Rupa-rupa

RUPA-RUPA
19 Oktober 2020

Tidak Selalu Menyedihkan, Intip 10+ Arti Mimpi Pindah Rumah

Salah satu arti mimpi pindah rumah adalah kesiapan untuk melepaskan sesuatu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Mimpi tentang rumah adalah tema mimpi yang umum saat tidur. Tampilannya pun bisa berbeda- beda.

Ada yang memimpikan rumah masa lalu, rumah masa kini, rumah masa depan, detail dari sebuah rumah, atau bahkan mimpi pindah rumah.

Vocata George, Ph.D., seorang Analis Jung di C.G. Pusat Pendidikan Jung di Cleveland mengatakan, meskipun analisis mimpi sangat subjektif, ada beberapa alas am mengapa mimpi pindah rumah dapat terjadi atau bisa berulang kali.

"Pikirkan rumah itu seperti dirimu sendiri. Gambaran rumah dalam mimpi bisa berarti berbagai hal. Ini bisa menjadi tempat yang belum pernah Anda lihat sebelumnya, atau mungkin itu adalah rumah masa kecil Anda. Makna mimpi tentang rumah tergantung pada pesan yang coba disampaikan oleh diri sendiri,” jelas Vocata, dilansir Huffpost.

Menurutnya, ada beberapa pesan yang bisa diselipkan dari mimpi pindah rumah yang dapat Moms pelajari. Ukuran dan perasaan di sekitar rumah dapat menjadi petunjuk tentang apa yang coba diungkapkan oleh alam bawah sadar.

Pindah mewakili perubahan dalam hidup. Mimpi seperti itu biasanya mencerminkan keinginan diri untuk memiliki beberapa perubahan dalam hidup.

"Beberapa orang mungkin merasa terbantu untuk menuliskan detail tentang mimpi rumah mereka saat pertama kali bangun," kata dia.

Gambaran rumah di dalam mimpi bisa berwujud menjadi rumah masa kecil dan memiliki perasaan yang terhubung dengannya, yang bisa saja memberi pesan bahwa Moms harus mengunjunginya.

Moms juga bisa bermimpi rumah tentang rumah yang belum pernah dilihat sebelumnya. Bahkan, arti mimpi pindah rumah juga bisa menyimpan makna tertentu.

“Karena rumah adalah lambang diri Anda. Ini bisa menunjukkan kepada Anda bahwa Anda bisa menjadi lebih besar. Jika Anda menemukan semakin banyak ruangan di rumah besar, Anda mungkin perlu lebih sadar akan bagian-bagian diri Anda yang belum ditemukan," jelas dia.

Vocata George yang mendapatkan gelar Ph.D. di Institute of Transpersonal Psychology di Palo Alto, California menjelaskan, siapapun bisa memimpikan sebuah rumah. Rumah adalah simbol universal yang dimiliki oleh setiap orang.

"Ini adalah pandangan yang sangat kompleks ke dalam jiwa Anda. Pikirkan tentang mimpi Anda selama periode waktu tertentu, daripada menggunakan satu mimpi yang terisolasi. Menggambarkan rumah dari mimpi Anda dan perasaan yang terkait dengannya adalah langkah pertama," terangnya.

Vocata menyarankan agar Moms mengingat kembali sebanyak mungkin detail yang diingat saat memimpikan pindah rumah untuk mengetahi artinya.

Misalnya terkait dengan ukuran, bentuk, warna, dan kondisi. Detail ini dapat membantu mengarahkan Moms untuk mendapatkan arti mimpi yang benar.

Baca Juga: 3 Hal yang Harus Mama Ketahui Seputar Fogging di Rumah

Mengapa Seseorang Bermimpi?

Bermimpi terjadi selama siklus tidur REM (Rapid Eye Movement) . Selama tidur REM, mata akan bergerak cepat ke berbagai arah.

Biasanya, tidur REM terjadi 90 menit setelah tertidur. Kecenderung mengalami mimpi yang intens selama waktu ini, karena otak akan lebih aktif.

Lauri Quinn Loewenberg, seorang analis dan penterjemah mimpi mengatakan alasan mengapa seseorang bisa bermimpi.

“Bermimpi adalah proses berpikir. Faktanya, ini adalah kelanjutan dari pikiran Anda dari hari ke hari. Obrolan di kepala Anda yang berlangsung sepanjang hari berlanjut saat Anda tertidur, dan, begitu Anda memasuki tidur REM, saat mimpi terjadi, pikiran itu berlanjut dalam simbol dan metafora alih-alih dalam kata-kata,” jelasnya.

Lauri menjelaskan, selama waktu REM otak bekerja secara berbeda dengan saat terjaga dan bagian tertentu dari otak menjadi tidak aktif.

Menurut Wisegeek, proses bekerja bagian korteks prefrontal yang mengontrol pemikiran rasional tidak aktif, sementara bagian lain menjadi sangat aktif, seperti amigdala yang merupakan bagian otak yang mengontrol emosi.

“Melalui proses bermimpi, Anda melanjutkan pemikiran Anda tentang hari Anda: kesalahan Anda, pencapaian Anda, harapan Anda untuk hari esok. Pikiran mimpi Anda sebenarnya lebih terfokus dan jauh lebih mendalam karena mimpi Anda memberi Anda komentar metaforis tentang diri Anda sendiri," jelasnya.

Psikolog terkenal Sigmund Freud percaya bahwa mimpi mengungkapkan konflik atau keinginan yang secara tidak sadar ditekan.

Menurut Freud, mimpi adalah gambaran dari keinginan atau dorongan dari masa kanak-kanak yang telah ditekan. Inilah mengapa Freud mempelajari mimpi untuk memahami pikiran bawah sadar.

Arti Mimpi Pindah Rumah

Dikutip dari Dream Meaning, untuk mengetahui arti mimpi pindah rumah, fokuslah pada jenis gerakan dalam mimpi dan tindakan atau emosi saat bermimpi.

Tergantung pada konteks pindah, di mana dan kapan Anda akan pindah; dapat mewakili makna yang sedikit berbeda dalam tafsir mimpi yang bisa dipertimbangkan.

Di bawah ini akan ada beberapa petunjuk dasar tentang mimpi pindah rumah yang bisa Moms gunakan untuk mencari arti dari mimpi tersebut.

Baca Juga: Memasuki Musim Panas, Ini 5 Cara Agar Rumah Terasa Sejuk

1. Arti Mimpi Pindah ke Rumah Baru

12 Arti Mimpi Pindah Rumah -1.jpg

Foto: Myfirstapartment.com

Pindah ke rumah baru di dalam mimpi bisa menunjukkan arti keberuntungan yang sudah dekat. Moms akan segera menerima hal-hal yang lebih besar dan lebih baik.

Ini bisa menjadi banyak hal, misalnya keberuntungan terkait kesehatan diri, karier, anak, materi, dan sebagainya.

2. Arti Mimpi Pindah ke Rumah Lama

Bermimpi pindah kembali ke rumah lama dapat mencerminkan keinginan Moms untuk terhubung kembali dengan seseorang atau sesuatu di masa lalu.

Rumah sebelumnya dalam mimpi biasanya mewakili periode hidup. Mungkin Moms memiliki keinginan untuk menghidupkan kembali persahabatan lama atau berbicara tentang masa lalu.

Namun, jika Moms bermimpi ke pindah ke rumah sebelumnya dengan kodisi rumah yang kumuh dan rusak, biasanya ini bukan pertanda baik. Ini menjadi pertanda akan ada masa-masa yang lebih sulit di masa depan.

Ini bisa menjadi pertanda bahwa Moms harus kembali ke gaya hidup sebelumnya. Ini akan memberi tanda bahwa akan datang kondisi dan kebutuhan untuk beradaptasi dengan kondisi kehidupan yang lebih sederhana.

3. Arti Mimpi Pindah ke Rumah Orang Tua

12 Arti Mimpi Pindah Rumah -3.jpg

Foto: Verycozyhome.com

Bermimpi tentang kembali ke rumah bersama orang tua tidak selalu berarti bahwa masa depan Moms dalam bahaya. Ini mungkin menunjukkan bahwa saat memimpikannya, Moms sedang merindukan masa kecil bersama orang tua.

Arti mimpi pindah ke rumah orang tua menunjukkan bahwa Moms merindukan gaya hidup saat masih menjadi pelajar dengan lebih sedikit kekhawatiran.

Mungkin Moms pernah menemui beberapa pemicu yang mengingatkan pada masa kecil dan waktu yang dihabiskan di rumah orang tua.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Halaman Rumah Kecil Terlihat Lebih Lapang

4. Arti Mimpi Pindah ke Rumah Orang Lain

Jika Moms bermimpi pindah ke rumah lain yang berbeda dari yang sedang ditinggali saat ini, artinya bisa menandakan Moms akan menerima berita penting secara tidak terduga.

Berita penting tersebut akan terkait dengan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan di dunia nyata yang dijalani.

Mungkin mimpi ini juga menandakan Moms akan bepergian secara tak terduga ke suatu tempat, dengan sedikit atau tanpa waktu untuk mempersiapkan perjalanan tersebut karena terjadi secara mendadak.

5. Arti Mimpi Pindah Rumah Bersama Seseorang

12 Arti Mimpi Pindah Rumah -5.jpg

Foto: Hechtgroup.com

Jika bermimpi pindah rumah dan tinggal bersama seseorang, artinya adalah tanda bahwa seseorang menandakan kesiapan untuk memiliki komitmen baru dalam hubungan. Jika seseorang tersebut adalah sang mantan, ada tanda lainnya di dalamnya.

Mimpi seperti itu mengungkapkan keterikatan seseorang dengan mantan atau beberapa aspek dari hubungan yang dimiliki dengan mantan tersebut. Mungkin itu menandakan seseorang yang masih belum siap untuk melepaskan masa lalu.

6. Arti Mimpi Seseorang Pindah ke Rumah

Jika seseorang bermimpi tentang seseorang pindah ke rumahnya, mimpi seperti itu mungkin berarti adanya ungkapan perasaan tentang perubahan yang terjadi. Bukan hanya itu, perbedaan orang yang pindah pun akan menunjukkan arti yang berbeda pula.

Jika seseorang yang disukai dalam kehidupan nyata ikut pindah bersama, mimpi itu menunjukkan akan adanya perubahan yang memberikan kebahagiaan.

Jika seseorang yang tidak disukai, mimpi itu mungkin mengindikasikan perasaan terjebak dengan beberapa masalah atau beban baru.

7. Arti Mimpi Pindah Rumah ke Luar Negeri

12 Arti Mimpi Pindah Rumah -7.jpg

Foto: Groupon.com

Jika Moms bermimpi pindah rumah ke tempat yang jauh seperti ke luar negeri, artinya bisa saja menandakan adanya keinginan untuk memiliki pengalaman eksotis atau untuk mengubah gaya hidupyang dijalani selama ini.

Mungkin alam bawah sadar mengirimkan pesan bahwa inilah waktunya untuk melakukan sesuatu yang baru. Terkadang, mimpi ini juga bisa menandakan seseorang yang tidak mau menghadapi situasi tertentu dalam hidup.

Baca Juga: Memilih Rumah Atau Apartemen?

8. Arti Mimpi Pindah ke Rumah Kosong

Jika seseorang bermimpi pindah ke rumah kosong, sendirian atau bersama keluarga, mimpi seperti itu biasanya memiliki arti yang bagus.

Mimpi ini mungkin menunjukkan kerja keras dan upaya seseorang untuk menyelesaikan beberapa proyek yang akhirnya akan terbayar.

Ini juga bisa menjadi pertanda bahwa sudah waktunya menghadiahi diri dengan peningkatan kekayaan materi, sehingga seseorang akan mampu membeli hal-hal tertentu yang diinginkan dan sebelumnya tidak dapat mewujudkannya karena berbagai alasan.

9. Arti Mimpi Sering Pindah Rumah

12 Arti Mimpi Pindah Rumah -9.jpg

Foto: Homesandproperty.co.uk/Shutterstock.com

Seseorang yang pernah mengalami mimpi sering berpindah rumah dari satu tempat ke tempat lain, memiliki arti orang tersebut sedang merasakan keraguan. Mungkin Moms sedang kesulitan membuat keputusan atau pilihan tentang sesuatu.

Mimpi ini mungkin juga menunjukkan kemajuan yang konstan dalam beberapa situasi dalam hidup. Ini juga dapat menunjukkan situasi kacau yang saat ini ada dalam hidup, yang membuat seseorang ragu memutuskan seseuatu.

10. Arti Mimpi Membantu Seseorang Pindah Rumah

Jika Moms pernah bermimpi membantu seseorang untuk pindah rumah, mimpi seperti itu memiliki arti akan adanya ketakutan akan sebuah perubahan. Ini mungkin merupakan tanda seseorang merasa tidak siap menghadapi suatu situasi sendirian.

Terkadang ini juga mungkin menunjukkan Moms menerima beberapa perubahan, tetapi tidak menyetujuinya atau tidak menginginkannya. Arti lainnya adalah ketakutan menerima perubahan akibat dari tuntutan orang lain yang sebenarnya orang tersebut tidak menginginkannya.

11. Arti Mimpi Mengepak Barang untuk Pindah Rumah

12 Arti Mimpi Pindah Rumah -11.jpg

Foto: Purpleunicornplanet.com

Arti mimpi mengepak barang-barang dan bersiap untuk pindah rumah ke tempat yang baru, bisa menjadi pertanda bahwa seseorang siap untuk meninggalkan masa lalu.

Itu mungkin juga menandakan keterikatan dan berpegang pada banyak hal dalam hidup, terutama kenangan kenangan dan luka masa lalu.

Melalui mimpi ini, alam bawah sadar mungkin sedang mengirimi pesan untuk melepaskannya. Terkadang, mimpi ini juga melambangkan bahwa seseorang sedang bersiap-siap untuk beberapa perubahan dalam hidupnya.

Namun, ini mungkin juga bisa menjadi pertanda yang menunjukkan bahwa seseorang sedang mencoba menekan atau menyembunyikan beberapa ingatan dan emosi tertentu.

12. Arti Mimpi Membongkar Barang Setelah Pindah Rumah

Jika Moms bermimpi untuk membongkar barang setelah pindah rumah ke suatu tempat, mimpi seperti itu mungkin berarti adanya kesiapan untuk terbuka dan menangani masalah yang telah ditekan atau disangkal untuk waktu yang lama.

Banyak arti dari mimpi pindah rumah, tergantung dari kondisi yang dirasakan saat berada di kehidupan nyata.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait