Rupa-rupa

RUPA-RUPA
3 Oktober 2020

10 Arti Mimpi Melihat Ular Menurut Pakar, Apakah Tanda Bahaya?

Ternyata, jenis ular yang berbeda memiliki arti yang berbeda pula, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Mimpi memiliki arti lebih dari sekadar bunga tidur. Hal ini bisa berasosiasi dengan keadaan seseorang seperti dari aspek psikologis dan kesehatan. Termasuk mimpi melihat ular.

Moms mungkin ingin mencari tahu seperti apa arti mimpi melihat ular.

Dikutip dari Huffington Post, Barbara Condron, B.J., D.D., D.M., seorang analis mimpi dan penulis belasan buku tentang mimpi membeberkan sejumlah penjelasan terkait munculnya ular di dalam mimpi.

"Ular bisa menggambarkan pemikiran kreatif si pemimpi terhadap kebijaksanaan," jelas Cordon.

Cordon menjelaskan kalau ular adalah simbol yang netral dan ini tergantung sang pemimpi ingin mengartikannya sebagai apa. Baik itu dimaknai negatif seperti toksisitas, ketakutan, dan kekhawatiran, atau justru bermakna positif seperti penyembuhan, transformasi, regenerasi, pertumbuhan, atau memulai awal yang baru.

Cordon mengatakan jika sudut pandang ini seringkali ditentukan oleh pandangan budaya.

"Misalnya, di Barat, ular pada umumnya ditakuti sementara di Timur mereka dihormati. Ini dapat memengaruhi interpretasi pemimpi tentang mimpi itu," terangnya.

Menurutnya, arti mimpi melihat ular menunjukkan fokus pembelajaran potensial dalam kehidupan nyata si pemimpi.

"Rincian dalam mimpi akan mengungkapkan jenis kreativitas apa yang sedang dimainkan seperti spiritual, mental, emosional, atau fisik dan bagaimana hal itu diakui, diterapkan atau ditolak, dan apakah si pemimpi sadar atau tidak sadar akan kemungkinannya," jelas Cordon.

Selaras dengan Cordon, Lauri Quinn Loewenberg, seorang analis mimpi profesional dan juga penulis buku mengemukakan pemikirannya pada The Cut.

"Sama seperti sikap Anda yang tidak mungkin mengabaikan begitu saja saat bertemu ular dalam kehidupan nyata, Anda juga tidak boleh mengabaikan mimpi bertemu ular," kata Lauri.

Ia mengatakan hal tersebut bisa menandakan adanya unsur negatif dalam hidup kita yang perlu disingkirkan, atau ada proses penyembuhan yang perlu dikenali.

"Bagaimanapun, menindaklanjuti pesan atau peringatan adalah hal yang sangat baik untuk dilakukan," lanjutnya.

Lalu, apa yang menjadi arti mimpi melihat ular dan apa yang harus dilakukan setelah bermimpi melihat ular? Moms bisa mencari tahu informasinya berikut ini.

Baca Juga: Apa Arti Mimpi Melahirkan Seorang Bayi? Yuk Kita Tengok!

Apa Saja Arti Mimpi Melihat Ular?

Arti mimpi melihat ular bisa ditelaah lebih dalam lagi dengan melihat bagaimana kondisinya dan juga jenis ular yang dimimpikan. Loewenberg mengemukakan adanya kemungkinan arti dari mimpi melihat ular.

Beberapa di antaranya adalah berikut ini:

1. Arti Mimpi Melihat Ular Besar

photo-1529978515127-dba8c80bbf05.jpg

Foto: unsplash.com

Lowenberg mengatakan tidak ada mimpi yang acak, artinya spesifikasi ular yang muncul dalam mimpi tersebut memiliki arti tertentu dan biasanya cenderung mewakili orang-orang dalam hidup kita.

Salah satunya jika yang muncul dalam mimpi adalah ular berukuran besar seperti piton atau boa.

Selain dari ukurannya, ular jenis ini mempunyai cara tersendiri untuk mengalahkan mangsanya. Apa yang menjadi arti mimpi melihat ular besar?

“Seekor ular boa dikenal dengan caranya meremas mangsanya hingga mati,” kata Lowenberg.

“Jadi ular boa dalam mimpi Anda mungkin terhubung dengan seseorang dalam hidup Anda yang menyebabkan Anda merasa sesak atau terbatas, atau seseorang yang mungkin menekan Anda secara finansial," lanjutnya.

2. Arti Mimpi Melihat Ular Kobra

snake-1758994_960_720.jpg

Foto: pixabay.com

Ketika predator atau bahkan manusia secara tidak sengaja mendekati ular berbisa, ular akan mengibaskan atau membunyikan ekornya untuk memperingatkan tanda ancaman.

Karena itu, arti mimpi melihat ular berbisa bisa menjadi peringatan tentang adanya orang toxic dalam hidup.

"Bisa juga memberi tahu Anda untuk mulai memperhatikan tanda-tanda peringatan yang mungkin ditampilkan oleh orang tertentu," ujar Lowenberg.

Sementara itu, Condron mengatakan jika ini menunjukkan sikap si pemimpi terhadap kebijaksanaan.

Beberapa teori lain menyebutkan arti mimpi melihat ular berbisa seperti kobra menandakan munculnya peristiwa buruk atau bisa berarti kita sedang dikelilingi oleh kebiasaan yang beracun.

Seperti orang-orang jahat, kecanduan obat-obatan terlarang, junk food, hingga masalah psikologis seperti gangguan kecemasan.

3. Arti Mimpi Melihat Ular Tak Berbahaya

news.umich.ed.jpg

Foto: news.umich.ed

Jika jenis ular ini yang muncul dalam mimpi, Moms mungkin bisa bernapas lega. Ini karena arti mimpi melihat ular yang tidak berbahaya bisa jadi ada seseorang yang perlu diwaspadai, tetapi bukan ancaman.

“Seekor ular garter tidak berbahaya, jadi mungkin mewakili seseorang yang awalnya Anda waspadai tetapi sekarang Anda sadari bukanlah ancaman,” kata Loewenberg.

Baca Juga: Jangan Langsung Paranoid, Ini 4 Arti Mimpi Suami Menikah Lagi

4. Arti Mimpi Melihat Ular di Dalam Rumah

Snake-in-Home.jpg

Foto: worldwidepest.com

Jika Moms bermimpi melihat ular di dalam rumah, perhatikan apakah ada orang-orang berpotensi memicu stres yang tinggal dalam satu atap.

Loewenberg juga mengatakan arti mimpi melihat ular di dalam rumah juga dapat dimaknai secara kiasan. Bisa saja perasaan negatif tersebut berasal dari orang lain di luar sana.

"Toksisitas orang yang membuat anda terancam tersebut sudah sampai di titik di mana Anda membawa negativitas itu ke rumah," terangnya.

5. Mimpi Melihat Ular dalam Jumlah Banyak

kadunanewsonline.com_-9.jpeg

Foto: kadunanewsonline.com

Sama seperti jenis ular, jumlah ular yang muncul dalam mimpi bisa memiliki makna tersendiri. Arti mimpi melihat ular banyak bisa diartikan situasi yang tidak baik.

“Ular yang banyak dapat mewakili banyaknya orang atau situasi toxic yang memiliki banyak aspek. Beberapa ular dapat mewakili beberapa masalah kesehatan atau satu masalah mental yang memiliki banyak elemen," kata Loewenberg.

Jika Moms melihat banyak sekali ular yang muncul dalam mimpi atau bermimpi dikelilingi oleh banyak ular, Moms mungkin berada dalam tahap kehidupan di mana merasa memiliki banyak sekali masalah atau beban berat di pundak.

Arti mimpi melihat ular banyak ini menandakan perjalanan hidup Moms mungkin penuh dengan rintangan dan tak tahu bagaimana cara menghindarinya.

6. Arti Mimpi Digigit Ular

snake-1974382_960_720.jpg

Foto: pixabay.com

Tak sama dengan apa yang tersirat, ternyata bermimpi digigit ular kemungkinan tidak banyak berhubungan dengan orang lain melainkan justru dengan diri sendiri. Khususnya terkait dengan kesehatan.

Arti mimpi melihat ular dan digigit bisa jadi berlawanan dengan intuisi.

"Gigitan ular mirip dengan suntikan. Jadi jika seekor ular menggigit Anda dalam mimpi, tanyakan pada diri Anda apakah ada masalah kesehatan yang mulai membaik atau luka emosional yang tampaknya mulai sembuh," kata Loewenberg.

Namun, gigitan ular bisa juga menandakan bahwa Moms adalah korban atau merasa terluka atas komentar kritis seseorang.

Lalu bagaimana dengan arti mimpi melihat ular menggigit orang yang kita sayangi? Loewenberg mengatakan jika orang yang mendapat mimpi tersebut tengah berurusan dengan masalah kesehatan atau emosional.

Atau, jika Moms tidak yakin ular itu ada hubungannya dengan kesehatan, Loewenberg menyarankan untuk mencari ke dalam dan bertanya pada diri sendiri apakah mungkin kita adalah ular itu?

"Tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda telah melontarkan kata-kata 'berbisa' kepada orang ini?" ujar Loewenberg.

Namun kembali ke pembahasan soal gigitan ular dan penyembuhan, mungkin saja jika ular itu menggigit orang lain dalam mimpi, Moms sebenarnya memimpikan mereka disembuhkan.

Tapi, Loewenberg mengingatkan untuk selalu mulai dengan diri sendiri saat menginterpretasikan mimpi.

"Karena terkadang mimpi kita akan memberi kita gambaran dari perspektif pihak ketiga, sehingga kita bisa lebih memahami bagaimana sesuatu memengaruhi kita atau bagaimana Anda bersikap dalam situasi itu," ujarnya.

Baca Juga: Ini Arti Mimpi Terbang, Lebih dari Ingin Merasa Bebas

7. Arti Mimpi Melihat Ular di Sungai

freepik.jpg

Foto: freepik.com

Menurut Regular Dream, arti mimpi melihat ular di air adalah simbol dari emosi dan mewakili apa yang kita rasakan.

Jenis air dan reaksi Moms terhadap ular tersebut memainkan peran penting dalam mimpi tersebut. Kalau Moms memimpikan air berlumpur atau kotor, bisa jadi hal tersebut mewakili emosi seperti kebingungan, gugup, malu, dan lain sebagainya.

Namun jika airnya bersih dan jernih, mungkin saja melambangkan emosi seperti kegembiraan, kebahagiaan, dan beberapa perasaan positif lainnya.

Jika ular itu berenang dengan damai dalam mimpi Moms, arti mimpi melihat ular ini bisa menjadi sinyal kalau Moms berhasil dengan mudah mengatasi emosi Moms secara positif.

Tetapi jika ular itu mencoba menyakiti Moms dengan menyudutkan atau menggigit, hal tersebut mungkin menjadi peringatan untuk memperhatikan emosi negatif apa yang sedang Moms rasakan dan cobalah meregulasi perasaan tersebut agar dapat dikendalikan.

Namun, seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, arti mimpi melihat ular dapat melambangkan kesembuhan.

Melihat ular bersama Moms ada di dalam air bisa melambangkan bahwa Moms sedang menyembuhkan luka batin atau sedang menyelesaikan permasalahan dengan mudah.

Kalau dalam mimpi itu Moms tidak merasa takut terhadap lar dan ular tersebut menunjukkan sikap bersahabat, hal itu menandakan bahwa Moms nyaman dengan emosi yang dirasakan.

Sebaliknya, jika Moms merasa takut saat berenang bersama ular, hal ini bisa menandakan jika Moms sedang menghadapi permasalahan sulit namun tengah berusaha mengikuti arus untuk menyelesaikannya.

8. Arti Mimpi Melihat Ular Berdasarkan Warna

snake-1634293_960_720.jpg

Foto: pixabay.com

Sama halnya dengan jenis dan jumlah, warna ular yang Moms lihat dalam mimpi dapat menyiratkan arti tersendiri. Kali ini Loewenberg menjelaskan pada laman Mind Body Green tentang beberapa arti mimpi melihat ular berdasarkan warna.

"Jika Anda memiliki hubungan pribadi dengan warna tertentu, pertimbangkan asosiasi tersebut," terangnya.

Jika Moms tidak memiliki koneksi khusus terhadap warna tertentu, Loewenberg menjelaskan beberapa warna dengan spesifikasi secara umum.

  • Ular Putih

Seperti ular putih bisa mewakili awal yang baru. Saat Moms melihat ular putih dalam mimpi, apa yang Moms rasakan? Apakah takut atau bersemangat? Arti mimpi melihat ular ini mungkin menunjukkan perasaan Moms saat mengantisipasi perubahan atau awal yang baru.

  • Ular Hitam

Sementara itu, arti mimpi melihat ular hitam dalam mimpi biasanya bisa mewakili perasaan yang tidak diketahui. Perhatikan di mana ular itu berada dalam mimpi dan bagaimana perasaan Moms saat itu.

Meskipun rasa takut merupakan reaksi pertama bagi banyak orang saat melihat ular, tapi kalau Moms merasa tidak takut dalam mimpi itu, ingatlah apa yang dibawanya untuk Moms dalam mimpi.

  • Ular Merah

Jika yang muncul dalam mimpi adalah ular berwarna merah, Loewenberg mengatakan arti mimpi melihat ular merah ini bisa menjadi pertanda sudah ada "bendera merah" atau red flags dalam hidup Moms, tetapi abaikan dan akhirnya terserap dalam alam bawah sadar.

"Ini seperti alarm, berhentilah berurusan dengan orang ini," katanya.

  • Ular Hijau

Selanjutnya adalah warna hijau yang bisa berarti kecemburuan. Tanyakan pada diri sendiri apakah ada orang yang cemburu dan toxic di sekitar?

Mungkin saja justru Moms yang sedang cemburu atau bahkan memiliki sikap toxic tersebut. Untuk mengetahuinya, cobalah mengingat apakah ada orang lain yang hadir dalam mimpi tersebut, beserta di mana Moms berada.

  • Ular Kuning

Jika ular dalam mimpi Moms berwarna kuning, arti mimpi melihat ular kuning itu menandakan perasaan takut.

Dalam kasus ini, perhatikan dengan pasti seperti apa reaksi dan apa yang Moms pikirkan ketika melihat ular itu, lalu bagaimana Moms akhirnya menjauh atau menghadapinya?

9. Arti Mimpi Melihat Ular yang Sama Berulang Kali

nature-2727199_960_720.jpg

Foto: pixabay.com

Apa Moms bermimpi tentang ular yang sama berulang kali atau berulang kali bermimpi tentang ular meskipun ularnya berbeda-beda?

Arti mimpi melihat ular ini mungkin tandanya Moms sedang merasa kewalahan karena satu orang atau situasi toxic yang terus-menerus muncul.

"Seperti pasangan atau rekan kerja misalnya. Semakin banyak ular dalam mimpimu, semakin hadir orang itu dalam hidupmu," kata Loewenberg.

"Jika itu benar-benar mimpi yang sering terjadi dan sudah berlangsung lama, masalah apa dalam hidup Anda yang telah berlangsung selama mimpi itu?" tanyanya.

"Lihatlah bagaimana Anda berperilaku dan bereaksi terhadap mimpi, karena itu akan memberi tahu Anda bagaimana Anda berperilaku dan bereaksi dalam kehidupan nyata," lanjut Loewenberg.

10. Arti Mimpi Melihat Ular Adalah Tanda Orang Kreatif

photo-1552584921-b100c09536a2.jpg

Foto: unsplash.com

Barbara Condron mengatakan bahwa hampir satu dari setiap 20 mimpi melibatkan seekor ular. Individu yang sangat kreatif atau sangat selaras dengan diri dan hati mereka sendiri kemungkinan besar pernah bermimpi tentang ular.

Condron menambahkan, individu yang memiliki kesadaran diri tinggi seperti instruktur yoga, meditator, atau kreator cenderung melihat ular dalam mimpi mereka.

Baca Juga: Tak Biasa, Ini 5 Arti Mimpi Makan yang Tak Disangka

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Mimpi Melihat Ular?

snake-861713_960_720.jpg

Foto: pixabay.com

Moms sudah mengetahui banyak arti mimpi melihat ular. Lalu, apa yang harus dilakukan setelah mimpi melihat ular?

Mulailah dengan memilah bagaimana perasaan Moms terhadap mimpi tersebut. Hal ini akan memberi tahu Moms seberapa mendesak keadaan untuk mencari potensi penyebab stres yang muncul dalam kehidupan sehari-hari.

Bisa jadi, selama ini kita mengabaikan pengaruh negatif tersebut sehingga akhirnya tubuh mengingatkan kita kembali melalui alam bawah sadar.

Itu tadi 10 arti mimpi tentang ular yang paling umum muncul. Meski sudah didefinisikan oleh pakar, namun setiap mimpi memiliki makna tersendiri bagi masing-masing orang.

Perhatikan bagaimana perasaan Moms dalam mimpi, ingat semua simbol, tempat, serta detail mimpi tersebut dan tinjau kembali situasi hidup yang sedang Moms jalani.

Jika Moms merasa bahwa mimpi tersebut membawa pesan pribadi yang lebih dalam atau merupakan indikator perjalanan hidup, tak ada salahnya berkonsultasi dengan pakar atau psikolog berpengalaman untuk membantu Moms mengartikan mimpi tersebut.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait