Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Tanya Pakar | Apr 24, 2018

Bagaimana Cara Hamil Anak Kedua di Usia Lebih dari 35 Tahun?

Bagikan


Tanya:

Sudah hampir 5 tahun ini Dok saya belum mendapatkan anak kedua. Saya tanpa KB, usia saya 37 tahun. Anak pertama usia hampir 5 tahun.

Mohon saran dan bimbingan treatment apa yang saya akan saya lakukan untuk dapat hamil lagi. (Opi Rahmita)

Jawab:

Terkait keinginan Moms untuk hamil, diperlukan pemeriksaan lanjutan terkait kesuburan Moms dan suami (walaupun sudah memiliki anak sebelumnya) di mana Moms juga termasuk dalam kategori high risk pregnancy (usia saat hamil lebih dari 35 tahun).

Untuk itu Moms dapat menjumpai dokter kebidanan untuk pemeriksaan tersebut. Namun saya akan membantu memberikan masukan yang kiranya dapat meningkatkan kesuburan, antara lain:

1. Turunkan berat badan

Lemak tubuh menghasilkan hormon estrogen, yang membuat siklus ovulasi tubuh. Menghilangkan 5% dari berat badan mom dapat meningkatkan kesuburan. Dan hal ini juga berlaku pada suami Moms.

2. Asupan air minum (air putih) yang cukup

Jika seseorang kurang memiliki asupan air minum, maka sistem reproduksi akan kehilangan energi yang tentunya dapat menyebabkan organ vital menjadi cukup terganggu.

Air minum tentunya dapat menjaga suplai darah ke otak menjadi lancar. Kondisi ini tentunya dapat memperkuat lapisan rahim jika Moms mengalami dehidrasi sehingga cairan serviks menjadi lebih lambat.

3. Luangkan waktu untuk bersantai

Stres dapat memiliki dampak besar pada kesuburan wanita. Hal ini juga dapat memengaruhi produksi sperma laki-laki juga yang menjadi lambat dan libido rendah.

4. Tingkatkan frekuensi berhubungan intim

Kemungkinan kenaikan konsepsi dari 15% untuk pasangan berhubungan seks seminggu sekali untuk 50% untuk pasangan berhubungan seks 3-4 kali seminggu. Seks membuat sperma yang sehat. Kualitas sperma menurun jika ditahan dalam tubuh selama lebih dari tiga hari.

5. Perbanyak konsumsi ikan

Kandungan Omega 3 yang banyak dimiliki oleh ikan dapat mengurangi risiko keguguran dan meningkatkan kualitas sperma. Dikutip dari Ahli Gizi "Marilyn Glenville" mengatakan, "Ini lemak esensial yang sangat penting untuk fungsi hormon sehat, tetapi banyak dari kita kurang mengetahuinya."

5. Hindari kafein

Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya satu cangkir kopi per hari dapat mengurangi separuh peluang Moms untuk hamil. Para ahli mengatakan kafein dapat mengurangi aktivitas otot-otot tuba fallopi, yang membawa telur dari ovarium.

6. Hindari rokok, narkoba dan minum minuman keras

Wanita yang merokok, narkoba, dan minuman beralkohol bisa menurunkan jumlah sperma dan meningkatkan sperma yang abnormal.

7. Olahraga

Hal ini merupakan salah satu cara yang paling baik untuk meningkatkan kesuburan Moms adalah dengan berolahraga. Menurut para pakar olahraga angkat beban dan melakukan olahraga di luar ruangan seperti kardio sangat baik untuk meningkatkan kesuburan mom.

8. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin

Hasil penelitian dari rumah sakit Royal Free Hospital, London menunjukkan bahwa wanita yang kondisi tubuhnya sehat, membuat kesuburannya juga baik. Dengan mengonsumsi nutrisi penting seperti asam folat, vitamin B12, dan selenium bisa membantu meningkatkan kesehatan sekaligus kesuburan wanita.

9. Kurangi karbohidrat olahan

Konsumsi ruitn dari karbohidrat olahan seperti pasta, biskuit dan juga roti putih. Olahan karbohidrat yang kita konsumsi tentunya dapat memengaruhi kehamilan.

Makanan olahan karbohidrat tentunya dapat meningkatkan gula dalam darah. Kondisi ini tentunya dapat menyebabkan lonjakan insulin sehingga dapat mengganggu kesuburan pada pria.

Semoga uraian di atas dapat bermanfat, serta keinginan Moms agar dapat kembali hamil dapat segera terwujud.

Dijawab oleh dr. Benny Johan Marpaung, Sp.OG

Sumber: Forum Orami - Ask The Expert

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.