Selebriti

SELEBRITI
10 Maret 2021

Tak Hanya Young Lex, 4 Artis Indonesia Ini Juga Diduga Plagiasi Idol K-Pop

Via Vallen punya konsep video yang mirip IU
placeholder

Foto: instagram.com/layzhang/young_lex18

placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Amelia Puteri

Nama Young Lex baru-baru ini kembali mencuat, namun bukan karena prestasinya, melainkan ia diduga menjadi artis plagiat K-Pop.

Bahkan, dugaan plagiasi Young Lex ini menjadi trending di Twitter Indonesia dan menjadikan nama Young Lex salah satu kata kunci paling dicari pada Selasa, 9 Maret 2021 kemarin.

Video musik terbaru Young Lex, "Raja Terakhir (The Last King)", yang baru saja dirilis menuai kecaman dari para fans Lay Zhang, anggota band K-Pop "EXO".

Pasalnya, unsur-unsur dalam video klip "Raja Terakhir" dianggap banyak meniru video klip "Lit" yang dirilis salah satu personel EXO ini, yang sudah tayang pada Juni 2020 kemarin.

Menurut penggemar, dari visual, gaya, dan koreografi dalam video musik Young Lex tersebut mirip dengan video musik Lay.

Diketahui, para fans Lay EXO melihat banyak kemungkinan plagiarisme di video klip "Raja Terakhir (The Last King)", termasuk pakaian pemeran wanita dalam video musik Young Lex.

Apalagi, dalam video "Raja Terakhir", tidak ada kredit untuk Lay EXO atau agensinya dalam deskripsi pada lagu yang dirilis untuk mempromosikan mobile game Three Kingdoms: Hero Legendaris tersebut, mengutip Kompas.com.

Dugaan plagiasi seperti yang dialami oleh Young Lex bukan pertama kali dialami artis Indonesia. Ada beberapa artis yang pernah diduga melakukan plagiasi.

Baca Juga: Fakta Julie Estelle Menikah dengan David Tjiptobiantoro, Sudah Setahun Direncanakan!

1. Via Vallen

artis plagiat K-Pop-via vallen

Foto: instagram.com/viavallen

Nama penyanyi Via Vallen tentunya tidak asing di telinga Moms, ya. Penyanyi yang merilis musik dangdut dengan konsep kekinian ini ternyata menjadi salah satu artis dengan dugaan plagiat K-Pop.

Beberapa waktu lalu, video klip Via Vallen dituduh plagiat atau meniru video klip penyanyi asal Korea Selatan IU yang berjudul "Above The Time".

Menanggapi tudingan tersebut, Via Vallen mengaku tidak banyak tahu soal video klip milik IU. Ia juga mengatakan dirinya sama sekali bukan pengemar K-Pop.

Manajemen Via Vallen juga mengatakan soal video klip milik IU tersebut tak ada hubungannya dengan Via. Semua murni ide dari sutradara.

Baca Juga: Menikah Diam-diam, Intip Kisah Cinta Julie Estelle dan David Tjiptobiantoro yang So Sweet!

2. Ayu Ting Ting

artis plagiat K-Pop-Ayu Ting-Ting

Foto: instagram.com/ayutingting92

Ayu Ting-ting juga pernah diterpa isu tak sedap karena dituduh sebagai artis plagiat K-Pop pada salah satu video klip musiknya.

Video klipnya yang berjudul "Sik Asik" disebut-sebut meniru video musik girlband asal Korea, 2NE1 yang berjudul "I’m The Best".

Dalam video 2NE1, terlihat warna hitam dan perak mendominasi dengan pengaturan pencahayaan yang sangat menonjol.

Bukan hanya itu, kostum Ayu pun dituding menjiplak gaya Park Bom, salah satu personel 2NE1. Belakangan, sutradara video klip Sik Asik mengakui jika video tersebut memang terinspirasi dari salah satu girlband Korea Selatan.

3. Reza Arap

rezaarap.jpg

Foto: instagram.com/ybrap

Youtuber Reza Arap atau Reza Oktovian juga pernah tersandung kasus plagiat pada karyanya, King (Of Tale).

Lagu yang beraliran musik rap ini dinilai terlalu mirip dengan karya member BigBang, G-Dragon (GD) yang berjudul "Bullsh*t" pada 2017 lalu.

Banyak warganet yang berkomentar jika lagu baru Reza merupakan hasil remake dari lagu GD yang sudah lebih dulu dirilis pada pertengahan tahun 2017.

Meskipun ramai dibicarakan, pihak agensi dari GD, YG Entertainment belum memberikan klarifikasi apapun tentang hal ini.

Baca Juga: Profil David Tjiptobiantoro, Suami Julie Estelle yang Ternyata Seorang Pembalap!

4. Cherrybelle

cherry belle.jpg

Foto: solopos.com

Cherrybelle juga masuk daftar artis dituding plagiat K-Pop. Sejak awal kemunculannya di dunia musik Tanah Air, girlband ini langsung mendapat predikat plagiat.

Bagaimana tidak, dari kemiripan lagu, konsep foto, hingga gaya para personelnya memang identik dengan gaya girlband Korea. Bahkan dua member SNSD, Yuri dan Seohyun disebut kecewa dengan tindakan plagiarisme yang dilakukan oleh Cherrybelle.

Menanggapi hal ini, personel Cherrybelle mengelak jika disebut sebagai plagiat, karena mereka hanya didaulat untk bernyanyi, bukan menciptakan lagu.

Itu dia Moms, daftar artis dengan dugaan plagiat K-Pop.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait