Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Fashion & Beauty | Oct 4, 2018

Atasi Ketombe dan Berbagai Masalah Rambut dengan Vitamin B3

Bagikan


Kondisi iklim tropis membuat masyarakat Indonesia mudah sekali mengalami rambut berketombe. Ketombe merupakan salah satu permasalahan kulit kepala yang disebabkan oleh debu, kotoran, panas hingga stres.

Tak hanya itu, rupanya ketombe membutuhkan perawatan dan perlindungan ekstrak dibanding masalah rambut rontok. Bagi Moms yang memiliki masalah dengan ketombe tentu ingin sekali mengatasinya bukan?

Salah satu yang dapat membasmi ketombe adalah menggunakan perawatan rambut, yakni sampo dan kondisioner yang mengandung vitamin B3 maupun asupan makanan yang kaya akan vitamin B3. Apa ya manfaat kandungan vitamin B3 tersebut untuk mengatasi ketombe? Mari simak ulasan berikut!

Vitamin B3 dan Manfaatnya untuk Rambut

Tidak banyak yang tahu bahwa vitamin B3 memiliki senjata rahasia dalam hal perawatan rambut, karena kandungannya mampu melakukan begitu banyak hal.

Dalam Vitamin B3 terdapat niacin yang dapat diambil sebagai suplemen vitamin rambut atau ditemukan pada ikan, udang, daging tanpa lemak, susu, almond, kacang-kacangan, serta seledri, dan wortel. Sebagai vitamin yang larut dalam air, niacin membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi.

Niasin berperan dalam meningkatkan sirkulasi aliran darah untuk membawa oksigen ke folikel rambut Moms, sehingga bisa bikin rambut lebih sehat. Kekurangan oksigen berkontribusi pada perkembangan kulit kepala yang tidak sehat dan rambut tidak sehat. Oleh sebab itu, kulit kepala bisa mengelupas dan timbul ketombe saat kekurangan oksigen.

“Vitamin B3 yang biasa dijadikan salah satu vitamin perawatan kulit merupakan formulasi non-mikroba pertama yang mampu membantu memproduksi molekul AMP atau Anti-Microbial Peptide yang dapat menguatkan pertahanan alami kulit kepala, sehingga kulit kepala berada pada kondisi terbaiknya untuk melawan ketombe,” tutur Christina Yusuf selaku Senior Research & Development Manager Hair Cair PT Unilever.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami 

Manfaat Lain Vitamin B3 untuk Rambut

Selain untuk mengatasi ketombe, vitamin B3 juga memiliki manfaat lain untuk rambut dan kulit kepala:

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Niacin membantu meningkatkan sirkulasi, yang berarti aliran darah lebih efisien melalui tubuh Moms dan ke kulit kepala. Aliran darah yang lebih sehat akan meningkatkan kesehatan kulit kepala, mencegah kekeringan dan meningkatkan pertumbuhan rambut pada saat yang bersamaan.

Kemampuan B3 untuk meningkatkan sirkulasi serta mengurangi ketebalan darah membuatnya ideal untuk meningkatkan pertumbuhan folikel.

2. Mengurangi Peradangan

Peradangan kronis atau tidak terkontrol dapat dihasilkan dari diet yang buruk, dan itu berdampak pada rambut. Peradangan ke kulit kepala dapat menyebabkan kekeringan, gatal, dan ketombe, serta menghambat pertumbuhan rambut.

Seiring waktu akan membuat rambut lemah, rapuh dan rontok. Vitamin B3 dapat mencegah hal ini dengan melawan peradangan dan membantu menyembuhkan kerusakan yang sudah terjadi.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Keramas yang Bikin Rambut Berketombe

3. Memperbaiki Kerusakan

Racun lingkungan dan proses metabolisme tubuh sendiri menciptakan radikal bebas dalam tubuh. Senyawa ini perlu dikontrol dan tidak bisa merajalela atau Moms akan mengalami masalah kesehatan dan rambut rontok. Kerusakan ini dapat dicegah dengan asupan vitamin B3.

4. Menghasilkan Keratin

Keratin adalah protein yang membentuk sebagian besar rambut, jadi tanpanya, Moms tidak akan memiliki rambut. Vitamin B3 dapat membantu meningkatkan produksi keratin. Kurangnya keratin menyebabkan rambut yang lemah, menipis, dan rapuh.

Kini Moms sudah lebih tahu bukan bahwa ternyata manfaat Vitamin B3 begitu besar, tak hanya untuk ketombe tetapi juga masalah rambut lainnya.

(MDP)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.