Rupa-rupa

RUPA-RUPA
29 Oktober 2020

9 Arti Mimpi Tsunami, Salah Satunya Pertanda Tantangan Dalam Hidup!

Berikut ini arti mimpi tsunami, ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Daftar isi artikel

Masih jelas dalam ingatan kita tentang peristiwa tsunami yang terjadi di Aceh pada tahun 2004 atau tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala pada tahun 2018 silam.

Semua pemberitaan di media membuat hati turut berduka. Tsunami memang bencana alam yang dapat merenggut begitu banyak jiwa.

Lantas, apa artinya ketika kita justru bermimpi tentang tsunami? Sebenarnya, setiap malam seseorang bisa bermimpi tentang banyak hal, namun umumnya langsung terlupakan saat sudah bangun tidur.

American Sleep Association mencatat, panjang mimpi kita bervariasi, bisa hanya berlangsung beberapa detik, bahkan hingga 20 sampai 30 menit.

Baca Juga: 6 Penyebab Sering Mimpi Buruk dan Cara Mengatasinya

Arti Mimpi Tsunami

Seseorang bisa sangat mengingat mimpinya karena mengalaminya pada fase tidur REM (rapid eye movement). Jadi, ingin tahu apa arti mimpi tsunami? Simak ulasan berikut ini, ya, Moms.

1. Semangat yang Membara

semangat yang membara

Foto: vanityfair.com

Moms, tahukah bahwa dalam bahasa simbolisme spiritual, tsunami dan gelombang pasang terkait dengan elemen air dan lautan.

Air mewakili aliran emosi, intuisi, dan persepsi. Bahasa spiritual air dapat memberitahu Moms apakah sedang gelisah, bersemangat, atau tertekan dalam kehidupan. Bencana tsunami berkaitan dengan lautan. Lautan mewakili alam bawah sadar dan supernatural.

Ketika Moms bermimpi tsunami, maka terjadi ombak mengamuk tinggi, yang mana artinya mewakili kegelisahan mendalam yang terjadi pada tingkat spiritual dan energik.

Arti mimpi tsunami sering dikaitkan dengan semangat Moms yang membara dan antusias, namun dalam realitanya, fisik Moms tidak dapat bergerak maju.

Hal ini bisa terjadi ketika Moms menginginkan perubahan dalam hidup, namun dalam kenyataannya Moms hanya stagnan pada rutinitas sehari-hari.

Atau, Moms ingin meraih banyak mimpi dalam hidup ini, namun realitanya Moms tidak dapat melakukannya karena berbagai tanggung jawab yang harus dilakukan. Nah, sedang berada pada posisi mana Moms saat ini?

2. Kurang Percaya Diri

kurang percaya diri

Foto: Orami Photo Stock

Arti mimpi tsunami lainnya yaitu menandakan saat ini Moms kurang percaya diri untuk mengambil langkah besar dalam hidup.

Mengapa demikian? Ada banyak sekali faktor. Moms tidak bahagia dengan kehidupan yang sedang dijalani, namun tidak tahu harus memulai dari mana untuk mengambil perubahan.

Atau kemungkinan lainnya adalah Moms terlalu bergantung pada orang lain dan hal-hal di sekitar untuk merasa aman, tapi sebenarnya tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Lantas, apa yang harus Moms lakukan setelah mengalami mimpi ini?

Cobalah untuk lebih tegas pada diri sendiri dan orang lain. Berani untuk berkata tidak ketika memang terlalu bertolak belakang dengan prinsip yang Moms percaya.

Tidak selamanya Moms harus mengikuti kemauan orang lain atau terlalu berusaha membuat orang lain bahagia. Pada akhirnya, kebahagiaan itu datang ketika Moms menemukan kedamaian pada diri sendiri.

Baca Juga: Sering Tak Pede? Begini Cara Mengatasi Minder yang Bisa Dilakukan

3. Keluarga yang Tidak Suportif

keluarga tidak suportif

Foto: liveabout.com

Pernahkah Moms bermimpi mengalami tsunami bersama keluarga? Keluarga dalam mimpi mewakili keamanan rumah tangga, perasaan aman dan membumi, dan cinta yang datang dengan hubungan yang kuat dalam hidup Moms.

Namun, keluarga juga hadir sebagai persyaratan untuk dapat diterima oleh orang lain. Lantas, apa artinya?

Arti mimpi tsunami bersama keluarga berarti melambangkan perasaan tidak aman yang dalam yang menahan Moms untuk mengambil langkah-langkah positif dalam hidup.

Ya, terkadang justru keluarga yang bisa menghambat Moms untuk maju. Jika saat ini Moms berada di lingkungan keluarga yang suportif, maka sudah sepatutnya bersyukur.

Banyak orang yang justru terhambat untuk mengembangkan diri karena keluarganya tidak mempercayai atau terlalu menuntut banyak.

Padahal, keluarga adalah simbol keamanan, karena keluarga tidak pernah dapat meninggalkan Moms, apa pun keputusan yang diambil.

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika memiliki keluarga yang tidak suportif? Dilansir dari Psychology Today, semua kembali pada konsep ekspektasi dan realita.

Keluarga memang orang-orang yang terdekat dengan kita, namun bukan berarti mereka pasti mampu memenuhi ekspektasi kita.

Ketika keluarga juga tidak suportif, bukan berarti mereka tidak menyayangi kita. Jadi, coba carilah lingkungan yang dapat mengerti dan mendukung kita, misalnya teman terdekat.

Mendengarkan pendapat keluarga itu bukan masalah, namun tidak selamanya Moms harus setuju. Ingat, berbeda pendapat bukan berarti harus bermusuhan.

Baca Juga: Anak yang Aktif Secara Fisik Memiliki Jiwa yang Lebih Bahagia

4. Siap Menghadapi Tantangan

siap menghadapi tantangan

Foto: Orami Photo Stock

Ketika Moms mimpi selamat dari tsunami, maka hal ini bisa menjadi tanda positif.

Awalnya, Moms mungkin mencoba melarikan diri dari tsunami, disapu oleh gelombang, diombang-ambingkan, dan akhirnya mendarat kembali dengan selamat.

Ini mewakili bagian dari diri Moms yang tahu bahwa kekuatan ada karena percaya pada diri sendiri.

Arti mimpi tsunami lainnya adalah Moms akan menghadapi tantangan yang besar dalam kehidupan nyata.

Tantangan ini akan membawa perubahan besar dalam hidup Moms, tapi ada banyak hal juga yang harus dikorbankan. Misalnya saja tantangan dalam pekerjaan atau tantangan dalam membuka usaha baru.

Moms ingin menerima tantangan ini karena ingin melakukan perubahan untuk menjalani hidup yang lebih bahagia. Atau, perubahan ini mungkin dipaksakan dan mau tidak mau, Moms harus beradaptasi.

Tentunya, awalnya akan sulit untuk menjalaninya. Namun, Moms akan mampu bertahan tidak peduli seberapa besar gelombang yang datang untuk menjatuhkan.

5. Mimpi Tenggelam karena Tsunami

mimpi tenggelam karena tsunami

Foto: newsday.com

Sebaliknya, ketika Moms bermimpi tenggelam dan tidak selamat dari tsunami, maka artinya adalah Moms menyerah pada keadaan di dunia nyata.

Moms merasa tidak bersemangat, tidak berharga, tidak berdaya, dan tidak bahagia dengan apa yang dijalani saat ini, namun tidak tahu bagaimana harus mengubah keadaan tersebut.

Moms mungkin sudah memiliki semua yang diinginkan orang lain, seperti pekerjaan yang hebat, rumah yang bagus, pasangan yang setia, anak-anak yang pintar, dan lainnya.

Orang lain juga mungkin tidak melihat ada kekurangan dalam hidup Moms. Namun, jauh di lubuk hati, meskipun Moms tidak dapat menjelaskannya kepada orang lain, Moms merasa sendirian dan tidak berguna.

Hati-hati, Moms. Dilansir dari laman Good Therapy, perasaan tidak berdaya dan merasa tidak berharga ini bisa menjadi gejala dari depresi, gangguan kecemasan, atau tingkat stres yang tinggi.

Kondisi ini juga bisa dipengaruhi oleh trauma di masa lalu. Intinya, semakin lama seseorang mengalami perasaan tidak berharga, maka semakin sulit bagi mereka untuk mengatasi perasaan ini tanpa bantuan.

Jika Moms berada di posisi tersebut saat ini, apa yang harus dilakukan? Segera meminta pertolongan. Jika perlu, Moms bisa meminta pertolongan pada ahlinya, misalnya berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater.

Penting sekali untuk menjaga kesehatan mental dengan menemukan kesejahteraan dan kedamaian dalam hati.

Selain itu, tentunya membuka hati dengan orang-orang terdekat seperti pasangan adalah cara terbaik daripada harus pura-pura bahagia setiap hari.

Baca Juga: Ternyata Ini 6 Arti Mimpi Bercinta, Pernah Mengalami?

6. Mimpi Tsunami Berulang

mimpi tsunami berulang

Foto: nytimes.com

Seberapa sering Moms bermimpi tentang tsunami? Jika Moms bermimpi tentang tsunami yang berulang, maka hal ini mewakili tema berulang yang sedang diperjuangkan dalam hidup ini.

Arti mimpi tsunami berulang ini berkaitan dengan unsur air dan lautan, maka tema yang Moms sedang perjuangkan terkait dengan emosi dan spiritualitas.

Moms sangat terhubung dengan alam spiritual dan emosi serta perilaku dipengaruhi oleh energi yang diambil di alam supernatural. Artinya, kemungkinan besar Moms adalah seseorang yang sangat intuitif dan orang yang sangat sensitif.

Jika Moms pernah melihat tsunami dari atas, maka Moms terhubung dengan kekuatan yang lebih tinggi untuk membantu mereka yang membutuhkan kita selama masa-masa sulit.

Hal ini menjadi panggilan bagi Moms untuk menjangkau mereka yang berjuang selama masa emosional yang sulit.

Mereka yang dimaksud bisa saja teman terdekat Moms, pasangan, anak, teman kantor, atau anggota keluarga.

Cobalah untuk kembali mengingat siapa seseorang yang saat ini sedang berada dalam masalah tertentu atau membutuhkan dukungan.

7. Trauma di Masa Lalu

trauma di masa lalu

Foto: Orami Photo Stock

Moms, apabila sering bermimpi tsunami, maka hal ini juga bisa berkaitan dengan trauma di masa lalu.

Bisa saja, Moms mengalami kejadian yang tidak menyenangkan, sehingga masih meninggalkan luka dan trauma. Tentu saja, hal ini tidak bisa dibiarkan karena dapat memengaruhi kualitas hidup Moms.

Cobalah untuk berdamai pada masa lalu dan belajar untuk memaafkan orang lain dan diri sendiri. Dengan begitu, Moms akan lebih mudah menjalani hidup ini. Selain itu, arti mimpi tsunami yang berulang menjadi mimpi buruk bisa menjadi gejala dari PTSD (post-traumatic stress disorder).

Dilansir dari Anxiety and Depression Association of America, PTSD terjadi ketika seseorang mengalami kejadian traumatis atau menjadi saksi dari kejadian yang traumatis.

Hal ini membuat ia kembali trauma melalui ingatan yang mengganggu tentang peristiwa, kilas balik, dan mimpi buruk.

Selain itu, gejala PTSD lainnya adalah mati rasa emosional dan menghindari tempat, orang, dan aktivitas yang mengingatkan akan trauma tersebut.

Sulit tidur dan sulit berkonsentrasi, perasaan gelisah, mudah tersinggung dan marah juga bisa menjadi tanda seseorang mengalami PTSD.

Jika Moms mengalami PTSD, maka cara terbaik adalah segera berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater, karena hal ini bisa mengganggu kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 4 Cara Mengurangi Kecemasan di Tengah Pandemi COVID-19

8. Mimpi Melarikan Diri dari Tsunami

mimpi melarikan diri

Foto: thesun.co.uk

Pernahkah Moms bermimpi sedang melarikan diri dari bencana tsunami? Arti mimpi tsunami ini bisa berkaitan dengan perasaan Moms yang masih tertahan di masa lalu.

Moms ingin sekali untuk move on dan maju ke depan, namun terkadang masih sering mengingat masa lalu.

Lantas, apa yang harus Moms lakukan? Belajar untuk menerima kenyataan yang sekarang sudah dijalani. Masa lalu tidak akan bisa diubah kembali, namun biarkan menjadi kenangan yang tersimpan di hati.

Jika hati Moms masih terbelenggu dengan masa lalu, maka Moms akan kehilangan kesempatan lainnya untuk memiliki masa depan yang lebih indah.

9. Masalah dengan Pasangan

masalah dengan pasangan

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms bermimpi tenggelam karena tsunami bersama pasangan, maka hal ini berarti Moms sedang memiliki masalah dengan pasangan. Faktanya, emosi Moms dan pasangan sedang tidak stabil sehingga bisa berujung pada pertengkaran yang hebat.

Mungkin saja saat ini Moms sedang memendam emosi tersebut, namun apabila nantinya tidak dapat ditahan lagi, maka layaknya seperti gelombang tsunami, pertengkaran tidak bisa dihindari. Moms, setiap rumah tangga pasti memiliki konflik masing-masing.

Namun, memilih diam dan masalah tidak usai bukan cara yang baik. Sebaiknya, komunikasikan dengan pasangan untuk menyelesaikan konflik yang ada. Hal ini untuk menjaga agar komitmen rumah tangga akan tetap utuh selamanya.

Baca Juga: Efek Mengejutkan Trauma Emosional pada Anak

Itulah beberapa arti mimpi tsunami yang perlu diketahui. Adakah hal yang sedang Moms alami saat ini?

Artikel Terkait