Selebriti

SELEBRITI
16 Desember 2020

Kaleidoskop 2020: 14 Artis Ini Terjerat Kasus Narkoba, Ada yang Jalani Rehab Hingga Dipenjara

Beberapa mereka yang tertangkap sudah bebas usai rehabilitasi
placeholder

Foto: instagram.com/cathrinewilson/roykiyoshi

placeholder
Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Amelia Puteri

Tahun ini memang cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena pandemi COVID-19 yang melanda di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Namun, siapa sangka ada beberapa artis yang tersangkut kasus narkoba, dan bahkan ada beberapa artis yang mengaku menggunakan narkoba karena pandemi.

Menuju akhir tahun, yuk simak daftar artis yang tertangkap narkoba 2020 berikut ini, Moms.

1. Nanie Darham

nanie darham.jpg

Foto: medcom.id

Polda Metro Jaya menangkap pemeran "Air Terjun Pengantin" ini pada 4 Februari, di apartemen Verde Tower, Kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Polisi menyita barang bukti berupa 0,88 gram sabu saat mengamankan Nanie.

Kepada polisi, Nanie mengaku telah menjadi pengedar narkoba jenis kokain sejak setahun lalu.

Dia bisa menjual narkoba jenis tersebut seharga Rp 4 juta per gram melalui media sosial. Nanie kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Kaleidoskop 2020: Daftar Artis yang Meninggal Mulai dari Ashraf Sinclair, Glenn Fredly, Hingga Barli Asmara

2. Lucinta Luna

lucintaluna.jpg

Foto: Instagram/lucintaluna

Lucinta Luna yang memiliki nama asli Muhammad Fatah ini diamankan polisi pada 11 Februari 2020. Polisi menemukan pil ekstasi dan obat penenang saat penangkapan.

Menjadi artis yang tertangkap narkoba 2020, hingga kini kasus Lucinta masih bergulir. Pada awal penangkapan, sempat terjadi kehebohan di sel mana Lucinta harus ditahan.

3. Aulia Farhan

auliafarhan.jpg

Foto: Google

Aulia Farhan juga masuk dalam daftar artis yang tertangkap narkoba 2020. Ia diamankan polisi pada 20 Februari.

Polisi mengamankan satu paket sabu dan satu plastik kosong bekas pakai dari pemain FTV dan bintang sinetron tersebut. Setelah menjalani pemeriksaan, Farhan mengaku kalau sudah enam bulan mengonsumsi sabu saat ditangkap.

4. Vitalia Shesya

vitalia seshya.jpg

Foto: Instagram/vitaliashesyareal

Vitalia Shesya diamankan polisi pada 24 Februari. Ia diketahui diamankan bersama barang pil ekstasi, sabu, dan pil happy five.

Penangkapan ini bukan yang pertama bagi Vitalia, dirinya pernah ditangkap karena narkoba juga pada 2015. Tidak heran karena sudah pernah sebelumnya, pada penangkapan dan pemeriksaan kali ini Vitalia terlihat sangat santai.

Baca Juga: Kaleidoskop 2020: 16 Pasangan Artis yang Menikah 2020, Ada Isyana Sarasvati, Tata Janeeta, Hingga Sule

5. Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah

vanessa.jpg

Foto: Instagram/vanessaangelofficial

Vanessa Angel dan Bibi ditangkap di Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat, di kediaman baru mereka. Vanessa yang kala itu tengah hamil, terbukti negatif narkoba, namun Bibi positif.

Vanessa yang bahkan juga sudah berhenti merokok ini ditangkap bersama sang suami dan 20 butir psikotropika jenis xanax. Meski begitu, saat ini Vanessa yang justru ditahan.

6. Reza Alatas

rezaalatas.jpg

Foto: popbela.com

Reza Alatas diamankan polisi pada 10 April bersama satu klip sabu dan alat isap alias bong. Akibat perbuatannya, Reza Alatas disangkakan pasal 112 subsider 127 UU No. 2009 tentang narkotika.

Menjadi artis yang tertangkap narkoba 2020, dirinya terancam pidana paling singkat 5 tahun, dan maksimal 12 tahun penjara. Pesinetron berusia 29 tahun itu juga pernah ditangkap pada 2018 bersama rekannya, Riza.

7. Tio Pakusadewo

tio-pakusadewo-2-f08631.jpg

Foto: Google

Tio Pakusadewo kembali ditangkap polisi pada 14 April 2020, bersama satu paket ganja beserta alat isap seberat 18 gram. Akibat hal tersebut, Tio diancam hukuman penjara hingga 20 tahun.

Sebelumnya pada tahun 2017, Tio pernah ditangkap karena kasus serupa, dengan vonis sembilan bulan penjara dan rehabilitasi.

Baca Juga: 8 Artis yang Terjerat Kasus Narkoba di Tahun 2020

8. Naufal Samudra

naufalsamudra kompascom.jpg

Foto: kompas.com

Pada hari yang sama saat penangkapan Tio, Polres Metro Jakarta Barat menangkap artis peran Naufal Samudra.

Aktor yang berusia 20 tahun ini ditangkap atas dugaan penyalahgunaan narkotika jenis ganja sintetis yang dimasukkan ke liquid rokok elektrik atau vape.

Naufal ditangkap di rumahnya di kawasan Jakarta Selatan pada 14 Maret 2020. Kepada polisi, Naufal mengaku menggunakan ganja sintetis untuk membantu dirinya lebih tenang dan rileks saat hendak tidur.

Berdasarkan test urin awal, hasil tes menyatakan Naufal negatif penggunaan narkoba.

Meskipun demikian, penyidik Polres Metro Jakarta Barat tetap menahan Naufal karena merujuk pada UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

9. Roy Kiyoshi

roy kiyoshi artis narkoba 2020

Foto: Instagram/roykiyoshi

Roy Kiyoshi juga masuk dalam artis yang tertangkap narkoba 2020. Dirinya diamankan polisi pada 7 Mei 2020 di kediamannya. Saat proses penangkapan, ditemukan 21 butir pil psikotropika. Hasil tes urine Roy juga positif benzodiazepine.

Roy sempat mengungkapkan kalau hal ini sudah diramalkan oleh dirinya sendiri. Menurutnya, dia sudah tahu akan tertimpa kemalangan.

Roy telah menghembuskan udara segar setelah menjalani rehab pada Oktober awal.

10. Dwi Sasono

widimuliadwisasono.jpg

Foto: Instagram/widimulia

Dwi Sasono ditangkap polisi atas dugaan penyalahgunaan narkoba yaitu kasus kepemilikan ganja. Atas kasus penyalahgunaan narkoba, aktor berusia 40 tahun ini sudah resmi ditahan di Polres Metro Jakarta Selatan.

Enam bulan menjalani rehabilitasi, Dwi Sasono resmi bisa pulang dan bertemu keluarganya pada 27 November 2020.

Baca Juga: Cerita Widi Mulia Tentang Dwi Sasono yang Masuk Rehab, Butuh Dua Minggu untuk Berdamai!

11. Reza Artamevia

reza artamevia 1.jpg

Foto: Instagram/riomotret

Tidak hanya Dwi Sasono yang menyebutkan dirinya menggunakan narkoba karena berada di rumah, tetapi begitu juga dengan penyanyi Reza Artamevia.

Reza ditangkap di kawasan Jakarta Timur untuk membeli barang haram tersebut.

Saat penangkapan, polisi mendapatkan barang bukti berupa satu klip sabu seberat 0,78 gram dalam tas yang digunakan Reza.

Kemudian, polisi menggeledah rumah Reza di kawasan Cirendeu, Tangerang Selatan dan mendapatkan satu paket alat hisap sabu, bong atau alat hisap dan korek api yang bisa digunakan.

12. Cathrine Wilson

viralCatherine Wilson .jpg

Foto: Instagram/cathrinewilson

Cathrine Wilson juga masuk dalam artis yang tertangkap narkoba 2020. Ia ditangkap polisi karena mengonsumsi narkoba. Wanita yang disapa Keket ini ditangkap di kediamannya di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dalam penangkapan itu, polisi menemukan sejumlah barang bukti di dalam tas, yaitu dua klip berisi sabu seberat 0,66 gram dan 0,43 gram, serta satu buah alat hisap bong.

Pada keterangan yang disampaikan polisi, model sekaligus aktris senior itu mengaku telah mengkonsumsi sabu selama dua bulan.

13. Millen Cyrus

millen cyrus artis narkoba 2020

Foto: Instagram/millencyrus

Millen Cyrus, keponakan Ashanty ditangkap di sebuah hotel di Jakarta Utara pada Minggu, 22 November 2020. Polisi mengamankan barang bukti sabu-sabu seberat 0,3 gram dan alat isap.

Hasil tes urine Millen Cyrus pun positif narkoba. Ashanty sangat menyayangkan hal tersebut dan akan mendukung serta mendoakan Millen meski belum sempat menjenguk keponakannya tersebut.

Baca Juga: Selain Iyut Bing Slamet, 5 Selebriti Ini Juga Terkena Kasus Narkoba saat Pandemi

14. Iyut Bing Slamet

Iyut bing Slamet

Foto: Instagram/iyut.bing7

Terakhir, ada Iyut yang ditangkap Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Metro Jakarta Selatan di rumahnya di kawasan Kramat Sentiong, Johar Baru, Jakarta Pusat, pada Kamis, 3 Desember malam.

Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan menyita barang bukti alat hisap sabu-sabu, dua korek gas dan paper clip bekas penyimpanan sabu-sabu yang sudah digunakan dari rumah Iyut.

Hasil pemeriksaan urin Iyut menunjukkan dirinya positif narkoba, yakni mengandung metamfetamine.

Dari keterangan yang diterima, Iyut ternyata menggunakan narkoba sejak 2004. Meski begitu, hasil putusan menunjukkan Iyut Bing Slamet akan direhabilitasi.

Itu dia Moms, daftar artis yang tertangkap narkoba 2020.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait