Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Karir & Keuangan | Aug 29, 2018

Stres Menjadi Working Mom? Atasi dengan 5 Cara Ini!

Bagikan


Menjadi ibu yang bekerja alias working mom memang menjadi tantangan tersendiri ya Moms? Soalnya kita dituntut harus bisa mengurus rumah tangga, sekaligus menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Tidak heran para working mom sering merasa stres akibat tekanan yang ada di sekelilingnya. Tapi tenang saja Moms, psikolog Vera Itabiliana, M.Psi membagikan beberapa cara untuk mengatasi stres sebagai working mom. Yuk simak ulasannya!

1. Mantapkan alasan bekerja

Langkah pertama untuk bisa menghadapi stres ada memantapkan alasan bekerja. Apakah Moms mencintai pekerjaan yang sedang dijalani? Apakah Moms bisa menyalurkan cita-cita atau passion melalui pekerjaan tersebut?

“Ibu perlu memantapkan alasan bekerja supaya tidak ada perasaan bersalah,” ujar Vera. Dengan alasan bekerja yang mantap, Moms tidak akan merasa bersalah jika menghabiskan waktu untuk bekerja, karena pekerjaan tersebut benar-benar sesuatu yang Moms inginkan atau butuhkan.

2. Bagi tugas dengan suami

Untuk mengurangi stres, Moms harus membagi tugas secara jelas dengan suami. Misalnya, ayah bertugas untuk mencuci baju atau memasak ketika Moms belum di rumah. Sedangkan Moms bertugas untuk menyetrika dan mencuci piring.

Moms juga harus memastikan siapa yang harus menjaga atau membawa Si Kecil ke kantor jika diperlukan. Hal ini tidak boleh diremehkan karena bisa mencegah timbulnya miskomunikasi dan pertengkaran.

Baca Juga: Kenali Metode ‘I Message’, Agar Suami Membantu Kita Tanpa Perlu Disuruh

3. Atur waktu dengan baik

Dengan segala kesibukan, Moms harus punya kemampuan manajemen waktu yang baik. Vera menyarankan untuk menghindari melakukan hal-hal berat di pagi hari supaya tidak kelelahan dan panik saat mau berangkat kerja. “Misalnya untuk bekal anak, siapkan saja dari malam hari. Jadi di pagi hari tinggal dihangatkan,” tuturnya.

4. Jangan salahkan kondisi

Jangan pernah menyalahkan kondisi atau keadaan rumah begitu Moms pulang. “Anak-anak biasanya rewel ketika ibu pulang karena mereka sudah menunggu seharian untuk bertemu dengan ibu,” ujar Vera.

Moms harus memaklumi kalau keadaan rumah bisa saja tidak sesuai ekspektasi. Tidak perlu menyalahkan siapa-siapa dan tidak perlu gengsi meminta bantuan suami atau Si Kecil untuk membereskan rumah.

Baca Juga: 3 Cara Menjadi Ibu yang Bahagia, Bisa Ditiru! 

5. Istirahat sebelum pulang ke rumah

Supaya tidak membawa tekanan kantor ke rumah, pastikan Moms istirahat sejenak sebelum pulang. Contoh yang diberikan Vera sangat simpel, misalnya membeli minuman di minimarket. Di sana Moms bisa menarik napas sebentar dan minum untuk mengurangi stres.

“Ibu perlu switch dari ‘saya di kantor’ dan ‘saya sebagai ibu’. Jadi saat masuk ke rumah sudah dalam keadaan yang tenang,” jelasnya.

Nah, terapkan cara-cara di atas supaya Moms tetap menjadi ibu bekerja yang bahagia!

(INT)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.