Kesehatan

29 Juni 2021

7 Manfaat Asam Folat untuk Pria, Mampu Meningkatkan Sperma hingga Mencegah Kebotakan

Sama-sama harus memperbanyak konsumsi asam folat ya Dads!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Dads, selain untuk calon ibu hamil ternyata mengonsumsi asam folat untuk pria sama pentingnya lho.

Asam folat adalah vitamin B kompleks yang memiliki fungsi penting dalam memproduksi sel-sel baru di tubuh untuk pengembangan sel darah merah dan produksi DNA.

Asam folat secara teknis mengacu pada bentuk sintetis folat baik dalam makanan yang diperkaya atau suplemen vitamin.

Melansir Congenital Anomalies, calon ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak asupan asam folat agar mencegah risiko kecacatan pada otak dan saraf bayi.

Moms disarankan mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari sejak saat menjalani program hamil hingga sepanjang trimester pertama.

Kebutuhan asam folat atau folat pada wanita usia subur sudah diketahui. Namun, bisakah asam folat meningkatkan kesuburan pria? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini.

Baca Juga: 11 Sayuran yang Mengandung Asam Folat, Bisa Cegah Berbagai Penyakit!

Mengapa Penting Asam Folat untuk Pria?

asam folat

Foto: pexel.com

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh para ahli dari University of California di Berkeley, kelompok pria yang sehari-hari mengonsumsi asam folat lebih sedikit (dibandingkan kelompok pria lain), memiliki tingkat kromosom abnormal yang lebih tinggi pada sperma mereka.

Melansir Journal of Experimental & Clinical Assisted Reproduction, sebuah penelitian menganalisis sampel sperma dari 89 pria dan mewawancarai mereka tentang asupan makan dan suplemen harian mereka.

Pria yang mengonsumsi antara 722 dan 1.150 mikrogram asam folat memiliki penurunan risiko sperma abnormal sebesar 20-30 persen.

Dengan demikian, mengonsumsi asam folat untuk pria mampu mencegah timbulnya abnormalitas pada sperma.

Abnormalitas pada sperma dapat membahayakan kehamilan karena ketika sperma dengan kromosom abnormal membuahi sel telur, terdapat kemungkinan terjadi keguguran atau bayi akan terlahir cacat.

Lebih dari separuh kejadian keguguran trimester pertama disebabkan oleh adanya kromosom abnormal pada embrio.

Kadar folat yang diukur dalam air mani telah dikaitkan dengan jumlah sperma dan kesehatan.

Kadar folat yang rendah dalam air mani dikaitkan dengan stabilitas DNA sperma yang buruk. Dari sini, kita dapat belajar bahwa asam folat untuk pria memainkan peran penting dalam kesehatan sperma.

Baca Juga: Manfaat Makanan Sumber Asam Folat untuk Ibu Menyusui dan Bayi

Manfaat Asam Folat untuk Pria

Asam folat untuk pria tidak hanya mendukung kesuburan dan reproduksi, tetapi juga memiliki berbagai manfaat lain, seperti:

1. Mengatasi Depresi

depresi

Foto: Orami Photo Stock

Melansir Journal of Psychiatric Research, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gangguan kesehatan mental, seperti depresi memiliki kadar folat darah yang lebih rendah daripada orang tanpa depresi.

Ulasan lain yang mencakup 6 studi dan 966 orang, menemukan bahwa mengonsumsi suplemen asam folat untuk pria bersama obat antidepresan dapat mengurangi gejala depresi secara signifikan lebih banyak daripada hanya minum obat antidepresan saja.

2. Membantu Kesehatan Jantung

Salah satu faktor risiko penyakit jantung dan stroke adalah kadar homosistein dalam darah yang tinggi, asam amino yang merupakan produk sampingan dari pencernaan protein

Melengkapi dengan asam folat untuk pria telah dikaitkan dengan pengurangan faktor risiko penyakit jantung, termasuk peningkatan kadar homosistein. Terlebih lagi, asam folat untuk pria dapat membantu mengurangi tekanan darah dan membantu aliran darah.

3. Membantu Pertumbuhan Rambut

Rambut rontok pria

Foto: Orami Photo Stock

Rambut rontok dan uban sering terjadi pada pria, terutama seiring bertambahnya usia.

Banyak suplemen dan vitamin di pasaran ditujukan untuk mendorong pertumbuhan kembali rambut dan mencegah uban, termasuk asam folat.

Salah satu alasan mengonsumsi asam folat untuk pria sangat penting karena meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat, yang juga berlaku untuk sel-sel yang ditemukan di rambut.

Baca Juga: 7 Makanan yang Harus Dikonsumsi Pria untuk Meningkatkan Kesuburan

4. Membantu Kesehatan Otak

Melansir Psychiatry Investigation, kadar folat darah yang rendah dikaitkan dengan fungsi otak yang buruk dan peningkatan risiko demensia. Bahkan kadar folat yang normal tetapi rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan mental pada orang dewasa yang lebih tua.

Suplemen asam folat untuk pria dapat meningkatkan fungsi otak pada mereka yang memiliki gangguan mental dan membantu mengobati penyakit Alzheimer.

5. Mencegah Diabetes

Diabetes

Foto: Orami Photo Stock

Suplemen berbasis folat dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah, mengurangi resistensi insulin, dan meningkatkan fungsi kardiovaskular pada mereka yang menderita diabetes.

Suplemen asam folat untuk pria ini juga dapat membantu mengurangi komplikasi diabetes, termasuk neuropati.

6. Peradangan

Asam folat dan suplemen folat untuk pria telah terbukti mengurangi penanda inflamasi, termasuk protein C-reaktif (CRP). Tak hanya itu, suplemen asam folat juga terbukti mencegah peradangan.

7. Pengobatan Defisiensi Folat

pria.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kekurangan folat dapat terjadi karena berbagai penyebab, termasuk asupan makanan yang tidak memadai, pembedahan, alkoholisme, dan penyakit malabsorpsi.

Kekurangan dapat mengakibatkan efek samping yang serius, termasuk anemia, megaloblastik, cacat lahir, gangguan mental, gangguan fungsi kekebalan tubuh, dan depresi.

Baik asam folat dan suplemen folat digunakan untuk mengobati defisiensi folat.

Baca Juga: Ingin Program Hamil? Berikut Tes Kesuburan Bagi Wanita dan Pria

Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Pria

Asam folat adalah vitamin yang larut dalam air, yang berarti harus diganti setiap hari di dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pastikan untuk mengonsumsi suplemen setiap hari.

Kebanyakan pria memenuhi kebutuhan folat harian mereka melalui diet saja, tetapi suplemen dapat membantu memenuhi asam folat untuk pria.

Nah Dads, agar tidak bingung memilih produk asam folat untuk pria, berikut ini rekomendasi yang bisa dipertimbangkan.

1. Folavit (Rp12.000)

Folavit suplemen asam folat

Suplemen asam folat untuk pria yang pertama ada folavit. Suplemen ini memiliki kandungan asam folat yang tinggi, sehingga dapat mengobati anemia megaloblastik dan makrositik akibat defisiensi atau kekurangan asam folat .

Dads bisa mengonsumsi folavit setiap hari 1-2 tablet per hari dan dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

2. Sundown Naturals Folic Acid (Rp225.000)

Sundown Naturals Folic Acid

Suplemen Sundown Naturals Folic Acid tidak hanya memiliki kandungan asam folat tetapi juga terdapat omega 3.

Selain itu, terdapat 19 bahan yang dibutuhkan tubuh termasuk kelompok lengkap B + mineral. Vit-A adalah sumber 100% karoten yang aman.

Kandungan suplemen asam folat untuk pria ini dipercaya akan membuat tubuh menjadi kuat dan tidak mudah lelah.

Dalam satu kemasan suplemen Sundown Naturals Folic Acid, terdapat 350 tablet (400 mcg) atau 100 tablet (800 mcg). Dads bisa mengonsumsi 2 kapsul per hari.

3. Blackmores Conceive Well Men (Rp350.000)

Blackmores Conceive Well Men.jpg

Produk Blackmores tidak hanya untuk wanita saja. Blackmores Conceive Well Men diformulasikan dengan kombinasi nutrisi terbaru yang akan menjaga kesehatan sperma dan asam folat untuk pria.

Kandungan Coenzyme Q10 memainkan peran penting pada produksi energy sel sperma dan pergerakannya. Tak hanya itu, kandungan Zinc dan Selenium di dalamnya juga sangat penting untuk produksi sperma normal dan kesuburan laki-laki.

Baca Juga: Benarkah Mengonsumsi Suplemen Testosteron Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria?

4. Now Foods (Rp325.000)

Now Foods

Salah satu suplemen asam folat untuk pria yang banyak digunakan adalah Now Foods Folic Acid.

Asam folat dalam satu tablet Now Foods adalah sebanyak 800 mcg. Selain asam folat, Now Foods Folic Acid juga mengandung vitamin B-12 25 mcg.

Tak hanya itu, kandungan vitamin D-3 dan K2 bekerja bersama untuk meningkatkan kesehatan gigi, tulang, jantung, dan sistem peredaran darah.

Suplemen asam folat untuk pria ini sangat mudah diserap sehingga tubuh tidak akan kesulitan mengaksesnya. Kapsulnya juga mudah rusak di perut dan akan masuk ke metabolisme dengan cepat.

5. Afolat (Rp7.500)

Afolat

Dads, meskipun sering suplemen ini sering digunakan untuk ibu hami tetapi juga bisa sebagai pemenuhan asam folat untuk pria. Suplemen afolat digunakan sebagai terapi penunjang pada pengobatan anemia megaloblatik.

Afolat juga dapat meningkatkan jumlah sel darah merah. Peningkatan jumlah sel darah merah bisa meningkatkan jumlah oksigen, sehingga baik untuk sistem pernapasan.

Dads bisa mengonsumsi suplemen asam folat untuk pria ini satu kali dalam sehari setelah makan.

6. Natures Plus Folic Acid Hearts

Natures Plus Folic Acid Hearts.jpg

Suplemen Natures Plus Folic Acid menggunakan asam folat dalam bentuk methyltetrahydrofolate. Bentuk tersebut merupakan hasil pecahan dari asam folat sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh.

Dengan demikian, kebutuhan tubuh akan asam folat terpenuhi secara lebih optimal.

Suplemen asam folat untuk pria ini juga membantu menjaga kesehatan pencernaan, saraf, mulut, kulit serta mencegah cepat timbulnya rambut beruban dan kerontokan rambut.

Agar manfaatnya efektif, Dads harus rutin mengonsumsi satu kali dalam sehari setelah makan.

Baca Juga: Sering Mengonsumsi Ibuprofen Bisa Membuat Pria Mandul?

Anjuran Konsumsi Asam Folat untuk Pria

asam folat

Foto: conceptionkit.com

Anjuran perlu mengonsumsi asam folat untuk pria sebenarnya sudah pernah dilakukan. Berbagai penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa asupan mikronutrien yang cukup oleh calon Ayah dapat meningkatkan kualitas sperma, sehingga memperbesar peluang keberhasilan pembuahan.

Eskenazi adalah dosen bidang Kesehatan Ibu dan Anak dan Epidemiologi, serta Direktur Pusat Kesehatan Lingkungan Anak di University of California di Berkeley. Ia juga mengungkapkan,

“Penelitian ini adalah yang pertama menunjukkan bahwa pola makan calon Ayah turut berperan penting dalam pertumbuhan keturunan yang sehat.” Ujar Eskenazi.

Suplemen asam folat tersedia dalam berbagai bentuk, seperti nutrisi yang berdiri sendiri atau komponen multivitamin atau vitamin B kompleks, serta dalam kombinasi dengan vitamin spesifik lainnya.

Produk suplemen asam folat biasanya menyediakan 680-1.360 mcg DFE, setara dengan 400-800 mcg asam folat. Jangan melebihi UL 1.000 mcg per hari kecuali disarankan oleh dokter.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Promil dan Ibu Hamil

Asam folat adalah vitamin penting bagi pria dan wanita. Mendapatkan asam folat yang cukup dapat membantu mengurangi risiko cacat lahir, dan dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria.

Beberapa produk memang membuat suplemen kesuburan untuk pria dan wanita yang mencoba untuk hamil, tetapi tidak semuanya sama. Beberapa mungkin mengandung bahan yang tidak baik untuk Dads atau bahkan bisa berbahaya.

Selalu bicarakan dengan dokter sebelum memulai mengonsumsi suplemen dan pastikan untuk memberi tahu dokter tentang vitamin, herbal, atau suplemen lain yang Dads konsumsi ya.

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28603928/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3183498/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28759846/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6664218/
  • https://www.verywellfamily.com/folic-acid-for-female-and-male-fertility-1959878
  • https://www.healthline.com/nutrition/folic-acid#What-is-folic-acid?
  • https://www.healthline.com/nutrition/folic-acid-for-men
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait