Kesehatan

1 April 2020

Ibu Menyusui yang Berpuasa, Harus Tahu Aturan dan Tips Ini!

Jaga agar ASI ibu tetap lancar meskipun tengah berpuasa
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Puasa adalah ibadah yang wajib dijalankan oleh semua orang Muslim setiap tahunnya. Namun, ada orang dengan kondisi tertentu tidak wajib menjalankan puasa, misalnya pada ibu yang sedang menyusui. Mengapa?

Ibu menyusui memerlukan asupan cairan yang cukup agar kebutuhan ASI Si Kecil dapat terpenuhi. Selain itu berpuasa saat menyusui juga bisa mempengaruhi kualitas ASI.

Namun, tidak sedikit ibu menyusui yang tetap ingin berpuasa walaupun tidak diwajibkan.

Jika Moms termasuk salah satunya, yuk simak dulu aturan dan tips untuk ibu menyusui yang berpuasa!

Baca Juga: Agar ASI Lancar, Ini 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui Saat Puasa

Aturan Berpuasa untuk Ibu Menyusui

menyusui1.jpg

Menurut dr. Juwalita Surapsari, dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pndok Indah, ibu menyusui yang berpuasa wajib memiliki asupan gizi yang cukup. Gizi cukup ini bisa didapatkan dari kandungan gizi komplit dalam setiap makanan yang Moms konsumsi.

Selain itu, Moms juga perlu memperhatikan kondisi bayi. Jika Si Kecil masih berusia di bawah enam bulan, kita perlu berhati-hati karena bayi masih memerlukan ASI dalam jumlah banyak.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah menambah kalori yang cukup dalam kandungan makanan yang kita konsumsi. Agar lebih jelas, yuk perhatikan tips lancar berpuasa untuk ibu menyusui berikut ini.

Baca Juga: Patut Tahu, Ini 9 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Menyusui

Tips Lancar Berpuasa untuk Ibu Menyusui

31-Preparing-to-wean-your-child_648517642.jpg

Saat berpuasa, kita harus menahan lapar 13-14 jam lamanya. Untuk ibu menyusui, agar ASI tetap lancar saat berpuasa, berikut tips yang perlu diikuti:

1. Makan dengan Gizi Seimbang

Ibu menyusui yang berpuasa tetap harus makan sebanyak tiga kali sehari yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral.

Kita juga perlu makan makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik. Seperti kurma, buah segar, dan sayuran hijau saat berbuka puasa. Selain itu, untuk sahur bisa tambajkan oatmeal yang mengenyangkan.

2. Perbanyak Minum Cairan

Aktivitas menyusui yang ibu lakukan, akan banyak menyerap energi dan cairan dalam tubuh ibu. Agar jumlah ASI tidak berkurang, ibu menyusui yang berpuasa wajib mengonsumsi banyak cairan saat sahur dan buka puasa.

Bahkan saat berpuasa, kita perlu menambah jumlah cairan yang untuk diminum. Moms bisa menambahkan cairan seperti jus buah, madu, dan susu.

Baca Juga: 4 Manfaat Luar Biasa Menyusui Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

3. Membuat Pengaturan Makanan

Tidak wajib, namun disarankan ibu menyusui yang berpuasa membuat pengaturan makan untuk dikonsumsi saat sahur maupun berbuka puasa.

Misalnya, saat bangun pagi sebelum sahur, kita bisa mengonsumsi segelas susu dan jeruk.

Setelahnya untuk sahur, Moms bisa memilih menu nasi merah, sayur, capcay, dan daging atau ikan. Moms sebaiknya sahur saat waktu sudah mendekati imsak Hal ini dimaksudkan agar puasa dapat bertahan lebih lama.

Sedangkan untuk menu buka puasa, makanlah 2-3 buah butir kurma dan segelas kacang hijau. Menurut dr. Juwalita Surapsari, kacang hijau baik untuk ibu menyusui karena diperkaya protein, serat, vitamin dan mineral.

Setelahnya untuk makan makan, konsumsi makanan dengan gizi lengkap dan tambah dengan buah. Untuk camilan di malam hari, Moms bisa minum segelas susu.

Baca Juga: 7 Makanan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

4. Jangan Stres

Kondisi mental ibu sangat berpengaruh pada tubuh, terlebih saat puasa. Oleh sebab itu, usahakan agar tubuh kita selalu rileks dan jangan stress.

Jika ASI yang keluar sedikit, Moms tidak perlu stres, cobalah untuk mengonsumsi cairan lebih banyak lagi saat sahur dan buka puasa.

Itulah hal-hal penting yang wajib diperhatikan ibu menyusui yang berpuasa. Jika mengikuti tips-tips di atas, dijamin ASI ibu akan tetap lancar meskipun tengah berpuasa.

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar aturan puasa untuk ibu menyusui, Moms bisa bergabung mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait