Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Rupa-rupa | Jul 19, 2018

Asal Usul Boneka Matryoshka dari Rusia, Ternyata Bukan Sekadar Boneka Cantik

Bagikan


Pernahkah Moms mendengar tentang boneka matryoshka? Mungkin sebagian besar orang-orang familiar dengan wujudnya, tetapi tidak dengan namanya.

Matryoshka merupakan boneka khas Rusia yang dapat diisi dengan bentuk boneka-boneka yang sama namun dengan ukuran yang lebih kecil. Nama "matryoshka" sendiri diambil dari nama "Matryona", yang merupakan nama dari seorang wanita yang bertubuh gemuk.

Model dari boneka matryoshka ini dapat bervariasi dari mulai karakter dongeng sampai para pemimpin Soviet. Tak hanya sekadar boneka cantik, ternyata asal usul boneka matryoshka sangat menarik, lho! Yuk simak!

Sejarah Boneka Matryoshka

foto: matryoshka.biz

Pada akhir abad 19 di Rusia, seorang pelukis bernama Sergey Malyutin membuat sebuah sketsa matryoshka dan meminta bantuan Vasiliy Zvyozdochkin, seorang pengrajin kayu untuk membuatnya.

Malyutin kemudian mengecat boneka tersebut menjadi sosok gadis manis yang menggunakan pakaian tradisional Rusia lengkap dengan kerudungnya dan pernak pernik khas lainnya.

Matryoshka sebagai kerajinan khas Rusia kemudian menjadi sangat populer setelah diperkenalkan pada Pameran Dunia di Paris pada tahun 1900. Sejak saat itulah boneka matryoshka diproduksi secara besar-besaran di Sergiyev Posad yang merupakan wilayah di kota Moskwa. Hingga kini daerah tersebut telah menjadi pusat kerajinan matryoshka di Rusia.

Matryoshka mulai mengembangkan identitasnya di Rusia berkat seorang industrialis Savva bernama I. Mamontov. Mamontov juga merupakan pelindung seni dan percaya pada ekspresi artistik tradisional dan nasionalistik.

Ia mendirikan sebuah studio seni di perkebunan Abramtsevo-nya di dekat Moskow. Studio ini juga merupakan inovasi dan merupakan yang pertama dari sejumlah "unit artistik" di seluruh negeri di mana pengrajin tradisional dan seniman profesional bekerja sama untuk melestarikan keterampilan, teknik, dan tradisi seni rakyat Rusia termasuk mainan petani.

Saudara laki-laki Mamontov, Anatoly Ivanovich Mamontov (1839-1905) menciptakan Lokakarya Pendidikan Anak-anak untuk membuat dan menjual mainan anak-anak.

Set matryoshka Rusia pertama yang dikerjakan oleh Vassily Zviozdochkin dan dilukis oleh Sergei Maliutin dibuat di Workshop Pendidikan Anak-anak dan menunjukkan seorang ibu membawa ayam jago merah-dalam adalah tujuh anaknya, yang terkecil adalah bayi tidur yang dibundel.

Baca Juga: 5 Boneka Menyeramkan yang Ada di Film Horor, Berani Punya? 

Arti Boneka Matryoshka

foto: matryoshka.biz

Dalam bahasa Rusia, kata matryoshka secara harfiah berarti "sipir kecil" dan juga merupakan pemendekan akrab nama umum Matryona atau Matriosha, nama-nama populer di kalangan kaum tani perempuan Rusia lama.

Boneka matryoshka adalah simbol dari babushka Rusia, seorang ibu pemimpin perempuan yang kuat dan tokoh sentral dalam keluarga Rusia.

Bentuk boneka matryoshka lebar dan penuh figur, seperti tubuh wanita yang telah melahirkan banyak anak.

Bahkan bisa dikatakan bahwa bentuk boneka Matryoshka bulat dan memanjang seperti telur, simbol kesuburan dan reproduksi populer sejak zaman kuno. Seperti telur, dari kehidupan boneka matryoshka yang menumpuk muncul dalam bentuk simbolis.

Boneka bersarang terbesar melahirkan yang lebih kecil, seperti nenek atau babushka memberikan kehidupan kepada generasi muda keluarganya, dilambangkan melalui keluarga penuh susun boneka dengan ukuran yang mengecil. Nah, apakah Moms tertarik untuk mengoleksi boneka matryoshka?

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.