anda memiliki niat baik saat melakukan hal tersebut. Namun, tidak semua niat baik dapat diterima baik juga oleh seseorang. Anda harus melatih pengendalian diri dalam keadaan ini agar masalah tidak justru mengarah kepada diri dan menghindari memperumit masalah orang lain.

4. Arti Mimpi Dikalahkan saat Berkelahi

Bermimpi dikalahkan dalam beberapa pertarungan berarti Anda sedang merasakan kekalahan beruntun dalam kehidupan nyata. Anda bisa saja terlibat dalam serangkaian kejadian yang tidak menyenangkan atau telah membuat keputusan buruk terkait dengan usaha atau bisnis Anda saat ini.

Ini bisa saja sebuah pertana yang harus segera dilakukan tindakan yang cepat. Sebab, jika diabaikan dan tidak diberi perhatian yang tepat untuk membalikkan situasi, Anda dapat kehilangan banyak uang atau properti dan pada akhirnya akan merasakan kebangkrutan.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Calon Ibu Jangan Bertengkar dengan Suami Saat Hamil

5. Arti Mimpi Berdarah saat Berkelahi

10 Arti Mimpi Berkelahi -5.jpg

Foto: Evangelistjoshua.com

Arti mimpi berdarah atau melihat darah musuh saat berkelahi mengatakan, ada sesuatu tentang kesetiaan dan pengkhianatan, kepercayaan dan pengkhianatan. Ini akan menjadi tanda yang memperingatkan Anda soal kepercayaan, baik kepada teman ataupun orang yang menurut Anda tidak membahayakan.

Kadang, orang yang seharusnya melindungi Anda bisa menyerang lebih buruk dari musuh. Ini bisa dilakukan pada waktu dan tempat yang tidak pernah Anda sangka sebelumnya, dan dengan cara yang paling tak terbayangkan.

6. Arti Mimpi Menang saat Berkelahi

Bermimpi bahwa Anda menang saat bertarung memiliki arti sebagai tanda yang positif. Ini menunjukkan ketahanan dan ketekunan di tengah situasi sulit dalam kehidupan nyata. Segala usaha teresebut akan memberikan hasil yang diharapkan dalam waktu dekat.

Dengan memusatkan perhatian pada kemampuan dan kemauan alih-alih berkubang dalam kelemahan dan rasa pesimis, Anda akan segera menyadari bahwa situasi terburuk pun dapat menghasilkan sesuatu yang terbaik dalam diri.

7. Arti Mimpi Berkelahi dengan Sengit

10 Arti Mimpi Berkelahi -7.jpg

Foto: Dreamstop.com

Arti mimpi berkelahi dengan sengit yang serign dirasakan bisa berarti bahwa kehidupan seks yang Anda miliki suram. Performa buruk di tempat tidur dapat memiliki masalah mendasar, seperti masalah kesehatan atau harga diri yang rendah karena citra tubuh yang buruk.

Ini mungkin mempengaruhi pernikahan atau hubungan Anda. Mimpi tersebut mengingatkan untuk mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya sesegera mungkin, untuk membumbui kehidupan seks dan mengembalikan romantisme.

8. Arti Mimpi Berkelahi dengan Pasangan

Bermimpi sedang berkelahi dalam pasangan memiliki arti yang tidak menyenangkan. Ini bisa berarti adanya tanda perselingkuhan dalam kehidupan nyata. Anda atau pasangan bisa jadi memiliki hubungan lain dengan orang lain tanpa sepengetahuan pihak lain saat ini.

Semakin lama perselingkuhan berlangsung, semakin dalam keterikatan emosionalnya. Perselingkuhan bisa menghancurkan keluarga atau hubungan rumah tangga dan menghancurkan kehidupan seseorang. Hal ini sangat menarik perhatian Anda hingga akhirnya masuk ke dalam mimpi.

Baca Juga: Jangan Lakukan Ini Setelah Bertengkar dengan Suami

9. Arti Mimpi Anak-anak Berkelahi

10 Arti Mimpi Berkelahi -9.jpg

Foto: Daliaalam.com

Arti mimpi melihat anak-anak berkelahi adalah akan ada sesuatu y ang menggembirakan. Ini menunjukkan bahwa Anda saat ini menikmati kebersamaan dengan keluarga, atau akan segera menghabiskan waktu berkualitas bersama orang-orang yang sangat berarti bagi Anda.

Piknik di luar ruangan, di tepi danau atau makanan sederhana di beberapa restoran akan menjadi momen yang tak ternilai harganya. Ini juga akan membawa Anda dalam kegembiraan yang membuncah karena mengetahui bahwa Anda dikelilingi oleh orang-orang yang dicintai.

10. Arti Mimpi Rekonsiliasi setelah Berkelahi

Bermimpi melakukan rekonsiliasi dengan seseorang yang telah beselisih atau bertengkar dapat berarti ada sebuah situasi yang akan datang dalam yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Hal tersebut harus segera diantisipasi karena akan menimbulkan sesuatu yang tidak baik.

Seseorang mungkin menjanjikan sesuatu yang tidak bisa diberikan, atau Anda mungkin tertipu oleh tawaran dari penjual atau iklan. Anda harus waspada terhadap situasi yang membuatnya tampak seperti memberi banyak harapan dengan effort yang minimal. Jika itu terjadi, ini akan terus menghantui Anda.

Itulah beberapa arti mimpi berkelahi. Arti mimpi berkelahi tidak melulu tentang hal yang negatif, akan tetapi lebih kepada menigkatkan kewaspadaan.

Artikel Terkait