Rupa-rupa

19 Oktober 2020

7+ Arti Mimpi Dijodohkan, Mengejutkan!

Dijodohkan dengan orang yang disukai bisa jadi pertanda buruk lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Pernah bermimpi dijodohkan? Apa ya artinya? Meski mimpi banyak disebut sebagai bunga tidur, namun sebenarnya Anda bisa mengetahui arti mimpi dijodohkan. Sebab menurut para ahli, mimpi paling jelas terlihat dan sering terjadi selama tahap rapid eye movement (REM) saat tidur.

Menurut Tore Nielsen, soerang pensiunan psikolog dan direktur Dream and Nightmare Laboratory di Rumah Sakit Sacré-Coeur Montreal mengatakan, ada saat di mana seseorang mengingat mimpinya.

“Ketika orang terbangun dari tidur REM, seseorang cenderung memiliki ingatan terbesar tentang mimpinya tersebut,” jelasnya, dilansir Huffpost.

REM adalah tahap yang memberikan energi ke otak dan tubuh dan penting untuk kinerja keesokan hari. Otot akan terasa mati, tetapi otak masih aktif dan memberi gambaran untuk mimpi. Kualitas mimpi biasanya berbeda-beda tergantung pada waktu malam.

“Di awal malam, periode REM bisa berujung pada mimpi singkat, seperti sebuah trailer film. Di malam hari, selama periode REM yang lebih lama, Anda mungkin memiliki mimpi yang lebih seperti film,” kata Tore.

Baca Juga: Jodoh Tak Kemana, 5 Artis Ini Menikah dengan Mantan Kekasih

Penyebab Seseorang Dapat Bermimpi

Meskipun tidak dapat mengingat secara keseluruhan, akan tetapi orang dewasa biasanya memiliki empat hingga enam mimpi per malam, menurut National Sleep Foundation.

“Tidak mungkin ada orang yang dapat mengingat lebih dari 10 persen mimpi mereka dalam semalam,” kata Robert Stickgold, profesor psikiatri di Harvard Medical School.

Tore menjelaskan, mimpi adalah kombinasi dari ingatan awal yang jauh, ingatan baru-baru ini dan segala sesuatu di antaranya.

“Banyak gambaran dalam mimpi yang berasal dari hari sebelumnya. Psikoanalis Sigmund Freud menyebutnya sebagai ‘sisa hari’, atau dari minggu sebelumnya yang dikenal sebagai ‘efek jeda mimpi’,” kata dia.

Seringkali seseorang memiliki gambar dalam mimpi yang muncul secara acak, tetapi sebenarnya tidak sama sekali. Meskipun gambar dari ingatan tersebut mungkin muncul di dalam mimpi, seseorang tidak pernah memutar ulang ingatan saat terjadi, kecuali dalam kasus gangguan stres pasca-trauma.

“Sebaliknya, otak menentukan apa yang Anda impikan dengan menghitung ingatan Anda yang baru terbentuk yang paling berharga. Namun belum sepenuhnya dipahami jelasnya. Selain itu, Anda juga bermimpi tentang hal-hal yang terhubung dengan otak Anda dengan ingatan terakhir itu,” kata Robert.

Kebanyakan mimpi memiliki semacam emosi di dalamnya, yang biasanya berasal dari emosi nyata yang dialami.

“Banyak pasien saya akan menjelaskan bahwa, pada saat stres, mereka mengalami lebih banyak mimpi yang memicu kecemasan. Berdasarkan pengalaman klinis saya, tampaknya emosi siang hari memainkan beberapa peran dalam nada emosional mimpi," kata Lisa Medalie, spesialis pengobatan perilaku tidur di University of Chicago.

Arti Mimpi Dijodohkan

Mimpi dijodohkan biasanya memiliki arti yang mewakili perasaan tentang diri sendiri atau orang lain yang berfokus pada menarik orang lain dalam pengalaman baru. Ini juga bisa berarti keterbukaan untuk mencoba hal baru, dikutip Dream Metroeve.

Atau, arti mimpi dijodohkan mungkin saja mencerminkan perasaan tentang kehidupan cinta seseorang. Misalnya merasa tertekan untuk mencari kekasih, atau merasa bahwa situasi sosial dapat ‘membuka pintu’ untuk bertemu seseorang.

Secara negatif, mimpi dijodohkan berarti mencerminkan perasaan tentang orang lain yang ikut campur dalam hidup Anda atau membuang-buang waktu Anda dengan mencoba ide-ide baru.

Ini mungkin juga mencerminkan kecenderungan Anda untuk ikut campur dalam kehidupan pribadi orang lain atau memaksakan ide baru pada orang lain.

Apa saja arti mimpi dijodohkan lainnya?

Baca Juga: Ini 6 Tips Sukses Mencari Jodoh di Dating Apps

1. Arti Mimpi Dijodohkan Bagi Perempuan yang Sudah Menikah

Jika Anda merupakan perempuan yang sudah menikah lalu bermimpi dijodohkan oleh orang tua, apa artinya? Apa yang akan Anda rasakan saat itu? Apakah ini merupakan pertanda yang baik, atau malah menjadi tanda yang buruk?

Apabila seseorang yang sudah menikah bermimpi dijodohkan oleh orang tua, maka itu merupakan suatu pertanda buruk bagi orang tersebut. Arti mimpi tersebut adalah Anda sedang mengalami banyak masalah dalam di hidup.

2. Arti Mimpi Dijodohkan Bagi Perempuan Single

8 Arti Mimpi Dijodohkan -2

Foto: Orami Photo Stock

Apa yang akan Anda rasakan jika bermimpi dijodohkan oleh orang tua dan status Anda masih single? Apakah Anda akan merasa senang? Mungkin Anda akan bertanya-tanya tentang apa arti mimpi dijodohkan tersebut.

Jika ada perempuan single dan mengalami mimpi dijodohkan oleh oleh orang tua, maka arti dari mimpi itu adalah sebuah pertanda bahwa akan ada suatu hal yang tak terduga yang terjadi pada hidup, baik hal positif maupun negatif.

Bersiaplah untuk segala kemungkinan sebagai bentuk persiapan jika mendapatkan mimpi tersebut.

3. Arti Mimpi Dijodohkan dengan Orang Asing

Dalam dunia nyata, hal ini kerap kali terjadi. Saat dijodohkan dengan orang yang tidak di kenal lalu Anda tidak bisa menolaknya. Hal tersebut mengakibatkan kehidupan rumah tangga pun tak seperti yang diharapkan sebelumnya.

Jika seseorang bermimpi dijodohkan dengan orang asing, mungkin Anda akan mencari tau apa arti mimpi tersebut. Sebenarnya, jika Anda bermimpi hal tersebut maka ada kaitannya dengan kecemasan yang sedang Anda rasakan.

Mungkin Anda memiliki beban pikiran yang sangat berat, sehingga masalah yang menjadi beban pikiran tersebut terbawa dalam alam mimpi. Tapi bisa jadi Anda sedang khawatir dan takut jika hubungan yang sedang dijalani tidak direstui dan malah dijodohkan dengan orang lain.

4. Arti Mimpi Dijodohkan dengan Orang yang Disukai

8 Arti Mimpi Dijodohkan -4

Foto: Orami Photo Stock

Jika seseorang bermimpi dijodohkan dengan orang yang disukai, sebenarnya artinya tidak cukup baik. Sebab, itu merupakan pertanda yang buruk karena akan ada hal negatif yang akan menimpa Anda di kemudian hari.

Jika Anda mengalami mimpi tersebut, artinya usaha yang sedang dilakukan selama ini tidak dihargai oleh orang lain. Hal ini berkaitan dengan banyak hal, bisa masalah pekerjaan ataupun rumah tangga. Pasti akan ada rasa kesal dalam diri Anda setelah itu.

5. Arti Mimpi Dijodohkan Menurut Psikologi

Menurut psikologi, ada beberapa arti dari mimpi dijodohkan. Sebab, dijodohkan adalah situasi ketika Anda tidak memiliki kendali penuh terhadap alam bawah sadar. Mungkin karena adanya rasa bersalah sehingga hal tersebut terbawa ke dalam mimpi.

Bagi sebagian perempuan mungkin berharap dijodohkan dengan orang yang memiliki banyak harta serta masa depan, apalagi jika orang tersebut merupakan orang yang dicintai. Karena mimpi berkaitan dengan harapan tersebut, maka dapat di artikan bahwa Anda sedang mengharapkan orang yang sempurna dalam hidup.

Jika dikaitkan dengan rasa khawatir yang Anda miliki, ini merupakan pertanda bahwa Anda sedang mengalami tekanan dalam keluarga. Rasa bersalah yang ada pada diri anda juga bisa jadi penyebab Anda mengalami mimpi tersebut.

Baca Juga: Perjodohan Tak Selalu Berakhir Buruk

6. Arti Mimpi Dijodohkan dengan Teman Kecil

8 Arti Mimpi Dijodohkan -6

Foto: Orami Photo Stock

Jika dalam kenyataan ini adalah kebahagiaan, apakah arti mimpi dijodohkan dengan teman kecil yang disukai juga merupakan pertanda yang baik? Ternyata jawabannya adalah iya. Ini menunjukkan akan ada hal-hal baik yang segera menghampiri.

Mimpi ini mengatakan bahwa Anda akan menemukan hal-hal di masa lalu yang akan memberikan dampak positif dalam kehidupan Anda. Ini bisa terjadi saat Anda merindukan momen masa lalu dan ingin kembali dalam kebahagiaan di masa itu.

7. Arti Mimpi Dijodohkan dengan Orang yang Dibenci

Apabila Anda mengalami mimpi dijodohkan dengan orang yang dibenci, maka itu artinya akan ada suatu pertanda buruk yang akan menimpa. Sama seperti pada kehidupan nyata, kehadiran orang yang dibenci sangat tidak diharapkan. Begitu juga dalam mimpi.

Mimpi ini mengatakan bahwa Anda dan kekasih akan bertengkar, sesuatu yang sangat tidak diharapkan oleh orang yang memiliki pasangan. Ini mungkin saja bisa terjadi karena ada hal yang sangat tidak disukai begit berbekas hingga bisa masuk ke dalam mimpi.

8. Arti Mimpi Dijodohkan dengan Suami Orang

8 Arti Mimpi Dijodohkan -8

Foto: Orami Photo Stock

Apabila Anda mengalami mimpi dijodohkan dengan suami orang, sepertinya itu merupakan pertanda yang buruk karena memiliki arti yang tidak disukai. Mimpi ini mengatakan bahwa Anda akan menjadi orang ketiga dalam hubungan orang lain.

Meskipun ini hanya merupakan pertanda, ada baiknya untuk berintrospeksi. Siap tahu ada pihak lain yang merasa tidak nyaman dengan kehadiran Anda, baik dalam sebuah hubungan romantis ataupun dalam hubungan pekerjaan.

Itulah beberapa arti mimpi dijodohkan. Karena artinya kebanyakan melibatkan orang lain saat merasakan mimpi dijodohkan, ada baiknya Moms untuk memperbaiki komunikasi dengan semua orang yang berkaitan erat dengan kehidupan Anda saat ini.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait