Rupa-rupa

14 Oktober 2020

3+ Arti Mimpi Ketemu Mantan Suami, Salah Satunya Merasa Tidak Nyaman dengan Hubungan saat Ini

Mimpi bertemu mantan suami, apa artinya? Ini ulasannya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Berbicara tentang mantan suami memang bisa menjadi topik yang sensitif bagi Moms dan pasangan. Terlebih lagi, apabila Moms sampai mengalami mimpi ketemu mantan suami. Sebelumnya, mengapa kita sangat mudah untuk mengingat suatu mimpi tertentu? Nah, menurut American Sleep Association, panjang mimpi kita bervariasi, bisa hanya berlangsung beberapa detik, bahkan hingga 20 sampai 30 menit.

Namun, seseorang bisa sangat mengingat mimpinya karena mengalaminya pada fase tidur REM (rapid eye movement). Rata-rata setiap orang bisa mengalami tiga sampai lima mimpi setiap malam. Lantas, apa artinya ketika kita mimpi ketemu mantan suami? Jangan terburu bersikap paranoid, sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Jika Mantan Suami Menghubungi, Apa yang Harus Dilakukan?

Arti Mimpi Ketemu Mantan Suami

Sigmund Freud, salah satu tokoh bersejarah dalam ilmu psikologi percaya bahwa mimpi adalah manifestasi dari kecemasan dan keinginan terdalam kita. Hal ini sering kali berkaitan dengan obsesi atau kenangan yang menekan jiwa.

Jadi, mimpi ketemu mantan suami bisa menjadi tanda kekhawatiran yang mungkin selama tidak Moms sadari. Nah, beberapa hal ini bisa jadi arti mimpi ketemu mantan suami, yaitu:

1. Merasa Takut Kehilangan Suami

merasa takut kehilangan suami

Foto: Orami Photo Stock

Arti mimpi ketemu mantan suami yang pertama adalah merasa takut kehilangan suami yang sekarang. Pernikahan adalah sebuah komitmen yang mempunyai visi dan misi yang sama. Selain itu, mereka juga harus tahu dengan pasti apa tujuan dari membangun rumah tangga yang sedang dijalani.

Namun, terkadang rasa takut kehilangan pasangan bisa menjadi hal yang menyeramkan bagi seorang istri.

Tahukah, Moms, bahwa studi yang diulas oleh Universitas Cambridge mengungkapkan, bermimpi dapat menyediakan realitas virtual yang mensimulasikan peristiwa-peristiwa yang mengancam hingga persepsi dan perilaku yang selama ini dihindari.

Artinya, mimpi seseorang itu bisa berarti hal-hal atau peristiwa yang selama ini dihindari karena dianggap mengancam mereka, namun dalam versi yang lebih realistis.

Kehadiran mantan suami bisa menjadi sesuatu yang mengancam diri Moms, dengan alasan takut adanya orang ketiga akan merusak keharmonisan dalam rumah tangga.

Rasa takut kehilangan suami bisa menjadi bumerang untuk diri sendiri. Coba luangkan waktu untuk bersama suami lebih intim lagi. Jika Moms dan suami saat ini disibukkan dengan urusan kantor, rumah, atau kewajiban lain, tidak ada salahnya mengambil waktu untuk mengobrol berdua.

Saat memiliki quality time berdua, usahakan untuk tidak membicarakan tentang anak-anak atau urusan rumah tangga. Bicarakan tentang hal yang disukai atau mengenai harapan-harapan dan mimpi ke depannya.

Usahakan setidaknya Moms dan pasangan memiliki quality time agar masing-masing saling mengetahui keinginan satu sama lain dengan baik.

Baca Juga: Tips Menghadapi Suami yang Cemburu, Jangan Ikut Panas, Moms!

2. Mantan Suami Tiba-tiba Menghubungi

mantan suami menghubungi

Foto: Orami Photo Stock

Arti mimpi ketemu mantan suami yang selanjutnya adalah karena mantan suami tiba-tiba menghubungi. Apakah mantan suami tiba-tiba menghubungi Moms? Wajar sekali apabila Moms menjadi khawatir.

Dilema pun tidak dapat dipungkiri, apakah salah jika kembali berhubungan dengan mantan suami sementara posisi hati sudah ada yang memiliki.

Pada dasarnya, setiap kisah punya cerita yang berbeda-beda. Suami dan mantan mungkin memiliki pengalaman yang memicu kembali kenangan baik dan buruk, yang bisa mengungkit kembali trauma masa lalu.

Nah, kekhawatiran ini bisa terbawa ke dalam mimpi, yang akhirnya membuat kita mimpi ketemu mantan suami. Sebenarnya, hal ini tidak perlu ditakutkan secara berlebihan. Kalaupun Moms merasa khawatir ketika mantan suami tiba-tiba menghubungi, sebaiknya segera bicarakan dengan suami. Hindari memupuk rasa penasaran yang hanya berakhir dengan rasa cemburu.

“Jangan sesekali menganggap masa lalunya jauh lebih bahagia daripada kehidupannya sekarang. Ingat bahwa tidak ada tolak ukur yang pasti seseorang bisa berbahagia dengan kehidupan cintanya. Lebih baik bicarakan pada pasangan mengenai apa yang Moms pikirkan dan inginkan,” ungkap psikoanalisis Sophie Cadalen.

Lalu, bagaimana apabila mantan suami meminta untuk bertemu? Sebenarnya kita tidak punya kewajiban untuk merespon ajakan untuk bersilaturahmi kembali dengan mantan suami.

Hal ini karena statusnya sudah mantan suami, kini Moms tak perlu lagi memikirkan apa yang mantan suami rasakan. Moms hanya perlu memikirkan apa yang terbaik bagi pernikahan Moms saat ini.

Baca Juga: 4 Kebiasaan Setiap Pagi yang Wajib Dilakukan Pasangan agar Hubungan Tetap Harmonis

3. Suami Cemburu yang Berlebihan

suami cemburu berlebihan

Foto: Orami Photo Stock

Arti mimpi ketemu mantan suami yang selanjutnya adalah suami cemburu berlebihan. Bicara tentang hubungan pasangan suami istri, pasti tidak pernah lepas dari yang namanya konflik. Kadang kala, konflik bisa muncul dari rasa cemburu yang berlebihan.

Ya, benar adanya kalau cemburu bisa menjadi bumbu-bumbu cinta dalam sebuah pernikahan. Rasa cemburu yang masih dalam batasan normal juga bisa menjadi tanda kepedulian Moms pada pasangan.

Namun, rasa cemburu yang berlebihan justru akan menyusahkan Moms dan pasangan sendiri. Enggak percaya? Jika dibiarkan, kecemburuan bisa menjadi racun bagi sebuah hubungan.

Kondisi ini juga bisa membuat suami stres sendiri. Akhirnya, kegelisahan ini bisa terbawa sampai ke mimpi yang mungkin sebenarnya hanya menjadi keresahan Moms sendiri terhadap kecemburuan suami.

“Kepercayaan adalah komponen kunci dari hubungan yang sehat. Kecemburuan melahirkan kecurigaan, keraguan, dan ketidakpercayaan, yang bisa berubah menjadi emosi dan perilaku yang cukup intens. Hal ini bisa membuat seseorang menjadi posesif,” ungkap Daniel Freeman, PhD, profesor psikologi klinis di Universitas Oxford.

Jika ada suatu hal yang membuat suami cemburu pada Moms, lebih baik segera bicarakan kegelisahan yang dirasakan. Komunikasi terbuka dan bersikap tidak egois bisa membuat solusi lebih mudah untuk ditemukan. Ya, salah satu cara mengatasi rasa cemburu adalah saling membuka hati antara Moms dan pasangan.

Baca Juga: Suami Bertemu dengan Mantan, Apakah Perlu Cemburu?

4. Merasa Tidak Nyaman dengan Hubungan saat Ini

merasa tidak nyaman dengan hubungan saat ini

Foto: Orami Photo Stock

Arti mimpi ketemu mantan suami yang selanjutnya adalah merasa tidak nyaman dengan hubungan saat ini. Rasa tidak nyaman dengan hubungan pernikahan saat ini bisa datang seiring bertambahnya usia perkawinan.

Mengapa demikian? Studi dalam American Psychological Association mengungkapkan, kepuasan perkawinan terus menurun selama 10 tahun pertama pernikahan.

Mungkin setelah bertahun-tahun bersama, suami tidak lagi seromantis awal pernikahan dan hubungan seks tidak lagi seintim dulu. Hal ini wajar terjadi, Moms. Namun, sebenarnya hal tersebut jangan sampai membuat ketakutan bagi Moms.

Kepuasan perkawinan tampaknya mengikuti jalan yang melengkung selama waktu pernikahan, mulanya tinggi pada awal pernikahan, lalu menurun tajam setelah kelahiran anak, mencapai titik terendah sepanjang masa ketika anak-anak remaja, dan kemudian meningkat saat anak-anak meninggalkan rumah dan pasangan pensiun.

Nah, apabila Moms saat ini sedang dalam masa jenuh dan tidak nyaman dengan pernikahan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Jika sudah ada anak-anak, biasanya fokus menjadi terpecah dan Moms lebih sering memerhatikan anak daripada suami atau begitu pun sebaliknya.

Kondisi ini bisa membuat Moms jadi mimpi tentang mantan suami, yang mungkin pernah dihiasi dengan kenangan indah bersama.

Sebenarnya, dalam membangun keharmonisan rumah tangga, Moms harus terlebih dahulu memenuhi kebutuhan diri kita dan pasangan. Jangan selalu menjadikan anak-anak sebagai tameng atau alasan. Dilansir dari University of Rochester Medical Center Rochester, salah satu kunci pernikahan bahagia adalah meluangkan waktu berdua.

Kencan tidak harus selalu dengan hal-hal yang mungkin terlihat ribet, cukup dengan meluangkan waktu nonton berdua bersama atau sekedar jalan berdua bersama suami di tempat dulu sering berkencan. Pastinya meluangkan waktu bersama suami adalah salah satu hal yang diperlukan untuk membangun pernikahan ideal.

Baca Juga: Ingin Hubungan Lebih Harmonis? Lakukan 7 Tips Dekorasi Kamar Berdasarkan Feng Shui

Itulah beberapa arti mimpi ketemu mantan suami yang bisa diperhatikan. Tentunya, kondisinya bisa berbeda-beda pada setiap orang. Terpenting adalah, apabila sudah membuat rasa tidak nyaman dalam diri Moms, segera bicarakan dengan suami, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait