Rupa-rupa

RUPA-RUPA
29 Oktober 2020

9+ Arti Mimpi Bertemu Teman Lama, Bisa Jadi Pertanda Baik!

Moms, apa arti mimpi bertemu teman lama? Ini ulasannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, apakah ingat kapan terakhir kali bermimpi? Mimpi yang muncul saat tidur itu bisa beragam, kadang bisa berupa kejadian yang menyenangkan atau justru kebalikannya.

Lantas, apa yang sebabkan kita bisa mengingat suatu mimpi dengan sangat jelas? Ternyata, ada penjelasan ilmiahnya, lho.

American Sleep Association menunjukkan panjang mimpi seseorang bervariasi, bisa hanya berlangsung beberapa detik, bahkan hingga 20 sampai 30 menit.

Namun, seseorang bisa sangat mengingat mimpinya karena mengalaminya pada fase tidur REM (rapid eye movement). Sementara itu, rata-rata setiap orang bisa mengalami tiga sampai lima mimpi setiap malam.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Moms Lakukan saat Merasa Tidak Cocok dengan Teman Suami

Arti Mimpi Bertemu Teman Lama

Nah, bagaimana bila Moms bermimpi bertemu dengan teman lama? Apakah artinya? Ini penjelasan tentang arti mimpi bertemu teman lama yang perlu diketahui.

1. Berkaitan dengan Masa Lalu

berkaitan dengan masa lalu

Foto: Orami Photo Stock

Moms, sejauh ini tidak ada studi ilmiah yang menyatakan seseorang bisa menentukan mimpinya.

Adapun studi tentang arti mimpi seseorang semuanya berbentuk asumsi, karena setiap orang bisa berbeda-beda. Nah, masing-masing orang tentunya memiliki pengalaman yang berbeda dalam hidupnya.

Studi yang diulas dalam jurnal Learning Memory mengungkapkan, mimpi seseorang mencerminkan proses biologis dan konsolidasi memori jangka panjang.

Artinya, mimpi dan memori seseorang itu berkaitan erat. Terlebih lagi ketika Moms baru saja mengingat kejadian-kejadian di masa lampau, yang tersimpan sebelumnya dalam ingatan, akan sangat memungkinkan bisa muncul dalam mimpi.

Hal ini menunjukkan bahwa arti mimpi bertemu teman lama adalah Moms mengingat atau membuka kembali memori lama yang selama ini tak pernah disentuh lagi.

2. Ciri Khas dari Teman Lama

ciri khas dari teman lama

Foto: Orami Photo Stock

Melanjut dari poin sebelumnya, seseorang cenderung memimpikan kejadian yang sudah pernah terjadi.

Selain itu, biasanya kita memimpikan teman-teman lama yang sudah tidak pernah menjalin komunikasi lagi.

Namun, mereka adalah seseorang yang kita kenal memiliki ciri khas atau sifat unik yang akhirnya menjadi hal yang tidak terlupakan.

Misalnya, teman lama kita sangat lucu, pemarah, agresif, selalu murung, sangat pintar, atau murah hati.

Jika teman lama kita sering menjadi juara kelas atau unggul di sekolah juga bisa muncul dalam mimpi kita. Keunikan dari teman tersebut yang membuat memori kita bersama mereka kembali hingga terbawa dalam mimpi.

Hal menarik lainnya saat mimpi bertemu teman lama, Moms mungkin saja akan lupa namanya dan hanya mengingat wajahnya saja.

Namun, ia akan muncul dalam mimpi Moms sebagaimana kita mengenalnya dulu. Jadi, arti mimpi bertemu teman lama bisa saja berbeda dengan sifatnya yang sekarang.

Baca Juga: Sering Mimpi saat Hamil? Ternyata Ini Penyebabnya!

3. Mengenal Wajah yang Mirip

mengenal wajah yang mirip

Foto: Orami Photo Stock

Ketika di dunia nyata kita bertemu atau mengenal wajah yang mirip dengan teman lama, ada kemungkinan kejadian tersebut terbawa ke dalam mimpi.

Mengapa demikian? Studi dari jurnal Trends in Cognitive Sciences mengungkapkan, wajah seseorang yang ada di mimpi seseorang itu tidak muncul secara acak. Setidaknya, kita pernah mengenal sebelumnya atau tidak sadar pernah melihatnya.

Penelitian menunjukkan area otak dengan tingkat aktivitas tertinggi selama tidur nyenyak dapat bertanggung jawab untuk pengenalan wajah seseorang.

Jadi, arti mimpi bertemu teman lama bisa terjadi ketika kita mengenal atau bahkan tidak sengaja melihat wajah seseorang yang mirip dengannya.

Nah, apabila Moms bermimpi bertemu teman lama, jangan anggap hal tersebut hanya terjadi secara kebetulan.

Tahukah Moms, menurut National Sleep Foundation, sebenarnya setiap malam rata-rata orang mengalami beberapa mimpi namun 95 persen orang tidak dapat mengingatnya.

Jadi, ketika Moms mampu mengingat mimpi yang terjadi semalam, maka anggap saja bahwa kejadian tersebut sangat spesial.

4. Menjadi Bagian dari Kepribadian Kita

menjadi bagian dari kepribadian kita

Foto: Orami Photo Stock

Apa maksudnya arti mimpi bertemu teman lama berhubungan dengan kepribadian kita? Nah, begini Moms, tentu saja rasanya sedikit aneh ketika kita memimpikan seseorang yang sudah lama tidak kita lihat, temui, atau pikirkan.

Mungkin saja akan muncul pertanyaan dalam pikiran Moms, haruskah kita bertemu dengan teman lama tersebut?

Menurut para ahli mimpi, memimpikan seseorang yang sudah bertahun-tahun tidak kita ajak bicara biasanya tidak berhubungan dengan orang yang ada dalam mimpi kita. Namun, mimpi ini lebih berkaitan dengan diri kita sendiri. Lantas, apa maksudnya?

“Semua orang dalam mimpi kita itu dapat mewakili sebagian dari kita atau sesuatu yang secara langsung berhubungan dan memengaruhi kita. Jadi, ketika kita memimpikan seseorang yang sudah lama tidak ditemui, ia dapat mewakili bagian dari kepribadian kita,” ungkap Lauri Loewenberg, analis mimpi profesional yang juga bagian dari International Association for the Study of Dreams.

Masih menurut Loewenberg, perilaku teman lama dalam mimpi kita tersebut akan terkait langsung dengan bagaimana sebagian dari diri kita berperilaku dalam kehidupan nyata.

Baca Juga: Ternyata, Punya Sahabat Baik untuk Kesehatan Mental

Kesimpulannya, teman lama kita akan menunjukkan perspektif yang berbeda sehingga Moms akan lebih memahami diri sendiri.

Nah, sudah semakin kompleks, bukan? Mungkin saja, ini menjadi salah satu tanda bahwa Moms harus belajar untuk memahami bagian dari dalam diri yang selama ini terabaikan.

5. Konflik yang Tidak Terselesaikan

konflik yang belum selesai

Foto: mirror.co.uk

Tahukah Moms bahwa ada laki-laki dan perempuan memiliki kecenderungan untuk bermimpi hal yang berbeda?

Dilansir dari International Journal of Psychology, mimpi seseorang tergantung pada jenis kelamin masing-masing.

Umumnya, pria cenderung bermimpi tentang kejadian yang berhubungan dengan perkelahian, tindakan agresif, atau kekerasan. Sementara itu, wanita lebih sering bermimpi tentang hal-hal yang menyebabkan ketakutan atau penolakan.

Jika Moms mimpi bertemu dengan teman lama dan kejadiannya tidak menyenangkan, maka hal ini bisa menjadi bentuk ketakutan pada masa yang lalu.

Mungkin saja, teman lama tersebut pernah melakukan atau mengatakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Moms merasa dikhianati atau sakit hati. Singkat kata, konflik yang tidak terselesaikan dapat membuat Moms mengingatnya kembali dalam bentuk mimpi.

Lantas, apakah dengan begitu Moms harus bertemu dengannya untuk menyelesaikan konflik yang belum terselesaikan?

Nah, semuanya kembali pada masing-masing keputusan Moms. Jika tidak pernah lagi berkomunikasi selama bertahun-tahun, ada baiknya Moms belajar untuk menerima dan memaafkan.

Dilansir dari Psychology Today, belajar memaafkan seseorang bukan berarti menerima orang tersebut telah menyakiti Moms. Sebaliknya, memaafkan adalah memilih untuk menerima apa yang terjadi saat itu dan melepaskannya.

Memaafkan dapat membuat kehidupan Moms ke depannya akan terasa lebih bahagia. Jadi, jangan terbelenggu dengan kejadian masa lalu yang tidak menyenangkan, ya!

6. Rindu dengan Teman Lama

rindu dengan teman lama

Foto: Orami Photo Stock

Sebaliknya, ketika Moms bermimpi bertemu teman lama dan mimpinya menyenangkan, maka hal tersebut mencerminkan gambaran di masa lalu.

Misalnya, Moms bermimpi memeluk teman lama menjadi simbol positif bahwa hubungan pertemanan yang pernah terjadi sangat indah sekali.

Ada bagian dari diri Moms yang kembali mengingat momen-momen tersebut. Secara tidak langsung, arti mimpi bertemu teman lama dikaitkan dengan memori indah bersama.

Jika Moms memang sudah terpisah lama dari teman tersebut, mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk menjalin kembali komunikasi. Siapa tahu, mimpi tersebut menjadi awal yang baik untuk membangun kembali pertemanan yang pernah terjalin.

Baca Juga: Ternyata Ini 5 Alasan Kita Malas Menambah Pertemanan Seiring Bertambahnya Usia!

Nah, ada fakta menarik yang perlu dipahami ketika Moms mengingat suatu mimpi. Ternyata, waktu terbaik untuk kita mencoba mengingat mimpi adalah 90 detik pertama setelah bangun tidur sebelum ingatan tersebut hilang.

Sebaiknya, coba jaga tubuh Moms dengan posisi yang sama persis saat bangun karena ini akan membantu meningkatkan memori mimpi.

7. Bermimpi Teman Lama yang Sakit

10 Arti Mimpi Bertemu Teman Lama-2.jpg

Foto: shutterstock.com

Moms, pernahkah bermimpi bertemu dengan teman lama dan dia dalam keadaan sakit? Mimpi ini mungkin akan terasa tidak menyenangkan, ya.

Teman yang lama sudah tidak berkomunikasi tiba-tiba hadir di mimpi kita dalam keadaan yang sekarat. Mimpi tersebut dapat menimbulkan pertanyaan tentang kabar dari teman lama tersebut.

Jika memang memungkinkan, cobalah untuk mencari informasi tentang keberadaannya. Sering kali, mimpi seseorang sedang sakit atau meninggal menjadi simbol awal yang baru.

Artinya, hal ini bisa menunjukkan awal yang baru terkait hubungan Moms dengan teman lama tersebut. Mungkin saja, arti mimpi bertemu teman lama yang sakit ini berarti Moms dapat menjalin hubungan kembali.

8. Bertemu dengan Teman Lama yang Sudah Meninggal

mimpi teman lama yang sudah meninggal

Foto: freepik.com

Jika Moms bermimpi bertemu teman lama yang sudah meninggal, hal ini mungkin akan sangat mengejutkan.

Menurut buku Dictionary of Dreams karya Gustavus Hindman Miller, arti mimpi bertemu teman lama yang sudah meninggal berarti Moms akan mengalami kekecewaan dalam hidup.

Namun, hal ini juga bisa berarti bahwa Moms harus meninggalkan perasaan yang buruk dan mungkin tidak berkaitan dengan teman tersebut.

Jika Moms bermimpi teman lama tiba-tiba meninggal, bukan berarti hal buruk akan terjadi padanya. Mimpi ini justru sering dikaitkan dengan diri kita yang akan panjang umur.

Nah, memang tidak mudah untuk menginterpretasikan mimpi karena masing-masing orang punya pengalaman yang berbeda. Hanya saja, jangan langsung menganggap bahwa kejadian yang ada di mimpi akan terjadi di kenyataannya.

9. Mimpi Teman Lama Hamil

mimpi teman lama hamil

Foto: greenvelope.com

Pernahkah Moms bermimpi bertemu teman lama dalam keadaan hamil? Terkadang, mimpi tentang seseorang sedang hamil menunjukkan bahwa kamu mengharapkan sesuatu yang baru di antara kalian.

Alam bawah sadar Moms mencoba mendorong Anda untuk memulai hal ini. Siapa tahu, mimpi ini menunjukkan Moms akan segera bertemu teman lama. Menyenangkan, bukan?

Berkaitan tentang mengingat mimpi, ternyata studi dari jurnal Perceptual and Motor Skills pada tahun 2018 lalu mengungkapkan, adanya hubungan antara asupan nutrisi dengan kemampuan mengingat mimpi. Apa maksudnya?

Seseorang yang mengonsumsi suplemen vitamin B6 sebelum tidur lebih cenderung mengingat mimpi mereka dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat pernyataan ini.

Baca Juga: Tidak Hanya Buat Bayi, Ini 5 Hadiah Terbaik untuk Ibu Melahirkan

10. Mimpi Teman Lama Menikah

mimpi teman lama menikah

Foto: freepik.com

Jika Moms bermimpi hadir ke pernikahan teman lama, maka hal tersebut ada kaitannya dengan harapan atau cita-cita Moms yang akan segera terwujud. Ya, ketika kita bermimpi tentang seseorang, maka sebaiknya kembalikan ke kondisi kita masing-masing.

Arti mimpi ketemu teman lama yang melangsungkan pernikahan bisa menjadi wujud kerja keras kita yang sudah membuahkan hasilnya. Maka dari itu, cobalah kembali ingat hal-hal yang selama ini Moms dambakan.

Nah, itulah beberapa arti mimpi ketemu teman lama. Semoga setelah ini tidak bingung lagi, ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait