Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
14 Juli 2020

4 Bahan Alami untuk Mengatasi Uban, Tidak Perlu Cat Rambut!

Bisa menggunakan kopi juga lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Seiring dengan bertambahnya usia, folikel rambut akan menghasilkan lebih sedikit warna. Hal ini biasanya menyebabkan tumbuh rambut putih atau yang biasa kita sebut uban.

Meskipun genetika akan menentukan awal tumbuh uban yang sebenarnya, begitu kita menginjak berusia 35 tahun, folikel rambut yang menua cenderung menghasilkan rambut putih atau abu-abu untuk menggantikan rambut yang mati.

Baca Juga: Benarkah Rambut Beruban Berkaitan dengan Sistem Imun Tubuh?

Bagi sebagian besar wanita, uban pasti akan terasa mengganggu penampilan. kehadiran uban dalam rambut indah kita yang berkilau, tentu akan membuat rasa percaya diri kita semakin menurun.

Sebagai solusinya, biasa cat rambut adalah jalan yang dipilih untuk kembali menghitamkan rambut. Padahal kebiasaan ini umumnya tidak baik untuk kesehatan rambut. Menggantikannya, Moms bisa coba gunakan bahan-bahan alami lho. Apa saja bahan tersebut?

Bahan Alami untuk Mengatasi Uban

Apa saja bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengatasi uban? Simak di bawah ini yuk, Moms.

1. Lemon dan Minyak Kelapa

mengatasi uban dengan cara alami

Foto: Orami Photo Stock

Bahan alami untuk mengatasi uban yang pertama adalah lemon dan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung antioksidan yang berguna untuk membantu rambut tumbuh semakin subur dan sehat, sedangkan lemon kaya akan vitamin C. Perpaduan kedua bahan ini dapat menyulap tampilan rambut putih terlihat lebih gelap.

Caranya cukup mudah. Campurkan air perasan lemon dengan minyak kelapa, lalu aplikasikan pada rambut basah setelah keramas. Pijit perlahan lalu diamkan selama 30 menit supaya kian meresap. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan alami ini setiap minggunya.

Baca Juga: Benarkah Kopi Memicu Maag? Ini 7 Cara Minum Kopi Agar Tidak Sakit Perut

2. Kopi

mengatasi uban dengan cara alami

Foto: Orami Photo Stock

Cara lainnya untuk mengatasi uban secara alami adalah dengan menggunakan kopi. Apakah Moms tahu bahwa kopi diyakini ampuh sebagai pewarna rambut alami?

Pilih ampas kopi hitam dan campurkan dengan segelas air juga sedikit kondisioner. Oleskan campuran tersebut pada batang-batang rambut, lalu diamkan selama 1 jam sebelum dibilas dengan air bersih. Selamat mencoba!

3. Biji Pepaya

mengatasi uban dengan cara alami

Foto: Orami Photo Stock

Moms pecinta buah pepaya? Mulai sekarang, jadikan biji pepaya sebagai salah satu cara untuk mengatasi uban. Pasalnya, biji pepaya bermanfaat untuk membantu menghilangkan uban.

Sebelum digunakan, cuci bersih terlebih dahulu biji pepaya yang akan digunakan. Lalu, tumbuk biji sampai benar-benar halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa dan aduk sampai rata. Aplikasikan campuran tersebut ke seluruh rambut dan diamkan selama 1 hingga 2 jam.

Baca Juga: Makan Pepaya saat Hamil Berbahaya, Benarkah? 

4. Minyak Kemiri

mengatasi uban dengan cara alami

Foto: Orami Photo Stock

Minyak kemiri memang telah dikenal ampuh untuk menghitamkan dan menguatkan rambut. Pada minyak kemiri terdapat kandungan mineral essens yang berfungsi untuk meningkatkan pigmen rambut sehingga sempurna dijadikan cara alami untuk mengatasi uban.

Aplikasikan pada rambut dan biarkan semalaman agar nutrisi pada minyak kemiri dapat meresap hingga ke akar kulit kepala. Jangan lupa bilas keesokan paginya, ya.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut untuk mengatasi ubah, tentu kesehatan rambut akan lebih terjaga.


Sumber: glitzmedia.co

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari GLITZMEDIA.CO

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait