Rupa-rupa

RUPA-RUPA
28 Oktober 2020

10 Arti Mimpi Gempa Bumi, Bisa Jadi Akibat Memendam Emosi!

Tahukah Moms apa arti mimpi gempa bumi? Simak ulasan berikut ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Mimpi tentang gempa bumi bisa menjadi hal yang cukup menakutkan, ya, Moms. Sebenarnya, segala mimpi yang mengalami bencana alam bisa diartikan sebagai mimpi buruk.

Mimpi buruk menjadi lebih dari mimpi buruk ketika mereka memiliki efek signifikan pada kesehatan. Namun, sebenarnya mimpi buruk itu umum terjadi.

"Berdasarkan penelitian, satu dari setiap dua orang dewasa juga kerap mengalami mimpi buruk pada kesempatan tertentu. Setidaknya antara 2-8 persen populasi orang dewasa terganggu oleh mimpi buruk," jelas dr. Carol DerSarkissian, psikiater dari New York University.

Baca Juga: Perbedaan Night Terror dan Mimpi Buruk Pada Anak

Arti Mimpi Gempa Bumi

Lantas, apa arti mimpi gempa bumi yang Moms alami? Adakah kaitannya dengan peristiwa buruk yang akan segera terjadi? Sebaiknya, simak dulu ulasan berikut ini, ya!

1. Menghadapi Perubahan Tidak Terduga

menghadapi perubahan besar

Foto: dreamstop.com

Ketika Moms mimpi mengalami gempa bumi, maka bisa diartikan bahwa akan ada perubahan tidak terduga dalam hidup.

Perubahan ini akan memengaruhi sebagian besar dalam kehidupan Moms. Seperti halnya gempa bumi yang terjadi tiba-tiba, perubahan ini mungkin saja tidak pernah terpikirkan juga sebelumnya.

Namun, jangan khawatir, Moms, perubahan yang akan terjadi tidak selalu berkaitan dengan hal yang buruk.

Perubahan bisa terjadi dalam lingkungan pekerjaan atau berhubungan dengan rumah tangga.

Jika Moms sering bermimpi gempa bumi, maka cobalah perhatikan lagi apa saja hal-hal di sekitar yang mungkin akan mengalami perubahan.

Baca Juga: Banyak Macamnya, Ini 11 Tipe Emosi Positif yang Dialami Manusia

2. Reaksi saat Menghadapi Perubahan

reaksi saat menghadapi perubahan

Foto: freepik.com

Arti mimpi gempa bumi selanjutnya masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Nah, Moms apakah mengingat reaksi apa yang muncul dalam mimpi saat mengalami gempa bumi?

Sebelumnya, pernahkah Moms menyadari bahwa kita mudah sekali lupa dengan mimpi yang terjadi saat tidur?

WebMD mengungkapkan, seseorang bisa bermimpi kapan saja ketika ia sedang tidur. Namun, mimpi akan teringat jelas dalam fase yang disebut rapid eye movement (REM). Pada fase ini, otak masih dalam keadaan paling aktif.

Kenyataannya, sebagian besar orang akan lupa terhadap mimpi mereka. Jadi, apabila Moms masih mengingatnya dengan jelas, maka mimpi tersebut terjadi saat fase REM.

Apakah reaksi yang Moms lakukan saat menghadapi gempa bumi di mimpi? Jika Moms marah, takut, dan tidak siap menghadapinya, maka artinya Moms akan memberikan reaksi yang sama ketika dihadapkan pada perubahan besar dalam hidup.

Jika Moms berada di rumah bersama anggota keluarga dan berusaha melindungi mereka, maka artinya Moms akan selalu menjadi keluarga sebagai prioritas utama. Hal ini akan berpengaruh pada pengambilan keputusan setelah perubahan besar itu terjadi.

Bila Moms hanya menyelamatkan diri sendiri, maka artinya Moms hanya mengutamakan kepentingan pribadi saat menghadapi sebuah perubahan.

Selain itu, jika Moms terluka atau terperangkap akibat gempa bumi, itu bisa menandakan bahwa Moms tidak siap menghadapi bencana dan kurang memiliki persiapan yang matang ketika menghadapi perubahan.

Jika Moms menemukan selimut dengan aman dan selamat dari gempa bumi besar dalam mimpi, menunjukkan bahwa Moms akan mampu mengatasi tantangan hidup pada kehidupan nyata. Jadi, mana reaksi yang Moms lakukan?

3. Memendam Emosi yang Kuat

memendam emosi yang kuat

Foto: Orami Photo Stock

Perlu Moms pahami, gempa bumi adalah simbol mimpi yang kuat. Terlebih lagi apabila Moms bermimpi gempa bumi yang terjadi karena letusan gunung berapi.

Bermimpi tentang gempa bumi yang disebabkan oleh letusan gunung berapi, menandakan bahwa Moms sudah terlalu lama memendam emosi. Mengapa demikian?

Kemarahan dan kemurkaan yang dimiliki di dalam diri Moms diibaratkan akan menyebabkan bencana gempa bumi.

Ketika amarah tersebut meledak, maka hal tersebut akan berdampak besar dalam hidup Moms. Nah, sekarang coba koreksi kembali dalam diri Moms, emosi apa yang saat ini sering dipendam?

Apakah Moms terlalu sering mengalah dan mengabaikan kepentingan pribadi? Atau apakah Moms tidak tahu caranya mengungkapkan rasa amarah dengan tepat? Apakah amarah ini terjadi karena masa lalu yang pahit?

Moms, jangan pernah memendam kemarahan di masa lalu. Ada baiknya untuk belajar memaafkan diri sendiri dan orang lain, karena hal ini akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan emosional Moms sendiri.

Jika dibiarkan, amarah ini akan menuntun Moms untuk melampiaskan kemarahan kepada pihak-pihak yang mencintai dan mendukung Moms.

Dilansir dari Psychology Today, ketika emosi negatif itu kembali muncul, coba fokus pada napas Moms. Dengan memusatkan perhatian pada napas, membuat Moms lebih fokus dan rileks.

Selain itu, coba tuangkan emosi yang Moms sedang rasakan dalam bentuk tulisan. Maka, Moms tidak perlu memendam atau melampiaskannya pada orang lain yang tidak bersalah.

4. Dominasi Emosi Negatif

dominasi emosi negatif

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms pernah bermimpi gempa yang menyebabkan terjadinya tsunami, maka perlu waspada.

Arti mimpi gempa bumi dan tsunami menunjukkan bahwa saat ini Moms merasa dikuasai oleh emosi negatif setelah terjadinya perubahan mendadak dalam hidup.

Bisa saja, reaksi ini muncul karena Moms tidak menerima kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan.

Ya, biasanya emosi negatif seperti marah, kecewa, sedih yang berkepanjangan, dan perubahan suasana hati yang tidak stabil akan terjadi ketika Moms menghadapi perubahan yang tidak menyenangkan.

Rasanya memang tidak mudah untuk berdamai dengan keadaan. Namun, hal tersebut akan lebih baik daripada harus memaksakan kehendak seperti yang diinginkan. Hal ini bisa menyebabkan stres yang tinggi hingga berakibat pada kurangnya waktu tidur.

Akhirnya, Moms akan lebih sering untuk bermimpi buruk. Salah satu penyebab sering mimpi buruk adalah kurang tidur.

Kurang tidur dapat berkontribusi pada mimpi buruk orang dewasa. Hal ini juga kerap menyebabkan kita kehilangan waktu tidur tambahan.

Baca Juga: Emosi Negatif Hadir saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya

5. Karier akan Meningkat

karier akan meningkat

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms bermimpi menyaksikan gempa bumi dalam waktu yang lama, maka artinya adalah karier atau bisnis akan meningkat dan memiliki lebih banyak kesempatan untuk diraih. Hal ini tentunya bermakna positif, ya.

Jadi, tidak ada salahnya untuk kembali melihat seberapa jauh Moms telah menetapkan tujuan untuk mencapai tingkat karier yang diinginkan.

Melalui evaluasi diri maka Moms akan meningkatkan kemampuan dan arti mimpi tersebut bisa saja menjadi kenyataan.

6. Masalah dalam Keluarga

masalah dalam keluarga

Foto: Orami Photo Stock

Apabila Moms sekarang sedang hamil dan bermimpi tentang bangunan runtuh akibat gempa bumi, maka artinya akan ada masalah yang terjadi dalam rumah tangga.

Masa-masa ini mungkin tidak menguntungkan, namun harus diselesaikan dengan hati-hati.

Masalah mungkin saja muncul dari diri sendiri atau pasangan. Terpenting adalah jaga komunikasi dengan pasangan agar setiap masalah bisa dihadapi bersama.

Jika Moms bermimpi gempa bumi menyebabkan bangunan besar yang runtuh, hal ini juga bisa menjadi tanda bahwa ada masalah yang akan terjadi dalam pernikahan Moms.

Gempa bumi adalah simbol mimpi yang kuat dan sering dikaitkan dengan perubahan yang besar.

Ingatlah bahwa perubahan itu pasti akan terjadi, cepat atau lambat. Nah, reaksi yang Moms berikan menjadi sangat penting untuk kelanjutannya.

Baca Juga: 5 Cara Hemat Menghabiskan Weekend Bersama Keluarga

7. Menghindari Pertengkaran dalam Keluarga

menghindari pertengkaran dalam keluarga

Foto: Orami Photo Stock

Arti mimpi gempa bumi lainnya yaitu mengingatkan Moms tentang kemungkinan pertengkaran dalam keluarga besar.

Atau bisa juga berarti bahwa ada anggota keluarga yang akan terkena penyakit. Maka, sebaiknya Moms harus menghindari pertengkaran tersebut dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengurus keluarga.

Di dalam keluarga memang tidak selalu akur karena pasti ada saja konflik yang bisa terjadi. Namun, sebaiknya tetap cari cara terbaik menyelesaikan konflik tersebut.

Jangan sampai masalah dibiarkan begitu saja dan berlarut-larut karena dapat berdampak negatif juga dengan hubungan Moms dan keluarga.

8. Kesempatan Mendapatkan Pekerjaan

kesempatan mendapatkan pekerjaan

Foto: Orami Photo Stock

Bagi Moms yang saat ini sedang mencari pekerjaan, arti mimpi gempa bumi yaitu akan datang segera keberuntungan untuk mendapatkan peluang pekerjaan.

Hal ini tentunya harus dibarengi dengan ketelitian Moms dalam melihat kesempatan yang ada.

Sebaiknya, coba lihat kembali tentang kesempatan apa saja yang mungkin saat ini sudah ada, tapi sering kali terlewatkan.

Jangan sampai peluang itu akan pergi sebelum Moms sempat untuk mencobanya.

Kembali pada poin utama, arti mimpi gempa bumi yaitu akan ada perubahan yang besar dan mungkin saja hal ini berhubungan dengan pekerjaan.

9. Masalah dalam Pekerjaan

masalah dalam pekerjaan

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms bermimpi ikut merasakan getaran gempa bumi, maka artinya melambangkan masalah di tempat kerja atau sekolah.

Hal ini cukup mengancam dan dapat mengubah hidup Moms sepenuhnya. Perasaan tidak nyaman ini akan bertahan lebih lama. Moms menjadi tidak dapat menemukan perasaan yang aman.

Masalah dalam pekerjaan memang bukan hal yang baru. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat kita mengabaikan hal-hal yang jauh lebih penting, yaitu keluarga.

Nah, sekarang cobalah ingat kembali, kapan terakhir kali Moms memiliki waktu luang untuk bermain bersama anak-anak?

Bisa saja tingkat stres yang tinggi membuat masalah dalam pekerjaan tidak kunjung usai. Meluangkan waktu bersama keluarga dapat memberikan energi positif dan mampu meredakan stres yang dialami.

Baca Juga: Kenali 5 Jenis Penyakit yang Menyerang Pekerja Kantoran

10. Penurunan Rasa Percaya Diri

penurunan rasa percaya diri

Foto: Orami Photo Stock

Pernahkah Moms bermimpi mengamati gempa bumi, tapi tanpa menyebabkan kerusakan? Nah, mimpi ini memperingatkan Moms tentang bahaya atau penurunan kepercayaan diri.

Di sisi lain, mimpi ini mengisyaratkan bahwa Moms harus tetap jujur pada diri sendiri. Jangan biarkan perkataan orang lain menurunkan rasa percaya diri.

Arti mimpi gempa bumi ini menandakan sudah waktunya Moms untuk lebih percaya diri, namun tetap bersikap jujur pada diri sendiri.

Lantas, gimana cara terbaik meningkatkan rasa percaya diri? Selain selalu berusaha meningkatkan kemampuan, ada hal penting yang harus diingat.

Dilansir dari Harvard Business Review, seseorang yang percaya diri tidak hanya mau berlatih, namun mereka juga mau mengakui bahwa mereka tetap memiliki kekurangan.

“Lebih baik mengetahui kapan kamu membutuhkan bantuan orang lain. Seseorang yang percaya diri bersedia mengakui ketika membutuhkan bimbingan atau dukungan. Jadi, jangan memberatkan hanya pada diri sendiri, daripada tidak,” ungkap Deborah H. Gruenfeld, co director dari Executive Program for Women Leaders di Stanford Graduate School of Business.

Itulah beberapa penjelasan tentang arti mimpi gempa bumi yang dapat Moms alami. Baik atau buruknya, tetap saja perhatikan dengan kondisi masing-masing karena tentunya berbeda setiap orang ya, Moms!

Artikel Terkait