Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
3 Maret 2020

5 Bahan Alami untuk Anti Aging, Bikin Awet Muda!

Bahan-bahan ini bisa ditemukan dengan mudah lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Penuaan adalah hal yang sudah pasti akan terjadi di dalam kehidupan kita, dan merupakan perubahan kulit alami yang tidak dapat dihindari.

Kulit kita mulai memproduksi sekitar 1 persen lebih sedikit kolagen setiap tahun setelah usia 20 tahun, dan menjadikannya lebih tipis dan lebih rapuh. Seiring bertambahnya usia, kulit juga menghasilkan lebih sedikit elastin dan glikosaminoglikan (GAG), yang membantu mendukung elastin dan kolagen.

Baca Juga: 5 Makanan yang mengandung Kolagen, Sehat!

Makanya jangan heran, jika salah satu skincare yang paling laku dan dicari di pasaran adalah skincare anti aging, yang mampu mencegah penuaan dan keriput di wajah.

Bahan Alami untuk Anti Aging

Untuk mencegah penuaan dan keriput, Moms mungkin ingin mencoba produk anti aging yang mengandung bahan-bahan alami. Apa saja bahan alami untuk anti aging yang harus dipilih? Yuk kita cari tahu.

1. Ekstrak Green Tea

bahan alami anti aging

Foto: Orami Photo Stock

Green tea adalah sumber polifenol yang bertanggung jawab sebagai antioksidan di kulit dan bekerja dalam memperlambat tanda-tanda penuaan, mencegah hilangnya elastisitas dan pembentukan kerutan.

Menurut U.S. National Library of Medicine, green tea memberikan kekuatan antioksidan yang menghambat kerusakan yang disebabkan oleh paparan UV.

2. Beri

bahan anti aging alami

Foto: Orami Photo Stock

Penelitian menunjukkan bahwa beri dikemas dengan polifenol seperti flavonoid dan tanin, yang bertindak sebagai antioksidan dan melawan stres oksidatif.

Senyawa fenolik ini mengandung khasiat yang membantu mengurangi penyebab dan efek penuaan kulit, meringankan penyakit kulit (termasuk kanker kulit) dan memperbaiki penampilan bekas luka dan luka bakar.

Baca Juga: Kaya Antioksidan, Ketahui 7 Jenis Buah Beri dan Manfaat Kesehatannya!

Flavonoid, khususnya, dikenal karena sifat antimikroba dan anti-inflamasinya, sementara tanin bertindak sebagai zat alami yang membantu mengecilkan dan mengencangkan sel-sel kulit.

3. Sayuran Hijau

bahan alami anti aging

Foto: Orami Photo Stock

Inilah alasan lain untuk tidak melewatkan sayuran! Sayuran berdaun hijau dikemas dengan tokoferol (vitamin E) dan fitonutrien seperti lutein dan zeaxanthin yang memainkan peran penting dalam mencegah tanda-tanda penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Dalam penelitian ini, asupan makanan dari sayuran hijau terbukti mengurangi munculnya keriput dan garis-garis halus dan menurunkan risiko kanker kulit.

4. Minyak Biji Wortel

bahan alami anti aging

Foto: Orami Photo Stock

Minyak biji wortel mungkin tidak ada dalam pikiran kita sebagai bahan anti aging alami , tetapi jelas layak mendapat tempat dalam daftar ini.

Minyak biji wortel mengandung antioksidan karotenoid tingkat tinggi. Ini akan mengembalikan kerusakan kulit, mendetoksifikasi, dan melembapkan kulit.

Baca Juga: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Anak, Tidak Hanya Wortel!

Diekstrak dari tanaman wortel liar (dan tidak menjadi bingung dengan minyak wortel), minyak biji wortel mengandung bioflavonoid penangkal kanker yang juga dikenal karena kegiatan pemulungan antimikroba dan radikal bebas.

5. Minyak Kelapa

bahan alami anti aging

Foto: Orami Photo Stock

Bahan anti aging alami selanjutnya adalah minyak kelapa. Selain sifat antibakteri dan antijamurnya, minyak kelapa juga dikenal karena kemampuannya sebagai anti-penuaan dan penyembuhan kulit.

Dalam sebuah studi 2010, minyak kelapa murni, khususnya, ditemukan mengandung khasiat yang merangsang produksi kolagen. Ini juga merupakan pelembap yang kuat, yang sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki kulit kering atau penuaan.

Itulah beberapa bahan anti aging alami yang bisa Moms gunakan. Selamat mencoba!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait