Kesehatan

KESEHATAN
3 Juni 2020

6 Bahan Alami untuk Mengatasi Vagina Kering

Vagina kering bisa membuat hubungan seks jadi kurang nikmat. Atasi dengan bahan-bahan alami ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Intan Aprilia

Vagina kering merupakan masalah yang hampir dialami oleh setiap wanita dari segala usia.

Penipisan lapisan vagina yang mengakibatkan gejala kekeringan ini sangat umum terjadi, apalagi seiring bertambahnya usia.

Hal ini juga bisa terjadi pada Moms sebelum dan setelah masa menopause, lho.

Tentu, jika hal ini dibiarkan akan menyebabkan kondisi yang berbahaya bagi vagina dan menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks.

Saat terangsang, tubuh secara otomatis akan menghasilkan cairan bening dan licin yang disebut dengan lendir atau pelumas alami.

Pelumasan vagina ini terjadi seiring dengan meningkatnya rangsangan dan gairah seksual, yang disebabkan juga oleh peningkatan aliran darah ke area genital. Lendir inilah yang nantinya akan mengatur kelembapan vagina.

Namun, beberapa wanita tidak bisa menghasilkan pelumas vagina ini karena faktor-faktor tertentu, salah satunya karena hormon estrogen yang menurun.

Cara Alami Mengatasi Vagina Kering

Estrogen menjadi faktor hormon yang paling penting pada kesehatan vulva dan vagina.

Menurut Journal Biomed Res Internatinal, apabila wanita memiliki kadar estrogen yang rendah, maka bisa menyebabkan kekeringan pada vagina.

Menopause adalah salah satu yang menjadi faktor turunnya sirkulasi kadar estrogen dan fungsi ovarium.

Untuk mengatasi masalah vagina kering, maka Moms harus melakukan usaha ekstra, seperti membiasakan mengonsumsi bahan-bahan alami.

Lalu, apa saja makanan alami yang bisa Moms nikmati dan berkhasiat mengatasi vagina kering? Berikut adalah ulasannya.

1. Okra

okra.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Okra adalah salah satu makanan yang bisa menghasilkan pelumas alami di vagina.

Sayuran yang satu ini sangat kaya akan vitamin A, thiamin, vitamin B6, kalsium, dan nutrisi baik lainnya.

Vitamin B6 yang terdapat di okra bisa membantu Moms untuk meningkatkan libido.

Dalam cara pengolahannya, Moms bisa merebusnya ke dalam air atau memakannya secara mentah yang dicampurkan dengan sayuran lain.

Mengonsumsi okra secara teratur juga dapat menyingkirkan masalah keputihan yang sulit diatasi.

Baca Juga: Vagina Kering, Apa Bahaya dan Gejalanya?

2. Biji Rami

Flaxseed.jpg

Foto: focusedonfit.com

Kaya akan kandungan fitoestrogen dan asam lemak omega 3, biji rami alias flaxseed juga dapat memerangi masalah terkait dengan kesehatan vagina.

Kandungan fitoestrogen yang terdapat di dalam biji rami, bisa meningkatkan kadar estrogen.

Hal ini tentu saja bisa mencegah terjadinya vagina kering dan gejala menopause lainnya.

Biji rami bisa sangat praktis untuk Moms implementasikan ke dalam diet Moms.

Taburkan sekitar 1 sendok makan biji rami ke dalam sereal, yoghurt, salad, ataupun jus kesukaan Moms.

Hal yang perlu diingat, jangan lupa juga tetap minum air yang cukup agar pencernaan lancar, ya.

3. Berbagai Sayuran Hijau

sayuran hijau

Foto: verywellfit.com

Siapa sih yang tidak tahu kalau sayuran hijau memang punya banyak manfaat bagi tubuh ketika kita mengonsumsinya secara teratur?

Selain bisa menyehatkan, sayuran hijau juga nyatanya bisa membantu mengurangi kekeringan pada vagina.

Diperkaya dengan nutrisi yang bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga mencegah kekeringan pada vagina, sayuran ini juga kaya akan vitamin E, magnesium, dan kalsium, yang semuanya bermanfaat bagi kesehatan otot tubuh, termasuk otot vagina.

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Tanda Vagina Tidak Sehat

4. Minum Air yang Cukup

minum air putih mineral

Foto: beliveperform.com

Menjaga tubuh agar tidak dehidrasi adalah cara yang tepat menjaga kesehatan seluruh tubuh secara bersamaan.

Dokter menyarankan untuk minum 8 hingga 10 gelas air setiap hari untuk mengatur fungsi tubuh.

Air sangat berperan penting untuk mencuci racun berbahaya dalam tubuh.

Air putih juga bisa meningkatkan pelumasan wanita dan menjaga kelembapan daerah vagina.

Untuk itu, membiasakan diri minum air putih adalah hal yang patut dicoba dan sebisa mungkin meminimalisir minuman berwarna seperti teh atau kopi.

5. Segala Macam Makanan yang Mengandung Kedelai

tempe

Foto: onegreenplanet.org

Produk kedelai seperti tahu dan edamame mengandung banyak isoflavon yang diketahui fungsinya menyerupai dengan estrogen.

Fungsi estrogen sendiri adalah menjaga kelembapan vagina agar tidak kering.

Ketika Moms mengonsumsi produk kedelai, tubuh akan memecahnya menjadi fitoestrogen, yang bisa memicu terbentuknya estrogen.

Selain itu, kandungan ini juga bisa membantu Moms menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat dan pembuluh darah pasca menopause.

Baca Juga: 5 Makanan Enak dan Baik untuk Kesehatan Vagina

6. Ikan

sushi ikan tuna salmon

Foto: nypost.com

Sama halnya dengan biji remi, ikan juga mengandung omega 3. Asam lemak esensial ini memainkan peran penting dalam menjaga pelumas atau lendir vagina dan menjaga vagina tetap kenyal dan elastis.

Dilansir dari Maturitas, disebutkan bahwa asam lemak omega 3 ini bisa membantu Moms mengurangi kekeringan vagina pasca menopause.

Dalam penyajiannya, ikan bisa Moms olah dengan berbagai resep yang bisa dipilih sesuai selera.

Olahan ikan salmon, sarden atau makarel bisa menjadi pilihan yang bagus untuk Moms.

Agar hasil yang didapatkan maksimal, cobalah mengonsumsinya secara teratur selama 3 kali seminggu, ya.

Sangat penting bagi Moms untuk selalu memastikan vagina cukup terlumasi selama hubungan seks agar tidak terjadi trauma dan mencegah infeksi pada lapisan vagina.

Jika Moms merasa vagina kering, tidak perlu panik sebab masalah ini umum dialami sebagian besar wanita.

Namun, jika dirasa kondisinya semakin memburuk atau sudah terjadi infeksi, maka segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan medis yang tepat.

Artikel Terkait