Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Fashion & Beauty | Jan 24, 2018

Atasi Baju Apek saat Musim Hujan dengan 5 Tips Berikut!

Bagikan


Setiap orang pasti menginginkan memakai pakaian yang bersih, wangi, dan rapi dalam setiap aktivitasnya. Untuk mendapatkannya, matahari adalah salah satu faktor yang sangat berperan. Bagaimana ketika hari sedang hujan? Tentunya ini akan menjadi masalah besar. Pakaian bisa saja tak kering atau timbul bau apek.

Moms tak mau, bukan, memakai pakaian yang apek? Apalagi jika Moms harus ke kantor dan bertemu mitra kerja. Ini akan sangat mengganggu, bahkan bisa mengurangi rasa percaya diri.

Lalu, bagaimana cara agar pakaian yang digunakan tetap bersih, wangi, dan rapi saat musim hujan tiba?

1. Gunakan air bersih

Faktor pertama yang bisa membuat baju berbau tak sedap adalah air. Ya, air yang digunakan selama proses mencuci, baik itu untuk merendam maupun membilas, haruslah bersih, tak berbau, dan tak berwarna.

Air yang kotor akan membawa bakteri yang bisa membuat pakaian Moms mengeluarkan bau apek, bahkan bisa membuat warna kain menjadi kuning. Parahnya lagi, Moms bisa gatal-gatal atau terserang penyakit kulit lainnya jika menggunakan baju yang dicuci menggunakan air yang tidak bersih.

2. Gunakan deterjen

mencuci pakaian dengan detergen, mengatasi Baju Apek saat Musim Hujan

Untuk membantu menghilangkan kuman penyebab bau dan penyakit yang menempel pada pakaian, jangan lupa selalu menggunakan deterjen saat mencucinya. Sebaiknya, sebelum proses mencuci dilakukan, Moms telebih dahulu merendamnya dalam air yang sudah dicampur dengan deterjen dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Moms bisa memilih deterjen sesuai kebutuhan. Misalnya, jika ingin baju yang dicuci harum, pilih deterjen yang tidak hanya mengandung zat untuk membantu mengangkat noda dan kuman, tetapi juga mengandung pewangi. Jika Moms mencuci dengan mesin, bisa memilih produk deterjen khusus untuk mesin cuci.

3. Bilas sampai bersih

Setelah mencuci, bilaslah pakaian hingga bersih. Sebab, residu deterjen yang tertinggal pada serat kain akan meninggalkan bau. Inilah salah satu faktor penyebab bau apek pada pakaian. Pastikan sudah tidak ada buih pada bilasan terakhir pakaian Moms.

Selain itu, bilasan yang kurang bersih pada pakaian bisa meninggalkan bekas berwarna putih yang tentunya bisa merusak penampilan Moms. Pakaian yang dibilas kurang bersih juga akan terasa sedikit lengket dan tidak nyaman saat dipakai.

Baca Juga : 4 Bahan Baju Ini Berpotensi Membuat Bau Badan

4. Gunakan pelembut pakaian setelah pakaian dibilas

menggunakan pelembut setelah pakaian dibilas, ibu mencuci baju, mengatasi Baju Apek saat Musim Hujan

Agar pakaian yang dicuci harum dan bebas kuman, Moms bisa menambahkan softener (pelembut pakaian). Untuk menghindari bilasan pakaian yang kurang maksimal, gunakanlah softener sekali bilas yang bisa menghilangkan residu deterjen dengan optimal.

Khusus untuk pakaian bayi, pilihlah softener yang memiliki kandungan anti bakteri sehingga baju si kecil akan lebih steril. Namun jangan lupa, kandungannya harus tetap aman supaya tidak menyebabkan alergi maupun gangguan kesehatan lainnya pada putra-putri tersayang.

5. Jemur dengan cara digantung

Pada musim hujan, matahari jarang sekali nampak. Ini juga membuat pakaian tak kering dan berakhir dengan bau yang tak diinginkan. Untuk mempercepat pengeringan pakaian, Moms bisa menjemurnya dengan cara digantung. Pilih gantungan yang warnanya tak mudah luntur dan tak mudah patah atau berkarat.

Ternyata, supaya pakaian bisa kering dengan maksimal dan tak meninggalkan bau, setiap proses pencucian harus dilakukan dengan benar. Setelah itu, Moms bisa menambahkan pelicin pakaian saat menyetrika agar baju lebih cepat rapi. Siapa yang tak senang kalau bisa tampil prima dengan busana yang bersih, rapi, dan wangi, bukan?

Foto : Shutterstock

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.