Kesehatan

12 Mei 2020

Aturan Tidur Siang Selama Bulan Puasa

Berapa lama waktu yang tepat?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Ketika menjalankan ibadah puasa, wajar jika tubuh akan terasa lemas dan letih karena tidak makan seharian.

Karena itu, biasa kita mengisinya dengan tidur siang, agar tidak menguras banyak energi.

Selain itu, dalam menjalani ibadah puasa, kita tentu diharuskan untuk bangun lebih awal karena sahur dan pola makan yang berubah.

Baca Juga: Aturan Minum Jamu Selama Bulan Puasa dengan Aman, Yuk Disimak!

Jadi wajar bila di siang hari, tubuh kita akan mudah mengantuk dan akhirnya memutuskan untuk tidur siang sejenak.

Bahkan dikatakan selain menghilangkan kantuk, tidur di siang hari memiliki banyak manfaat lho Moms.

Tapi bagaimana aturan tidur siang selama bulan puasa? Yuk kita simak sama-sama!

Aturan Tidur Siang Selama Bulan Puasa

tidur siang selama puasa

Foto: gulfnews.com

Moms bisa pergunakan waktu luang yang ada untuk menyempatkan tidur sebentar saja.

Kita bisa menyempatkan tidur selama 5 menit saja yang tentunya memberikan pengaruh yang sangat luar biasa untuk tubuh.

Moms juga bisa manfaatkan waktu istirahat makan siang untuk tidur siang.

Tidur siang selama 20-30 menit saja sudah lebih dari cukup untuk memulihkan energi agar kita bisa kembali produktif selama bulan puasa.

Peneliti menemukan bahwa tidur siang selama 30 menit dapat menutupi kebutuhan tidur harian.

Selain itu, tidur siang juga dapat mengendalikan hormon stres pada tubuh yang diakibatkan oleh kurangnya waktu tidur malam.

Baca Juga: Atur Strategi Bercinta dengan Pasangan Selama Bulan Puasa

Selama bulan Ramadan, tidur siang juga dikatakan sebagai ibadah. Mengutip dari Rumah Zakat, hakikatnya tidur siang itu diperbolehkan.

Terlebih lagi di bulan Ramadan, ketika pahala dilipatgandakan yang memungkinkan tidur seseorang yang berpuasa termasuk amalan yang dicontohkan Rasul.

Hal ini juga didukung hasil penelitian yang diujarkan Dr. Sara C. Mednik dalam bukunya Take a Nap! Change Your Life justru menganjurkan untuk tidur siang.

Menurutnya, tidur siang membantu proses memori, kesiagaan dan belajar hal baru. Dan menurut penelitian NASA menunjukkan bahwa tidur siang selama 26 menit bisa meningkatkan performa sebanyak 34 persen.

Walaupun demikian ada baiknya kita untuk istirahat sejenak atau tidur siang untuk waktu yang secukupnya saja.

Karena jika berlebihan, bisa jadi kita akn keterusan dan hal ini malah membuat kita menumbuhkan kemalasan, sehingga semua pekerjaan yang harusnya diselesaikan pun jadi terabaikan.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait