Rupa-rupa

RUPA-RUPA
13 November 2020

12 Arti Mimpi Naik Gunung

Mimpi sebagai bunga tidur yang percaya atau tidak terkadang bisa menjadi sebuah pertanda akan datangnya peristiwa tertentu.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Melansir dalam jurnal penelitan berjudul The Role of Dreams in the Evolution of the Human Mind dijelaskan bahwa mimpi sebagai hasil dari aktivitas saraf. Lebih dari itu, banyak orang menilai mimpi sebagai bunga tidur yang percaya atau tidak terkadang bisa menjadi sebuah pertanda akan datangnya peristiwa tertentu. Sebab, mimpi berkaitan erat dengan alam bawah sadar manusia dan hal-hal yang ada di pikirannya.

Pernahkah Moms bermimpi naik ke sebuah gunung, perasaan lelah, takut, atau mungkin bersemangat terasa begitu nyata meski hanya sebatas mimpi? Saat bangun, Moms mungkin tak melupakan mimpi tersebut dengan mudah. Moms selalu terbayang apa makna dari mimpi naik gunung tersebut dan mengapa mimpi itu terasa begitu nyata?

Mark Freeman, PhD, yang mengajar kursus tentang interpretasi mimpi dan menggunakan mimpi dalam konseling pribadi di Rollins College di Winter Park, Florida, menyarankan untuk melihat buku berjudul, A Dictionary of Symbols, oleh Juan Eduardo Cirlot, atau The Secret Language of Dreams, oleh David Fontana untuk mengetahui simbol-simbol yang terlihat dalam mimpi.

Melansir dari WebMD, ada beberapa simbol yang umumnya digunakan dalam menafsirkan mimpi beserta artinya. Misalnya, Moms bermimpi ketika naik gunung Moms tiba-tiba terjatuh dari ketinggian, hal ini bisa menginterpretasikan bahwa Moms sedang merasa tidak aman, kehilangan kendali, dan terancam.

Baca Juga: 18 Inspirasi Nama Bayi dengan Arti ‘Pemimpin’

Contoh lainnya, saat mimpi naik gunung, Moms tiba-tiba punya kekuatan yang membuat Moms bisa terbang mencapai puncak. Hal ini juga diinterpretasikan sebagai keinginan untuk bebas, melepaskan energi kreatif, dan melampaui batasan.

Ada beberapa simbol umum dalam mimpi yang disepakati memiliki makna tersendiri, berikut beberapa contoh simbol dan makna tafsir mimpi.

  • Dikejar: melarikan diri dari ketakutan
  • Gigi tanggal: kecemasan, kehilangan muka, kekhawatiran tentang citra diri, ketidakmampuan untuk menguasai sesuatu
  • Telanjang di depan umum: merasa rentan, cemas tentang sesuatu yang terjadi atau akan terjadi, keinginan untuk diperhatikan
  • Lautan: energi emosional yang tidak disadari
  • Melatih: kekuatan, kebebasan
  • Pulau: isolasi, kesepian, ketenangan, kerinduan akan kemerdekaan

Mimpi mendaki gunung bisa jadi melambangkan kerja keras, kemampuan mengatasi rintangan, dan mengatasi masalah-masalah kecil setiap harinya. Mendaki gunung membutuhkan usaha keras dan banyak rintangan untuk mencapai puncak. Namun, saat berhasil mencapai puncak, ada perasaan senang dan bahagia atas pencapaian yang Moms dapatkan.

Mimpi naik gunung ini bisa berkaitan bahwa ada beberapa kendala yang segera Moms atasi. Lalu, Moms juga harus menyadari bahwa setiap kesulitan pasti ada jalan keluarnya dan Moms harus memanfaatkan sumber daya yang Moms miliki. Bahkan, jika itu artinya Moms harus mencoba hal-hal baru.

Selain itu, mendaki gunung juga bisa diartikan sebagai kemunduran akan sesuatu. Oleh karena itu, Moms harus bisa melihat dan menilai lebih dekat sebelum mengambil keputusan atau membuat pilihan. Menjadi lebih bijaksana dalam mengatasi masalah adalah hal yang diperlukan.

Baca Juga: Mimpi Tentang Orang Meninggal? Ternyata Ini 18 Artinya!

Mimpi Naik Gunung Jalan Kaki

Berjalan kaki saat mendaki gunung merupakan hal yang biasanya seharusnya dilakukan untuk mencapai puncak. Walaupun terdengar umum, tapi mimpi mendaki gunung dengan berjalan kaki memiliki makna dan arti tersendiri. Berikut makna mendaki gunung dengan berjalan kaki.

1. Akan Datang Rintangan atau Telah Berakhir

arti mimpi naik gunung

Foto: Orami Photo Stocks

Bermimpi naik gunung dengan berjalan kaki bisa menjadi tentang rintangan yang sedang dihadapi atau yang akan datang. Jika dalam mimpi Moms berjalan mendekat gunung berarti rintangan akan segera muncul.

Namun, jika Moms melihat gunung dari kejauhan, maka akan ada peringatan terkait tantangan yang akan muncul di masa depan.

Apabila Moms bermimpi naik gunung dengan berjalan kaki namun posisi gunung tersebut berada di belakang Moms, hal ini bisa diartikan bahwa Moms telah mengakhiri rintangan atau tantangan tersebut sudah terlewati di masa lalu.

2. Kenali Bentuk Gunung dalam Mimpi

Ukuran dan bentuk gunung dalam mimpi juga bisa jadi menunjukkan simbol tertentu, Moms. Sebab, ukuran dan bentuknya menunjukkan tingkat kesulitan serta upaya yang diperlukan untuk mengatasi rintangan tersebut.

Jika gunung tidak terlalu curam, dan tidak terlalu sulit untuk dilintasi, itu artinya rintangan yang dihadapi akan menemukan solusi sesegera mungkin.

Sementara itu, gunung yang tinggi dan bergerigi dengan medan yang sangat berbahaya menandakan banyak hal yang harus Moms pertimbangkan ketika memutuskan untuk menaklukkan tantangan tersebut.

Selain itu, ini juga mengartikan bahwa Moms harus mempersiapkan diri dengan peralatan yang tepat. Misalnya, peta perencanan, dan navigasi jalan yang tepat agar pendakian bisa mencapai puncak.

Baca Juga: Melihat Binatang dalam Mimpi? Ini Artinya!

3. Menghadapi Ketakutan Sendiri

arti mimpi naik gunung

Foto: Orami Photo Stocks

Jika dalam mimpi Moms merasa ketakutan ketika mendaki gunung, hal ini dipresentasikan sebagai tindakan atau keputusan yang Moms sendiri tidak yakin akan berhasil atau takut menghadapi tantangan yang ada di depan mata.

Namun, meskipun dalam mimpi Moms merasa takut, tapi tetap mendaki tandanya meski belum ada kepastian, Moms rela dan berani menghadapi ketakutan diri sendiri.

4. Adakah Orang yang Ikut Mendaki Bersama dalam Mimpi?

Jika ya, itu berarti Moms tidak sendirian dalam menghadapi rintangan serta tantangan yang diberikan. Jika Moms bermimpi berada dalam bahaya saat berada di gunung, Moms mungkin harus mempertimbangkan apakah ini benar-benar sesuatu yang ingin Moms kejar atau tidak?

Sebab, bahaya mungkin mendebarkan bagi sebagian orang, tetapi ini juga merupakan indikasi sudah waktunya untuk kembali.

Baca Juga: 29+ Arti Mimpi Gigi Copot, Ternyata Tidak Selalu Buruk

5. Mendaki dalam Cuaca Buruk

arti mimpi naik gunung

Foto: Orami Photo Stocks

Jika Moms bermimpi mendaki gunung dan cuaca buruk sehingga membuat jalan licin karena hujan atau salju, atau penglihatan tiba-tiba hilang karena kabut atau badai, itu adalah indikasi dan bahwa tantangan tersebut dipenuhi dengan kesulitan.

Jalanan yang licin adalah berisiko menemui kegagalan. Kabut berarti kesulitan melihat pilihan atau membuat keputusan atas tantangan yang dilalui. Mungkin dalam mimpi, Moms ingin menunggu hingga cuaca cerah agar jalan setapak tidak terlalu licin dan berkabut.

Selain itu, turunnya hujan ketika pendakian juga bisa menandakan tangisan. Hal ini berarti tantangan yang akan dihadapi lebih menguras emosional.

Salju di gunung berarti rentan waktu kapan rintangan tersebut akan datang yakni sekitar bulan November hingga Februari. Namun, hal itu juga bisa mengindikasikan bahwa tantangan tersebut berkaitan dengan orang yang lebih tua.

6. Keraguan

Apabila dalam mimpi tersebut Mom melihat gunung namun tiba-tiba hanya terdiam, bahkan kaki pun sulit untuk melangkah, itu berarti Moms sedang memikirkan langkah atau hal-hal apa yang harus dilakukan dalam hidup.

Selain itu, hal tersebut juga mengindikasikan bahwa Moms sedang mempertimbangakn pro dan kotra dalam situasi yang sedang dihadapi saat ini.

Baca Juga: Ternyata Ini 6 Arti Mimpi Bercinta, Pernah Mengalami?

7. Ada Hal yang Harus Dikorbanka

sandal gunung

Foto: Orami Photo Stocks

Gunung bisa melambangkan tujuan Moms, sama seperti gunung itu bisa melambangkan rintangan besar. Apabila saat ini Moms sedang menghadapi beberapa pilihan sulit dalam hidup, maka mimpi mendaki gunung dengan berjalan kaki ini bisa berarti kesempatan bagus namun juga ada hal-hal lain yang harus ditinggalkan, dikorbankan, atau harus bekerja lebih keras dari sebelumnya.

Sebab, gunung melambangkan rintangan dan tantangan. Selain itu, memimpikan gunung juga berarti memberikan tantangan untuk pada diri sendiri, kepercayaan diri, dan bagaimana menghadapi rasa takut.

8. Motivasi

Meski gunung dilambangkan sebagai rintangan dan tantangan besar, tapi gunung juga berarti inspirasi, ambisi, motivasi, dan keinginan untuk terus maju demi meningkatkan kekuatan diri dalam berbagai rencana dalam hidup.

Jika gunung adalah sebuah tantangan yang memotivasi, dan Moms merasa ingin sekali mendakinya dalam mimpi karena penasaran dan ingin melihat ada apa di balik gunung tersebut, itu berarti sesuatu yang besar sedang menuju ke arah Moms dan hanya keberanian yang bisa menaklukan hal besar itu.

Selain itu, bermimpi mendaki gunung juga berarti bahwa Moms tidak bisa ceroboh atau asal mengambil keputusan, namun Moms harus bersabar, menunggu untuk memperoleh kekuatan dan keterampilan baru sebelum meyakinkan diri menaklukan gunung tersebut.

Baca Juga: Mimpi Melahirkan Bayi Perempuan Atau Laki-Laki, Apa Artinya?

9. Mendaki Gunung Berarti Sebuah Kemajuan

arti mimpi naik gunung

Foto: Orami Photo Stocks

Arti mimpi mendaki gunung menunjukkan beberapa jenis kemajuan, terlepas dari sifatnya. Mendaki secara simbolis berarti peningkatan. Mendaki gunung dalam mimpi berarti berani menguji kemampuan, kualitas, dan keterampilan diri untuk mencapai sesuatu.

Apabila dalam mimpi tersebut Moms kokoh dan berani mendakinya, itu melambangkan ketahanan, ketekunan, dan kesediaan untuk melakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan.

10. Kesuksesan

Jika Moms mendaki gunung dengan mudah dalam mimpi, itu bisa jadi simbol bahwa Moms akan mendapatkan kesuksesan. Itu juga mencerminkan semangat rasa ingin tahu, petualang, dan awet muda yang ingin menjelajahi dunia dan menemukan keajaibannya.

Selain itu, hal ini juga mengindikasikan bahwa Moms ingin menjadi yang terbaik dan melihat dunia dari semua sisi. Bisa jadi, tujuan Moms bukanlah mencapai puncak tapi gunung menjadi pertanda bahwa Moms ingin mencoba, mengeksplorasi, dan siap untuk bekerja lebih keras.

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Melahirkan yang Belum Banyak Diketahui

11. Pendakian yang Sulit tapi Tetap Melangkah

arti mimpi naik gunung

Foto: Orami Photo Stocks

Jika dalam mimpi Moms menemui pendakian yang sulit dan lambat berarti akan ada sesuatu yang sulit untuk ditangani. Tapi, jika dalam pendakian Moms terus melangkah, hal ini menunjukkan kegigihan dan Moms tidak mudah menyerah.

Apabila Moms terjebak dalam pendakian menuju puncak gunung dan tidak menemukan jalan ke puncak, itu tandanya Moms sedang berada dalam situasi yang tidak nyaman dan tampaknya hal ini akan Moms rasakan di kehidupan nyata.

12. Berada di Atas Gunung

Mencapai puncak gunung atau melihat diri sendiri berdiri di sana dalam mimpi biasanya semacam kesuksesan. Namun, hal itu tidak selalu berarti hal-hal yang Moms inginkan tercapai. Karena, hal itu tergantung pada bagaimana Moms bereaksi dalam mimpi dan bagaimana perasaan Moms tentang mimpi itu.

Apabila saat mencapai puncak gunung yang indah, Moms merasa relaks dengan menghirup udaranya yang segar, mimpi itu menyiratkan tidak hanya materi, kesuksesan fisik, tetapi juga pencerahan, kelegaan, kemurnian.

Baca Juga: Arti 5 Mimpi yang Sering Dialami Ibu Hamil, Moms Perlu Tahu

Namun, jika puncak gunung terasa dingin, berkabut, dan lingkungan secara keseluruhan tidak bersahabat, itu berarti kesuksesan yang Moms raih hanyalah kosong; tidak ada apa-apa di atasnya. Itu mewakili kekecewaan, kehilangan cita-cita dalam menghadapi kenyataan hidup.

Berdiri di puncak gunung dalam mimpi mungkin juga menunjukkan ketidaktahuan tentang langkah yang selanjutnya akan Moms ambil. Mencapai puncak itu bagus dan itu membawa kepuasan tertentu, tapi bagaimana langkah selanjutnya?

Itulah 12 makna mimpi mendaki gunung dengan berjalan kaki. Apakah Moms merasa cocok dengan salah satu ramalan mimpi di atas?

Artikel Terkait