Kesehatan

5 September 2020

Kerap Ceroboh, Bagaimana Cara Mengatasi Sifat Teledor?

Cara meningkatkan fokus bisa menjadi langkah agar tidak teledor lagi, ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Amelia Puteri

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk. Nah, bagaimana dengan Moms sendiri?

Apakah Moms termasuk seseorang yang cenderung teledor dan ceroboh? Misalkan, sering menjatuhkan barang, kerap kali tersandung, tidak sengaja memecahkan piring, atau menumpahkan minuman ke atas meja.

Lalu, bagaimana cara mengatasi sifat teledor? Rasanya, kebiasaan buruk ini bisa merugikan diri sendiri dan orang lain, ya.

Pada dasarnya, menurut jurnal Neuroscience & Biobehavioral Reviews, otak sudah berfungsi untuk memberitahukan tubuh bagaimana harus bergerak dan berkoordinasi. Ketika seseorang menjadi ceroboh dan teledor beberapa waktu, maka hal itu bukan masalah.

Namun, apabila keteledoran ini sudah menjadi hal yang berkelanjutan, maka Moms wajib berhati-hati.

Menurut studi yang sama, sistem saraf dan neuromuskular berkontribusi pada kesulitan kinerja motorik pada orang dewasa yang lebih tua. Artinya, ketika usia semakin tua, maka Moms akan lebih mudah untuk teledor.

Baca Juga: 4 Cara Meditasi untuk Meningkatkan Fokus, Punya Banyak Manfaat!

Cara Mengatasi Keteledoran

Psychology Today mengungkapkan, kecepatan masing-masing orang untuk memproses informasi dari otak memang berbeda-beda. Hal ini juga berpengaruh pada beberapa faktor, salah satunya adalah tingkat fokus.

Artinya, ketika Moms tidak fokus, maka akan lebih mungkin jadi teledor dan ceroboh.

Namun, Moms tidak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mengatasi sifat teledor. Cari tahu berikut ini, ya.

1. Melatih Keseimbangan

Sering Teledor, Bagaimana Cara Mengatasinya-2.jpg

Foto: healthline.com

Otak kecil, yang terletak di bagian belakang otak berguna untuk mengontrol keseimbangan, koordinasi, dan kontrol otot halus. Bagian ini juga berfungsi untuk mempertahankan postur dan keseimbangan tubuh.

Moms perlu melatih keseimbangan sebagai cara untuk mengatasi sifat teledor.

“Seseorang yang ceroboh atau teledor bisa diatasi dengan melatih keseimbangan tubuhnya. Hal ini akan melatih seseorang untuk melihat apa yang akan terjadi selanjutnya,” ungkap Jim Buskirk, ahli terapi fisik di Chicago, AS.

Baca Juga: Bersih-Bersih Rumah Ternyata Bisa Bantu Kelola Stres! Begini Penjelasannya

2. Mengelola Stres

Sering Teledor, Bagaimana Cara Mengatasinya-1.jpg

Foto: healthline.com

Apakah Moms sedang memiliki banyak pikiran yang akhirnya membuat stres? Hati-hati, Moms, tingkat stres yang tidak mampu dikelola dengan baik ternyata dapat menimbulkan kecemasan.

Hal ini berkaitan juga dengan risiko jadi lebih ceroboh dan teledor. Atasi stres sebagai cara mengatasi sifat teledor.

Nah, menurut Harvard Health Publishing, salah satu cara terbaik untuk mampu mengelola stres adalah dengan memperhatikan apa yang sedang terjadi. Dengan meningkatkan fokus, maka akan baik untuk kesehatan mental dan fisik seseorang.

“Hentikan kebiasaan multitasking, karena sebenarnya otak tidak mampu mengerjakan banyak hal dalam waktu bersamaan. Coba dengan membagi waktu dengan baik dan buat perencanaan. Luangkan waktu untuk beristirahat,” ungkap Dr. Paola Bailey, psikolog di New York menjelaskan tentang cara meningkatkan fokus dan konsentrasi.

3. Melatih Kekuatan Tubuh

mengatasi ceroboh-3.jpg

Foto: freepik.com

Jika Moms kerap terjatuh atau tersandung, siapa tahu itu karena kekuatan tubuh yang kurang sehingga berisiko alami cedera. Nah, cara terbaik adalah melatih kekuatan tubuh untuk mencegah terjadinya cedera.

Moms bisa mencoba rutin berolahraga untuk melatih kekuatan tubuh sebagai cara mengatasi sifat teledor. Jangan lupa, imbangi dengan nutrisi yang seimbang agar tubuh semakin sehat.

Baca Juga: 5 Tips Bekerja di Rumah Agar Tetap Fokus di Tengah Pandemi COVID-19

4. Berhati-hati Ketika Mencoba Hal Baru

mengatasi ceroboh-4.jpg

Foto: shutterstock.com

Ketika Moms mencoba sebuah keahlian atau keterampilan baru, harus utamakan kehati-hatian, ya sebagai cara untuk mengatasi sifat teledor.

Tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi terhadap sebuah gerakan yang baru sehingga pastikan Moms tidak ceroboh. Pada tahapan ini, dibutuhkan dukungan dari anggota keluarga atau kerabat terdekat agar mengingatkan Moms selalu berhati-hati.

5. Perhatikan Kualitas Tidur

mengatasi ceroboh-5.jpg

Foto: pinterest.com

Sudah bukan hal yang baru untuk dipahami, tidur mampu meningkatkan fokus. Untuk itu, pastikan Moms memiliki kualitas tidur yang baik setiap harinya dalam mengatasi sifat teledor.

Menurut National Sleep Foundation, kualitas tidur yang buruk dapat membuat kita mudah lupa dan menurunkan fungsi otak.

Jadi, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan teledor yang mengganggu ya, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait