Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Health | Jul 31, 2018

Ini 5 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Luka

Bagikan


Moms dan keluarga pasti pernah mengalami luka karena tersandung, jatuh, atau tidak sengaja menyentuh benda yang bisa menyebabkan memar pada kulit, terbakar, atau berdarah.

Terlebih Si Kecil yang sedang masa tumbuh kembang, karena anak yang aktif sangat sering terkena luka.

Tapi jangan panik dulu Moms, daripada Moms repot untuk membeli obat-obatan dari apotek, mengapa tidak menyediakan stok bahan alami untuk menyembuhkan luka? Berikut di antaranya!

1. Lidah Buaya

Lidah buaya sangat mudah ditanam di pekarangan rumah, juga dijual di supermarket atau pasar tradisional.

Selain tumbuhannya cantik untuk menghiasi taman, ternyata lendir yang keluar dari daging dalam lidah buaya dapat menyembuhkan luka goresan ataupun luka bakar.

Caranya belah batang lidah buaya dan gunakan lendirnya pada bagian yang luka, ini akan berefek sejuk pada kulit sehingga tidak menimbulkan rasa perih seperti menggunakan obat penyembuh luka dari bahan kimia, sangat aman untuk digunakan Si Kecil.

2. Madu

Saat kulit terluka dan meninggalkan bekas gores pasti sangat rentan dengan bakteri. Kalau tidak diobati bakteri dan kuman dapat menyebabkan infeksi yang bisa menimbulkan efek berkepanjangan.

Untuk itu, Moms wajib nih menyimpan madu di rumah. Madu dapat berfungsi sebagai anti bakteri yang bisa mencegah infeksi pada luka yang terbuka.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Saat Kepala Anak Terbentur

3. Telur

Telur merupakan sumber protein hewani yang cukup tinggi. Protein pada telur, terutama di bagian putihnya dapat membantu menyembuhkan luka goresan yang cukup parah.

Dengan mengkonsumsi putih telur, kulit bisa dengan cepat memproduksi jaringan baru di bagian luka yang terbuka, sehingga dapat tertutup kembali dengan jangka waktu yang cukup singkat.

4. Daun Sirih

Pernahkah Moms merasakan benturan yang hebat sehingga meninggalkan memar pada kulit? Pasti rasanya nyeri sekali. Jangan khawatir Moms, gunakan dan sirih untuk menghilangkan memar tersebut.

Caranya, saat Moms sedang merebus air atau menanak nasi di panci yang panas letakan daun sirih pada permukaan tutup panci agar daun sirih menjadi lemas, tujuannya agar sari-sari di dalam daun sirih bisa menjadi lunak dan bisa menempel dan meresap pada kulit .

Lalu tempelkan daun sirih di bagian yang memar. Ada sensasi hangat yang menenangkan sehingga nyeri bisa berkurang secara perlahan.

Baca Juga: 4 Pertolongan Pertama Pada Balita Saat Alami Kecelakaan

5. Tepung Terigu

Moms sering mengalami luka bakar akibat memasak? Cobalah gunakan tepung terigu untuk meredakan bekas merah juga memberikan efek nyaman pada kulit yang terbakar.

Caranya mudah saja Moms, saat terkena cipratan minyak panas atau tersenggol panci panas langsung masukan bagian yang panas tersebut ke dalam mangkuk yang berisikan tepung terigu.

Dipercaya tepung terigu juga berkhasiat untuk menghilangkan ruam merah dan juga bekas luka akibat luka bakar lainnya.

Nah, sangat mudah kan untuk mendapatkan bahan-bahan alami untuk menyembuhkan luka. Dari beberapa bahan alami di atas mana yang paling sering ada di dapur Moms?

(LMF)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.