Kesehatan

KESEHATAN
13 Mei 2020

Aturan ke Dokter Selama Bulan Puasa di Masa Pandemi

Yuk disimak, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Tidak terasa umat muslim di seluruh dunia sudah hampir 2 minggu menjalankan ibadah puasa. Puasa ini merupakan salah satu tradisi yang banyak ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Namun, tahun ini umat Islam menghadapi tantangan baru saat menjalankan ibadah puasa, yaitu pandemi COVID-19.

Berpuasa saat pandemi mungkin merupakan hal baru bagi kita. Praktik dan kebiasaan yang biasa dilakukan saat puasa, seperti acara tarawih, mencari jajanan takjil, dan acara buka puasa bersama, harus rela ditiadakan.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan Tubuh

Namun bagaimana jika imunitas tubuh kita tiba-tiba menurun dan perlu untuk ke dokter? Bagaimana aturannya?

Aturan ke Dokter selama Puasa dan Pandemi

Apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba tubuh terasa kurang sehat saat menjalankan puasa di tengah pandemi? Coba beberapa cara di bawah ini yuk, Moms.

1. Jaga Kesehatan Tubuh

aturan ke dokter

Foto: Orami Photo Stock

Hal pertama yang dilakukan tentu kita harus mencegah agar kesehatan tubuh jangan sampai terganggu dikala puasa. Caranya tentu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat saat sahur dan berbuka puasa.

Mengutip dari Ikatan Dokter Indonesia, yang pertama perlu diperhatikan adalah konsumsi cairan. Konsumsi cairan yang cukup yaitu sekitar 8-10 gelas diperlukan untuk menghindari kekurangan cairan. Untuk itu dianjurkan agar lebih banyak mengonsumsi air atau jus buah saat berbuka puasa dan sebelum tidur.

Lalu saat berbuka puasa bagus juga mengonsumsi pisang karena mengandung sumber kalium, magnesium dan karbohidrat, cukup konsumsi vitamin dan mineral.

Baca Juga: Manis dan Lezatnya Puding Biskuit untuk Berbuka Puasa

2. Jangan Lupa Gunakan Masker

aturan ke dokter

Foto: Orami Photo Stock

Pergi ke dokter saat puasa, berarti juga Moms akan melakukan aktivitas di luar. Sesuai dengan saran yang dianjurkan, Moms harus tetap memperhatikan himbauan-himbauan yang telah diberikan sebelumnya, seperti menggunakan masker.

Moms bisa menggunakan masker kain biasa yang Moms gunakan saat berbelanja di luar atau beraktivitas di luar. Menggunakan masker adalah sebuah keharusan untuk mencegah terinfeksi COVID-19.

3. Pastikan Jadwal Dokter

aturan ke dokter

Foto: Orami Photo Stock

Selama bulan puasa di masa pandemi COVID-19 ini, tidak semua dokter membuka praktek. Namun ada juga yang membuka praktik di jam-jam tertentu.

Baca Juga: Cara Membuat Imunitas Anak Lebih Baik Tanpa Membuat Mereka Sakit

Nah, jika Moms ingin berkunjung ke dokter, pastikan terlebih dahulu jadwal praktek dokter yang akan dikunjungi. Apalagi ini merupakan bulan Ramadan, pasti prakter hanya dibuka di waktu-waktu tertentu saja.

Itu dia Moms beberapa aturan yang harus diperhatikan saat akan ke dokter. Yang terpenting, Moms dan keluarga harus bisa terus menjaga kesehatan ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait