Tren

11 April 2019

5 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Kecoa, Semut, dan Serangga Lain di Rumah!

Bahannya sangat mudah dan Moms pasti sudah memilikinya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Amelia Puteri

Rumah penuh dengan kecoak, semut, dan hama lain memang cukup mengganggu. Selain membuat takut, ini menjadi tanda jika rumah Moms mungkin kotor dan tidak melakukan pembersihan yang baik.

Ada cara alami untuk mengusir kecoak dan serangga lain dari rumah, jika Moms tidak ingin menggunakan bahan kimia berbahaya yang berisiko jika terhirup oleh Si Kecil.

Paparan pestisida dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, gangguan pencernaan, iritasi kulit, perubahan suasana hati, kelelahan, dan sejumlah gejala tidak menyenangkan lainnya yang dapat merugikan.

Oleh sebab itu, Moms harus tahu cara mengatasinya. Berikut ini bahan alami yang bisa mengusir serangga yang mengganggu di rumah!

Baca Juga: Ada Banyak Kecoak di Rumah? Yuk, Ketahui Penyebabnya!

1. Kayu Manis

kayu1

Foto: atlanticbrewsupply.com

Tidak ada yang lebih buruk daripada pergi ke dapur untuk memasak, dan mengetahui dapur penuh dengan semut.

Hama kecil ini cenderung masuk ke rumah ketika panas di luar, dan mereka bisa jadi sulit disingkirkan.

Untuk membasmi semut, "Taburkan kayu manis di sekitar rumah adalah cara yang bagus untuk mengusir serangga," jelas health coach Susan Patterson seperti dikutip dari Natural Living Ideas.

"Para ahli mengatakan bahwa jika kita menaburkan kayu manis di garis di sekitar titik masuk mereka, mereka tidak akan melewatinya," tambahnya.

2. Minyak Atsiri

esssent1

Foto: verywellfit.com

Moms mungkin tahu bahwa lavender dapat membuat tidur lelap dan minyak peppermint dapat membantu Moms merasa segar.

Tetapi siapa sangka minyak atsiri atau minyak esensial ini juga dapat bekerja untuk membunuh hama di rumah lho, Moms.

Menurut American College of Healthcare Sciences, menyemprotkan lavender atau peppermint di lemari, laci, lemari, dan di sekitar papan alas dapat membantu mengusir serangga.

Baca Juga: 6 Manfaat Cuka untuk Membersihkan Peralatan Rumah Tangga

3. Cuka

cuka1

Foto: thesourcebulkfoods.com

Jika Moms ingin mencegah laba-laba masuk ke rumah yang bisa memiliki ribuan bayi laba-laba kecil, Moms bisa menggunakan cuka putih untuk mengusirnya.

Cuka putih mengandung asam asetat, yang berbahaya bagi laba-laba. Cukup encerkan beberapa cuka putih dengan air dan semprotkan di sepanjang papan dan celah di mana laba-laba bisa masuk ke rumah.

4. Asam Borat dan Gula Pasir

borat

Foto: bisakimia.com

Kecoak adalah salah satu serangga menyeramkan yang paling dibenci banyak orang. Mereka juga salah satu hama yang paling sulit untuk dihilangkan.

Tapi, ada cara untuk menjerat kecoak dan sejumlah serangga lain yang tidak diinginkan dengan membuat perangkap kecoak sendiri menggunakan asam borat dan gula bubuk.

"Gula memikat kecoak, sementara asam borat membunuh mereka. Meskipun asam borat tidak beracun bagi orang atau hewan peliharaan, itu bisa menjengkelkan. Jadi jauhkan dari meja dan tempat-tempat di mana bisa terjangkau oleh jari dan hidung," jelas Chanie Kirschner dari Mother Nature Network.

Ia menambahkan, "Taburkan di bawah dan di belakang kulkas, kompor dan mesin cuci piring, di bawah wastafel, dan ke celah-celah di sepanjang tepi lemari dan dapur."

Baca Juga: Libur Panjang, Ini 9 Cara Aman Agar Rumah Terhindar dari Pencurian dan Kebakaran

5. Timun

timun1

Foto: mrswages.com

Rupanya, kucing, kecoak, dan semut semuanya takut oleh timun. Jika Moms ingin menjaga kucing tetap di dalam dan mengusir semut dan kecoak, "Potong mentimun menjadi irisan kecil dan letakkan di titik masuk semut yang mungkin ada di dapur. Semut memiliki naluri alami untuk menghindari aroma mentimun," tulis blog Den Garden. Ia juga menambahkan jika irisan mentimun pahit dapat bekerja lebih baik.

Dengan memilih solusi ramah lingkungan untuk menjaga rumah bebas dari serangga, Moms dapat membantu menyelamatkan planet dan sistem kekebalan tubuh.

Moms dapat menemukan bahan-bahan ini di lemari dapur, atau di toko bahan makanan terdekat. Bagian terbaiknya adalah bahwa semua bahan ini dapat digunakan untuk hal-hal lain, sehingga tidak akan sia-sia jika membelinya. Selamat mencoba!

(AP/INT)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait