Selebriti

12 November 2020

Daftar Artis yang Pindah Warga Negara dari WNA Menjadi WNI, Siapa Saja Mereka?

Sebelum jadi WNI, Dewi Sandra sempat dideportasi dari Indonesia
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Lahir dari orang tua berbeda kewarganegaraan membuat sederet artis ini harus memilih salah satu kewarganegaraan.

Saat kecil, para artis ini memang diperbolehkan memiliki dua kewarganegaraan sesuai dengan kewarganegaraan orang tua mereka. Namun, setelah berusia 18 tahun, mereka harus memilih salah satu dari kewarganegaraan yang mereka sandang.

Karena cinta Indonesia, mereka akhirnya memutuskan untuk mengubah kewarganegaraannya, dari WNA menjadi WNI. Kebetulan, mereka juga memang tinggal dan bekerja di sini.

Kira-kira, siapa saja artis yang akhirnya memilih untuk jadi WNI? Berikut daftarnya!

Daftar Artis WNA Menjadi WNI

Baik itu mereka yang mengubah kewarganegaraannya dari WNA menjadi WNI, atau yang berhasil meniti karier di Indonesia, berikut ini daftar artis WNA yang memutuskan untuk tinggal dan menjadi warga negara Indonesia.

1. Dewi Sandra

dewi sandra

Foto: instagram.com/dewisandra

Sebelum jadi WNI, Dewi Sandra diketahui merupakan warga negara Inggris. Ayah Dewi memang merupakan WN Inggris. Dia pun kemudian mengikuti kewarganegaraan ayahnya itu.

Dewi masuk Indonesia dengan visa wisatawan, tapi dia menggunakan visa tersebut untuk bekerja. Karena hal ini, Dewi sempat terjerat kasus keimigrasian. Pada 2000, Dewi sempat dideportasi karena penyalahgunaan visa itu.

Setelah kejadian tersebut, mantan istri Surya Saputra itu memutuskan untuk mengubah kewarganegaraannya dari WNA menjadi WNI. Pertimbangan Dewi adalah karena dirinya lebih banyak menghabiskan waktu dan bekerja di Indonesia.

2. Yuki Kato

yuki kato

Foto: instagram.com/yukikt

Yuki Kato memiliki darah Jepang dari ayahnya. Karena itu juga, saat kecil, Yuki memiliki dua kewarganegaraan, yakni Indonesia dan Jepang.

Saat berusia 18 tahun, Yuki diharuskan memilih salah satu kewarganegaraan. Ia pun mengubah kewarganegaraannya dari WNA menjadi WNI. Karena tinggal dan bekerja di Indonesia, Yuki juga akhirnya memilih menjadi WNI.

Baca Juga: 5 Artis Indonesia Ini Memilih untuk Tidak Lagi jadi WNI, Alasannya Mengharukan

3. Rianti Cartwright

rianti

Foto: instagram.com/riantic

Rianti Cartwright terlahir dari ayah yang berdarah Inggris dan ibu yang berdarah Sunda. Rianti pernah bingung menentukan kewarganegaraan.

Namun, karena melakukan lebih banyak kegiatan di Indonesia, Rianti akhirnya lebih memilih mengubah kewarganegaraannya dari WNA menjadi WNI.

4. Olivia Jensen Lubis

olivia jensen

Foto: instagram.com/oliviajensen

Olivia Lubis Jensen lahir dari ayah berdarah Denmark dan ibu berdarah Indonesia. Ia juga termasuk artis mengubah kewarganegaraannya dari WNA menjadi WNI.

Olivia kecil memiliki dua kewarganegaraan, yakni Denmark dan Indonesia. Saat beranjak dewasa, ia kemudian memilih untuk jadi WNI. Keputusannya itu diambil karena Olivia lebih banyak berkegiatan di Indonesia.

5. Aurelie Moeremans

aurelie moeremans

Foto: Instagram.com/aurelie

Si cantik Aurelie Moeremans juga ternyata pernah memiliki dua kewarganegaraan lho, Moms. Aurelie ternyata punya darah Belgia dari ayahnya dan Indonesia dari ibunya.

Saat kecil, Aurelie lahir dan pernah tinggal di Belgia hingga remaja. Ia pun juga mengubah kewarganegaraannya dari WNA menjadi WNI.

Dia kemudian pindah ke Indonesia dan mulai berkarir di dunia hiburan. Karena alasan itu juga, Aurelie kemudian memutuskan untuk jadi WNI pada 2014.

Baca Juga: 7 Anak Artis Indonesia dengan Nama Unik, Bisa Jadi Inspirasi!

6. Kimberly Ryder

kimberly ryder

Foto: instagram.com/kimberlyryder

Kimberly Ryder juga sempat bingung memutuskan kewarganegaraan. Tetapi, ia memutuskan untuk mengubah kewarganegaraannya dari WNA menjadi WNI.

Ayahnya merupakan warga negara Inggris sementara ibunya asli Indonesia. Saat beranjak dewasa, Kimberly memutuskan untuk jadi WNI. Meskipun sudah jadi WNI, Kimberly cukup sering berkunjung ke Inggris.

Dia ternyata ke Inggris untuk menyelesaikan kuliahnya. Kini, dia sudah berhasil lulus program sarjana dan pascasarjana di universitas di Inggris.

7. Susan Sameh

susan sameh

Foto: Instagram.com/susansameeh

Susan Sameh terlahir dari seorang ibu berdarah Indonesia, China, dan Belanda. Sedangkan ayahnya merupakan keturunan Mesir. Di usianya yang ke-20, dia memutuskan untuk mengubah kewarganegaraannya dari WNA menjadi WNI.

Susan Sameh memilih jadi WNI karena dia merasa bangga dan jatuh cinta pada Indonesia. Pilihan tersebut berasal dari dirinya sendiri, tanpa ada paksaan.

8. Irish Bella

irish bella

Foto: instagram.com/_irishbella_

Irish Bella lahir dari kedua orang tua yang memiliki asal negara berbeda. Sang ibu, Susanti Arifin merupakan wanita asli Indonesia. Sementara itu, sang ayah, Johan de Beule merupakan seorang yang berasal dari Belgia.

Lahir dan besar di Indonesia, membuat Irish memilih untuk mengubah kewarganegaraannya dari WNA menjadi WNI. Di samping itu, karier Irish di Indonesia pun terbilang sukses.

Ia dikenal sebagai seorang aktris yang telah membintangi berbagai film layar lebar dan sinetron.

Baca Juga: Tidak Takut Patah Hati, 7 Artis Perempuan Ini Sudah Dua Kali Bercerai

9. Ari Wibowo

ari wibowo

Foto: istagram.com/ariwibowo_official

Lahir dan sempat menetap di Jerman, membuat Ari Wibowo sempat memiliki kewarganegaraan Jerman. Namun, setelah dewasa, Ari pun lebih memilih untuk menjadi WNI dan menanggalkan kewarganegaraan Jermannya.

Hal tersebut dilakukan Arie lantaran sang ayah merupakan seorang pejuang kemerdekaan. Jiwa nasionalisme yang begitu kuat, akhirnya membuat Ari mengubah kewarganegaraannya dari WNA menjadi WNI.

Berbeda dengan ayah Ari yang merupakan seorang WNI, sang ibu, Sibylle Ollmann ternyata merupakan wanita berkebangsaan Jerman.

10. Mike Lucock

mike lucock

Foto: instagram.com/mike_lucock

Meskipun lahir di Jakarta, tapi aktor Mike Lucock tumbuh besar di Selandia Baru, negara asal sang ayah. Hal tersebut membuat pria yang memulai karirnya sebagai Video Jockey ini pun memiliki status kewarganegaraan Selandia Baru.

Setelah beranjak dewasa, tepatnya 2008 silam, Mike pun memutuskan untuk mengubah kewarganegaraannya dari WNA menjadi WNI.

11. Sacha Stevenson

WNI menjadi WNA-Sacha Stevenson

Foto: instagram.com/sacha_stevenson

Sacha Stevenson merupakan seorang komedian dan YouTuber yang terkenal di Indonesia. Menjadi sosok perempuan dengan rambut keriting, Sacha berkebangsaan Kanada dan Indonesia.

Sacha lahir dan besar di Kanada, lalu pindah ke Indonesia untuk menjadi guru bahasa Inggris. Namanya pun menjadi terkenal sebagai sosok pecinta lingkungan di "Bule on Blades" dan membuat vlog How to Act Indonesian.

Tetapi, kini Sacha Stevenson tinggal di Bali bersama dengan keluarga kecilnya.

Baca Juga: 6 Artis yang Hobi Pelihara Binatang, Mulai dari Kucing Hingga Harimau!

12. Katty Butterfly

WNI menjadi WNA-Katty Butterfly

Foto: instagram.com/dj_kattybutterfly36

Moms mungkin sudah tahu tentang Katty Butterfly, sosok DJ yang awalnya terkenal di Indonesia sebagai seorang DJ seksi. Perempuan asli Thailand ini dikenal sebagai wanita yang sensual dan kerap menjadi perbincangan kaum lelaki.

Tetapi, ia sendiri sudah tinggal lama di Indonesia, dan Katty mulai tampil sebagai bintang tamu di berbagai acara televisi. Ia pun menjadi artis lain yang terkenal merintis karier di Indonesia.

Sekarang, Katty sudah tinggal di Indonesia, bersama dengan keluarga kecilnya.

13. Lee Jeong Hoon

WNI menjadi WNA-Lee Jeong Hoon

Foto: instagram.com/leejeonghoon

Lee Jeong Hoon juga menjadi artis WNI yang sukses merintis karier di Indonesia, meskipun belum diketahui apakah ia sosok WNA menjadi WNI.

Awalnya, ia dikenal sebagai penyanyi dan tergabung di boyband Hitz, ia pun langsung mencuri perhatian karena penampilannya yang tampan seperti sosok anggota boyband Korea Selatan.

Hijrah ke Indonesia dan lepas dari Hitz, Lee merambah dunia akting dan presenter. Ia pun sering muncul di banyak acara televisi Indonesia.

14. Miller Khan

WNI menjadi WNA-Miller Khan

Foto: instagram.com/miller_khan

Miller Khan juga menjadi sosok WNA yang berhasil merintis karier di Indonesia, meskipun belum diketahui pasti apakah ia pindah dari WNA menjadi WNI.

Wajah tampannya pertama kali menyedot perhatian saat menjadi lawan main Sissy Prescillia di film "Cintapuccino." Setelah itu, Miller harus bolak-balik dari Malaysia ke Indonesia untuk meneruskan kariernya sebagai aktor dan model.

Miller merupakan warga negara Malaysia dengan darah Melayu, Tionghoa, dan Arab. Saat ini, ia telah membintangi banyak sinetron, video musik, dan film.

Baca Juga: 6 Artis yang Hobi Bersepeda, Ada yang Suka Sejak Kecil!

15. Hannah Al Rashid

WNI menjadi WNA-Hannah Al Rashid

Foto: instagram.com/hannahalrashid

Terakhir, ada Hannah Al Rashid yang juga dikenal sebagai aktris, model, dan presenter di Indonesia. Sosoknya juga dikenal sebagai artis yang berhasil meniti karier di dunia hiburan Indonesia.

Hannah pertama kali mencuri perhatian saat menjadi model di video musik band "Yovie & The Nuno," selain itu, ia sempat menjadi guest VJ di MTV.

Awalnya Hannah pindah dari London ke Indonesia untuk bekerja di United Nations Development Program (UNDP). Namun, takdirnya membuat dirinya mendirikan karier di Indonesia.

Tetapi, Hannah juga punya darah Indonesia. Ayahnya adalah seorang guru pencak silat, dan ia sendiri bahkan sempat menjadi atlet pencak silat di timnas Inggris.

Itulah beberapa artis yang akhirnya memutuskan mengubah kewarganegaraannya dari WNA menjadi WNI. Keputusan yang tidak mudah lho, Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait