Bayi

BAYI
3 Mei 2020

Asah Kemampuan Menunjuk Pada Bayi, Ini Manfaatnya!

Kemampuan menunjuk pada bayi dapat memaksimalkan perkembangan bahasa Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Banyak cara yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu bayi mencapai tahap perkembangan tertentu. Salah satunya dengan memaksimalkan kemampuan menunjuk pada bayi.

Karena pergerakan tangan yang terlihat hanya sebagai pelengkap saat berbicara ini, rupanya dapat membantu mengasah keterampilan bahasa Si Kecil di kemudian hari.

Penelitian Tentang Kemampuan Menunjuk Bayi

1 Penelitian Membuktikan.jpg

Foto: Kenny Krosky – Unsplash.com

Peneliti dari University of Chicago, yaitu Meredith Rowe dan Susan Goldin-Meadow mencoba meneliti sekitar 50 keluarga muda dari berbagai latar belakang sosial ekonomi yang berbeda.

Penelitian ini menginvestigasi alasan mengapa sebagian anak dapat lebih cepat memiliki kemampuan berbahasa dibanding anak lainnya. Caranya, dengan memonitor saat anak usia 14 bulan bermain dengan orang tua mereka selama satu setengah jam.

Para peneliti mencatat penggunaan kata dan pergerakan yang digunakan selama waktu tersebut, termasuk kemampuan menunjuk pada bayi. Selanjutnya, saat bayi tersebut berusia empat setengah tahun, mereka diberi test kosakata untuk menilai kemampuan bahasa mereka.

Baca Juga: 5 Cara Stimulasi Kemampuan Indra Bayi

Pentingnya Kemampuan Menunjuk pada Bayi

2 Pentingnya Menunjuk.jpg

Foto: Photo by 🇻🇪 Jose G. Ortega Castro 🇲🇽 on Unsplash

Hasil dari penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Science (ncbi.nlm.nih.gov) ini menemukan bahwa orang tua yang memiliki tingkat pendidikan lebih baik menggunakan lebih banyak gerak tubuh, termasuk melakukan gerakan menunjuk, sehingga juga mengasah kemampuan menunjuk pada bayi dengan berbagai cara.

Anak dari keluarga yang berpendidikan lebih baik, menggunakan gerakan untuk menyampaikan 24 arti yang berbeda selama sesi bermain. Sedangkan keluarga yang memiliki tingkat pendidikan lebih rendah menggunakan gerak tubuh hanya 13 kali untuk menyampaikan atau menjelaskan sesuatu.

Penelitian ini juga menemukan, saat anak dalam penelitian ini masuk sekolah, anak yang menggunakan gerak tangan lebih banyak saat masih kecil memiliki nilai test bahasa 26% lebih tinggi dibanding anak lainnya.

“Saat usia 14 bulan, anak-anak berada pada tahap awal perkembangan bahasa, dimana mereka hanya dapat berbicara sedikit kata. Kami tidak melihat perbedaan dalam bahasa yang diucapkan, tapi kami melihat adanya perbedaan pada gerak tubuh dan menurut kami itu sangat menarik,” ungkap salah satu peneliti, Meredith Rowe, seperti dikutip dari theguardian.com.

Baca Juga: Kemampuan Motorik Bayi Terlambat Berkembang? Mungkin Ini Penyebabnya

Kemampuan Menunjuk Pada Bayi

3 Kemampuan Menunjuk Pada Bayi.jpg

Foto: freepik.com

Pada awalnya, bayi hanya akan melihat Moms atau Dads ketika sedang menunjuk. Saat mulai bertambah usia, bayi baru akan melihat jari Moms yang sedang menunjuk. Baru sekitar usia sembilan bulan, sebagian besar bayi mulai memiliki kemampuan menunjuk pada bayi dan memperhatikan sesuatu yang Moms tunjuk.

Sekitar sembilan atau 10 bulan, bayi baru akan membawa benda untuk ditunjukkan pada Moms. Untuk membangun kemampuan menunjuk pada bayi, profesor psikologi dari BYU, Ross Flom menyarankan untuk lebih sering menunjuk ke arah sesuatu dan mendefinisikan objek yang Moms tunjuk.

“Tunjuk itu, bicaralah mengenai itu, dan jabarkan mengenai hal itu,” ungkap Ross Flom, seperti dikutip dari babycenter.com. Cara ini akan memaksimalkan perkembangan sosial, kognitif, dan bahasa Si Kecil.

Baca Juga: Ketahui Tahapan Kemampuan Bayi Menggenggam

Dengan mengasah kemampuan menunjuk pada bayi sejak dini, maka akan mendatangkan keuntungan dalam beberapa aspek perkembangan Si Kecil di kemudian hari.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait