Bayi

BAYI
13 Mei 2020

Baby Talk untuk Perkembangan Bayi, Banyak Manfaatnya Lho!

Suara yang bernada dan dilebih-lebihkan ternyata lebih mudah ditangkap bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat bersama Si Kecil, kita biasanya suka melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Mulai dari bermain peek a boo atau cilukba, bernyanyi sampai bercerita dengan Si Kecil.

Dan ketika dia merespon dengan tertawa, mengoceh atau berusaha meniru suara kita, rasanya bahagia sekali ya Moms.

Kegiatan-kegiatan ini ternyata tidak hanya menyenangkan tapi juga baik untuk perkembangan Si Kecil lho Moms. Otak mudanya menyerap suara, nada, dan bahasa yang akan ia gunakan untuk mengucapkan kata-kata pertamanya.

Karena itu, kita memainkan peran besar. Anak-anak yang memiliki orang tua yang gemar berbicara dengan mereka atau melakukan baby talk untuk perkembangan bayi, cenderung membentuk bahasa dan keterampilan percakapan yang lebih kuat daripada anak-anak yang tidak mendapat stimulasi dari orang tuanya.

Baca Juga: Ini 3 Dampak Buruk Terlalu Sering Baby Talk Pada Anak

Apa Itu Baby Talk?

Ini Pentingnya Baby Talk untuk Perkembangan Otak Bayi __-1.jpg

Foto: pakmums.com

Dikutip dari Unicef.org, baby talk adalah cara berbicara yang lebih dari sekadar cara konyol dan lucu berbicara dengan bayi. Sebenarnya, baby talk lebih terkait dengan bagaimana kita mengatakan sesuatu. Ketika orang tua menggunakan baby talk, mereka menggunakan bahasa normal.

"Tetapi mereka membuatnya lebih sederhana dan mereka sering mengucapkan kata-kata dan berbicara lebih lambat," jelas Dr. Marina Kalashnikova dari University of Western, Sydney, Australia seperti dilansir dari unicef.org.

Selain itu, orang tua juga melebih-lebihkan ekspresi wajahnya ketika berbicara dengan bayi. Dia mencontohkan, orang tua bisa membuka mulut lebih lebar, mengangkat alis, dan banyak tersenyum. Sehingga, bayi tidak bisa hanya mendengar baby talk, tetapi mereka juga bisa melihatnya.

Apa Manfaat Baby Talk untuk Perkembangan Bayi?

Ini Pentingnya Baby Talk untuk Perkembangan Otak Bayi __-2.jpg

Foto: cdc.gov

Salah satu manfaat baby talk untuk perkembangan bayi adalah mereka cenderung memberi lebih banyak perhatian dan merespon baby talk daripada percakapan orang dewasa normal.

Nada yang dilebih-lebihkan dan bernada tinggi yang dimainkan suara kita, menerangi pikiran Si Kecil.

Sebanyak 80 persen dari perkembangan fisik otaknya terjadi selama tiga tahun pertamanya. Ketika otaknya semakin besar, itu juga membentuk koneksi yang dibutuhkannya untuk berpikir, belajar, dan memproses informasi.

Koneksi yang disebut sinapsis, terbentuk pada kecepatan super cepat, sekitar 700 per detik dalam beberapa tahun pertama.

Manfaat baby talk untuk perkembangan bayi ini adalah mampu menyalakan sinapsis penting di bagian otaknya yang menangani bahasa. Semakin banyak kata-kata yang didengarnya, semakin kuat koneksi mental yang didapat.

Baca Juga: Manfaat Mendengarkan Musik Klasik bagi Perkembangan Bayi dalam Kandungan

Proses itu dapat memperkuat keterampilan bahasa masa depan Si Kecil dan keseluruhan kemampuannya untuk belajar.

Selain itu, manfaat baby talk untuk perkembangan bayi lainnya adalah membantu bayi membangun ikatan dan hubungan khusus dengan orang tua. Hal ini yang membuat mereka merasa dicintai, aman, dan nyaman.

Perlindungan dan stimulasi adalah dua dari tiga hal yang sangat penting untuk perkembangan otak sejak dini. Sementara yang ketiga adalah makan sehat atau bergizi.

Bayi yang mendapat lebih baby talk tahu lebih banyak kata pada usia 2 tahun daripada teman sebayanya. Karena itu, orang tua harus membiasakan baby talk dalam kegiatan sehari-hari.

Mendengarkan lebih banyak baby talk, membantu bayi membangun kemampuan bahasa mereka sendiri. Ketika mereka mendengar baby talk, mereka tahu bahwa sudah waktunya untuk mulai mendengarkan dan memperhatikan.

Hal ini terjadi karena dua alasan:

1. Baby Talk Lebih Mudah Didengar

Ketika bayi masih sangat muda, mereka tidak mengerti arti kata-kata. Tetapi mereka mendengar nada bicara bayi yang berlebihan dan mereka belajar darinya.

2. Bayi Suka Mendengarkan Baby Talk

Karena mereka menyukai pola melodi yang berlebihan dan emosi positif dalam baby talk. Ini membantu mereka lebih memperhatikannya, dibandingkan dengan ucapan yang kita gunakan dengan orang dewasa pada umumnya.

Kapan Harus Menggunakan Baby Talk?

Ini Pentingnya Baby Talk untuk Perkembangan Otak Bayi __-3.jpg

Foto: loonylabs.com

Ketika kita melihat bayi, kebanyakan dari kita secara naluriah menggunakan cara berbicara sesuai dengan baby talk. Tapi itu tetap tidak datang secara alami kepada semua orang.

Orang tua tetap harus mulai melatih bicara bayi sejak dini, sehingga mereka dapat mempelajari jenis baby talk untuk perkembangan bayi yang digunakan.

Baca Juga: Ini Dia Manfaat Membacakan Buku untuk Perkembangan Bayi

Waktu terbaik untuk melatih baby talk untuk perkembangan bayi adalah ketika kita terlibat dalam rutinitas harian dengan Si Kecil. Misalnya, saat sedang menyusui, mandi, atau bermain dengannya.

Jika Moms ingin menambahkan sedikit variasi pada apa yang ingin dikatakan, maka Moms juga dapat mencoba menggambarkan gambar dalam buku atau menggambarkan mainan favorit Si Kecil yang sangat mereka sukai.

Nah, mulai sekarang coba terapkan baby talk untuk perkembangan bayi ya Moms. Banyak sekali kan manfaatnya!

(SERA)

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait