Newborn

NEWBORN
17 Maret 2021

Melakukan Baby Spa, Umur Berapa yang Tepat untuk Si Kecil?

Jangan asal ikut tren, lihat dulu uraiannya ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Amelia Puteri

Baby spa umur berapa ya yang tepat untuk Si Kecil?

Memikirkan pertanyaan tersebut tentu saja adalah sebuah hal yang wajar. Jadi, Moms tak perlu ragu untuk mencari tahu lebih dalam mengenai baby spa.

Baby spa memang sedari dulu sudah menjadi tren dalam melakukan perawatan bayi. Banyak ibu atau orang tua yang melakukan baby spa agar mendapatkan segudang manfaat.

Jadi, wajar saja pertanyaan "baby spa umur berapa yang baik?" menjadi pertanyaan yang selalu ada dalam benak.

Ya, metode perawatan tubuh bayi ini memang diklaim bisa memberikan sejumlah manfaat untuk tubuh bayi. Jadi, baby spa umur berapa yang paling baik untuk kesehatan?

Bagi Moms yang sering datang ke sebuah spa untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari dan mendapatkan sensasi yang membuat rileks pikiran dan tubuh mungkin sudah biasa.

Namun, ternyata bayi juga membutuhkan spa, lho! Tentu saja berbeda dengan spa untuk orang dewasa. Belakangan ini, Moms mungkin sering mendengar tentang baby spa? Untuk Moms yang penasaran, simak yuk uraiannya!

Baca Juga: Jangan Asal, Ini Perawatan Bayi Setelah Disunat yang Tepat

Baby Spa Umur Berapa yang Paling Baik?

baby spa umur berapa

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang sudah disebutkan, "baby spa umur berapa?" menjadi pertanyaan yang selalu hinggap dalam benak Moms. Sebelum memutuskan untuk membawa Si Kecil untuk spa, memang ada baiknya bagi Moms untuk mengetahui standar atau ukuran usia pada bayi yang sudah boleh melakukan spa.

Ya, hal tersebut tentu saja dilakukan demi menjaga kesehatan serta keselamatan Si Kecil! Hal tersebut dikarenakan tidak semua usia bayi bisa dibawa ke tempat spa dan diberikan perawatannya.

Usia yang sudah boleh memperbolehkan bayi mendapatkan rangkaian perawatan spa adalah 3 sampai 6 bulan. Hal tersebut dikarenakan, pada usia itu Si Kecil sudah mampu untuk menegakan kepalanya sendiri.

"Lho? Apa yang membuat kemampuan menegakan kepala bayi penting?" mungkin sekarang terlintas dalam benak Moms.

Nah, ketika bagian leher Si Kecil sudah menjadi lebih kuat, ia pun pada usia ini sudah bisa memiliki refleks tersendiri untuk menahan napas ataupun menutup mata ketika diminta untuk menyelam.

Idealnya, Moms sudah bisa membawa Si Kecil ke tempat spa bayi lima kali dalam satu minggu. Sementara itu, durasi yang dibutuhkan untuk menjalani setiap sesinya adalah sekitar 20 hingga 25 menit.

Mengenal Baby Spa

baby spa umur berapa

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari International Journal of Research in Medical Sciences, baby spa atau spa bayi adalah perawatan yang dirancang dengan tujuan memberikan stimulasi yang positif ketika bayi berusia 3 minggu hingga pada usia 3 tahun. Nah, pada umumnya, spa bayi pun terbagi dalam dua sesi.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut mengenai spa baby, ada baiknya Moms juga mengetahui hal yang dalam Bahasa Latin ini disebut sanitas per aqua atau air untuk kesehatan.

Dari akronimnya saja, sudah diketahui bahwa spa merupakan terapi dengan air atau dengan cara berendam. Namun, pada perkembangannya, spa bukan hanya berendam saja, tetapi juga pemijatan.

Spa kini bukan lagi hanya untuk dewasa, melainkan juga bayi. Ya, tentu saja hanya boleh dilakukan oleh therapist yang terlatih.

Apa saja langkah yang harus dilakukan Si Kecil ketika melakukan spa? Pada sesi pertama, Si Kecil akan berendam di kolam yang sudah disediakan.

Dalam kolam tersebut Si Kecil akan menggunakan pelampung agar terhindar dari bahaya dan menunjang keselamatannya dengan baik.

Sesi awal ini biasanya akan berlangsung selama 10 sampai 15 menit.

Namun di awal pertemuan, semuanya akan bergantung dari reaksi Si Kecil saat pertama kali masuk ke dalam air, Moms! Jadi jangan terlalu dipaksakan ketika reaksi Si Kecil menunjukkan ketidaknyamanan, ya!

Baca Juga: Suka Berolahraga, Ini 5 Cara Menghindari Cedera pada Anak

Hal yang Harus Dipersiapkan

baby spa umur berapa

Foto: Orami Photo Stock

Selain usia, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika ingin melakukan spa untuk Si Kecil. Jangan sampai Moms salah langkah dan malah membuat Si Kecil menjadi tidak nyaman selama sesi spa.

Hal yang perlu diperhatikan adalah;

  • Pastikan Si Kecil sudah kenyang dan diberikan cukup ASI sebelum melakukan spa. Jika sudah dalam proses MPASI, jangan lupa untuk membuatnya bertenaga terlebih dahulu.
  • Pastikan Si Kecil dalam keadaan fit dan tidak mengantuk selama proses spa berlangsung.
  • Mengetahui dan cari tahu dengan baik metode penyaringan air kolam agar tak terkena bahan kimia berbahaya.
  • Cobalah untuk mengikuti kelas spa untuk Si Kecil bersamaan dengan bayi lain dan berkenalan dengan orang tua yang lain.
  • Sabar karena setiap bayi memiliki proses perkembangan yang berbeda-beda. Jadi, Moms jangan membandingkan ya!
  • Mengajak Si Kecil dengan rutin bisa menjadi metode perkenalan terhadap spa bayi. Hal ini bisa membantu Si Kecil untuk dalam beradaptasi.
  • Bayi membutuhkan air dengan kadar suhu yang hangat, 27-30 derajat Celcius.

Baca Juga: 6 Kecerdasan Bayi Usia 0-6 Bulan

Manfaat Baby Spa untuk Si Kecil

baby spa umur berapa

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah mengetahui waktu untuk melakukan baby spa umur berapa. Kini, cari tahu apa saja manfaat baby spa.

Baby spa sebenarnya bukan sekedar terapi dalam air atau berenang, namun juga bayi mendapatkan pemijatan yang berguna untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan bayi.

Namun, manfaat berenang bagi bayi juga sama halnya dengan manfaat pemijatan tersebut dan sudah diteliti terlebih dulu. Tidak ada salahnya jika Moms ingin mencoba membawa Si Kecil ke baby spa setelah menimbang-nimbang.

Secara lebih detail, ini dia manfaatnya:

Dilansir dari Journal of Applied Sciences, terdapat banyak sekali manfaat yang bisa diraih oleh Si Kecil dengan melakukan baby spa.

Bukan hanya perkembangan fisik, perkembangan mental Si Kecil pun bisa ikut memperoleh manfaatnya.

Mengambang dalam kolam tentu saja bisa membantu Si Kecil dalam melatih keseimbangan tubuhnya dengan lebih baik. Nah, selain mendorong perkembangan motorik menjadi lebih baik, ada beberapa hal yang bisa dirasakan Si Kecil karena ia menggerakkan tangan dan tubuhnya dengan lebih bebas,

Manfaat baby spa adalah:

  • Meningkatkan kekuatan otot serta tulang Si Kecil dengan gerakan di dalam air yang memiliki tekanan lebih besar dari di darat
  • Berendam di dalam kolam dengan suhu hangat bisa membuat tubuh anak kita menjadi lebih tenang dan rileks
  • Mencegah masalah pencernaan yang bisa hadir di tubuh Si Kecil
  • Belajar melakukan sosialisasi dengan bayi lainnya yang juga berendam bersamanya. Hal ini sangat baik untuk melatihnya berbicara dan cara memperlakukan orang lain yang ada di sekitarnya
  • Pijatan yang diberikan untuk Si Kecil bisa mengurangi rasa gelisah dan tangisan Si Kecil. Terlebih saat mereka tidur di malam hari.
  • Melakukan stimulasi sensorik bisa mendorong perkembangan otak Si Kecil

Nah, bagaimana nih Moms? Apakah pertanyaan "baby spa umur berapa?" sudah terjawab?

Semoga bukan hanya menjawab pertanyaan Moms mengenai "baby spa umur berapa?" namun juga Moms jadi lebih mengerti mengenai pentingnya baby spa untuk Si Kecil ya!

Jika Moms masih memiliki pertanyaan seputar topik ini, jangan lupa untuk menuliskannya di kolom komentar ya!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait