Di atas 5 tahun

DI ATAS 5 TAHUN
8 November 2017

Atasi Rasa Bosan Anak di Pesawat Dengan 5 Cara Ini

Siapkan mainan, lalu apalagi, Ma?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Jalan-jalan bersama keluarga adalah momen yang paling ditunggu saat musim liburan datang. Bagaimana tidak, bisa bersantai dan mengajak Si Kecil ke suatu tempat baru bisa menambah khasanah pengetahuan sambil seru-seruan bareng keluarga.

Namun, bagaimana saat Moms dan keluarga harus bepergian menempuh perjalanan panjang di udara? Si Kecil bisa saja merasa bosan karena terlalu lama berada dalam kabin pesawat. Ini dia tips agar anak tidak bosan di pesawat.

Bawa Mainan Yang Seru

1. bawa mainan

Setiap anak pasti punya mainan favorit yang bisa menenangkannya saat sedih. Bermain tentu bisa mengatasi bosan di pesawat. Siapkan satu tas kecil berisi mainan-mainan yang bisa dimainkan saat Si Kecil harus duduk manis di kursi pesawat.

Ajak juga Si Kecil untuk mempersiapkan mainan kesukaannya saat packing. Minta Si Kecil untuk membawa sendiri tas tersebut selama perjalanan, ini juga bisa mengajarkan nilai tanggung jawab, lho, Moms! Jika bisa, siapkan juga mainan kejutan untuk Si Kecil, keluarkan jurus pamungkas ini jika Si Kecil sudah bosan memainkan mainan yang dibawa.

Siapkan Snack Favorit

2. siapkan bekal

Perut lapar tentu akan membuat Si Kecil cranky. Jika belum masuk saat penyajian makanan saat penerbangan, maka bisa memberi Si Kecil snack kesukaannya yang sudah disiapkan sebelumnya.

Jika maskapai penerbangan yang dinaiki tidak memberi layanan makan, maka Mom bisa menyiapkan bekal lauk untuk makanan Si Kecil. Siapkan bekal yang praktis, namun tetap membuat perut kenyang, seperti kentang goreng, sandwich atau onigiri dengan bentuk yang imut.

Terbang di Jam Yang Bersahabat

3. jam aman

Carilah jam penerbangan yang bersahabat dengan jam biologis Si Kecil. Terbanglah di jam-jam yang biasanya Si Kecil sedang asik “on” untuk bermain. Biasanya di jam yang sama, Si Kecil akan aktif dan semangat untuk mempelajari suatu hal dari perjalanan.

Pilihan lain adalah memakai jam tidur malam anak. Setelah lelah beraktivitas seharian dari pagi-sore, ditambah dengan suasana temaram dari penerbangan malam hari, maka Si Kecil akan dengan mudahnya tertidur selama perjalanan di udara.

Pilih Tempat Duduk Strategis

4. pilih row

Sebisa mungkin pilih tempat duduk yang strategis seperti di baris terdepan dari pesawat. Biasanya tempat duduk paling depan memiliki ruang kaki yang lebih luas, sehingga Si Kecil bisa lebih luasa bergerak.

Jika tidak bisa dapat baris terdepan, maka coba cari tempat duduk di baris paling belakang. Lokasi duduk dekat dengan toilet juga memudahkan saat Si Kecil harus bolak balik toilet tanpa mengganggu penumpang lain.

Naik Maskapai Ramah Anak

5. maskapai ramah anak

Nah, ini poin yang sangat membantu. Pilih maskapai yang menyediakan segala kebutuhan penumpang anak-anak. Menaiki pesawat dengan hiburan layar LCD dengan variasi tontonan yang disukai anak tentu akan menjadi hiburan tersendiri bagi Si Kecil selama penerbangan. Maskapai ramah anak biasanya juga menyediakan makanan yang dikhususkan untuk Si Kecil, sehingga Si Kecil akan lahap memakannya.

Tak hanya itu, maskapai ramah anak juga biasanya memberikan paket mainan gratis yang berisi mainan boneka hingga activity sheet berupa kertas gambar mewarnai dan permainan edukasi yang bisa membuat Si Kecil sibuk dan ceria selama penerbangan.

Selalu siapkan peralatan dan perbekalan yang cukup saat berlibur bersama Si Kecil, agar liburan Mama sekeluarga menjadi perjalanan seru yang tak terlupakan!

(KAT)

Sumber foto: Shutterstock

Artikel Terkait