Bayi

5 Februari 2020

5 Bahan Berbahaya pada Sampo Bayi, Wajib Dihindari!!

Cek kemasan untuk mengidentifikasi bahan berbahaya di sampo bayi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sampo adalah kosmetika yang akan selalu digunakan oleh Si Kecil setiap hari. Sampo akan menghilangkan berbagai kotoran yang ada di kulit kepala dan rambut bayi akibat beraktivitas. Namun, pernahkah Moms mengecek kemasan sampo Si Kecil?

Ternyata, masih ada sejumlah merek yang mengandung bahan berbahaya pada sampo bayi yang mereka produksi. Jika digunakan secara rutin, bahan-bahan tersebut akan memperngaruhi tumbuh kembang bayi, bahkan akan berbahaya untuk kesehatan jangka panjang Si Kecil.

Bahan Berbahaya pada Sampo Bayi

Meski telah dilabeli ‘aman’, alami, atau ‘lembut’, Moms tidak boleh percaya begitu saja. Ini karena keamanan dan kesehatan bayi adalah yang utama. Moms bisa mengecek apa saja bahan berbahaya pada sampo bayi dengan membaca artikel ini sampai habis.

Baca Juga: 4 Kriteria Sampo Terbaik untuk Bayi, Jangan Salah Pilih!

1. Perhatikan Aroma

Waspada Moms 5 Bahan Ini Tidak Boleh Ada Dalam Sampo Si Kecil -1.jpg

Foto: ideas.times.com

Bahan berbahaya pada sampo bayi yang pertama adalah aroma parfum. Moms mungkin menyukai sampo khas Si Kecil, tetapi wewangian ini biasanya terkait dengan alergi, iritasi kulit dan eksim dan dapat menjadi racun bagi berbagai organ dalam tubuh jinak terpapar terlalu lama.

“Plus, istilah itu sendiri dapat digunakan untuk menutupi ratusan bahan kimia berbahaya lainnya dalam produk,” kata Leah Segedie, pendiri Mamavation.com.

Saat membaca label, hindari produk apa pun yang mengandung aroma atau parfum untuk Si Kecil. Moms bisa mendapatkan aroma khas untuk Si Kecil dari produk kosmetik lainnya, bukan dari sampo.

2. Phthalates dan Parabens

Waspada Moms 5 Bahan Ini Tidak Boleh Ada Dalam Sampo Si Kecil -2.jpg

Foto: allshampooreview.com

Bahan berbahaya pada sampo bayi yang selanjutnya adalah phthalates dan parabens. Phthalates dan parabens adalah kelompok bahan kimia yang digunakan sebagai pengawet dalam produk perawatan seperti sampo bayi.

Keduanya adalah bahan berbahaya di sampo bayi yang harus Moms hindari.

Jurnal yang diterbitkan American Academy of Pediatric, menemukan bahwa phthalates telah dikaitkan dengan gangguan endokrin, yang dapat menyebabkan masalah reproduksi. Termasuk penurunan motilitas dan konsentrasi sperma, serta alergi, asma dan kanker.

“Untuk membuatnya lebih membingungkan bagi ibu, wewangian juga dapat mengandung phthalate,” kata Nancy Peplinsky, pendiri dan direktur eksekutif dari Holistic Moms Network di Coldwell, N.J.

Hindari produk yang mengandung phthalate, DEP, DBP, DEHP dan bahan-bahan yang diakhiri dengan “–paraben.”

Para peneliti di Seattle Children's Hospital di University of Washington dan University of Rochester menemukan paparan bayi terhadap Phthalates tersebar luas.

Sheela Sathyanarayana, asisten asisten profesor di Departemen Pediatri Universitas Washington mengatakan, setelah berbagai penelitian, semakin banyak resiko yang ditemukan.

"Bayi mungkin lebih berisiko daripada anak-anak atau orang dewasa karena sistem reproduksi, endokrin, dan kekebalan mereka masih berkembang,” ujarnya.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Sabun dan Sampo Bayi yang Aman

3. Formaldehida

Waspada Moms 5 Bahan Ini Tidak Boleh Ada Dalam Sampo Si Kecil -3.jpg

Foto: slate.com

Bahan berbahaya pada sampo bayi yang selanjutnya adalah formaldehida. Formaldehyde adalah pengawet yang ditambahkan ke produk berbasis air untuk mencegah pembentukan jamur.

Bahan ini dapat langsung ditambahkan ke produk atau melalui pengawet lain. Formaldehyde telah dikaitkan dengan reaksi seperti alergi termasuk masalah pernapasan, sakit kepala dan mual.

Untuk menghindarinya, jauhi produk yang mengandung formaldehyde, quaternium-15, DMDM ​​hydantoin, imidazolidinyl urea, diazolidinyl urea, polyoxymethylene urea, sodium hydroxymethylglycinate, 2-bromo-2-nitropropane-1,3-diol (bromopol) dan glyoxal.

4. 1,4-dioksana

Waspada Moms 5 Bahan Ini Tidak Boleh Ada Dalam Sampo Si Kecil -4.jpg

Foto: en.people.cn

Bahan berbahaya pada sampo bayi yang selanjutnya adalah bahan 1,4-dioksana. Bahan berbahaya di sampo bayi ini juga sering ditemukan dalam produk mandi lainnya dan juga sabun cair.

1,4-dioxane adalah produk sampingan kimia, jadi Moms tidak akan menemukannya saat mengecek label. Kemungkinan 1,4-dioxane terkait dengan toksisitas organ dan alergi kulit.

Untuk menghindarinya, jangan gunakan produk yang mengandung sodium laureth sulfate, senyawa PEG dan bahan kimia yang terdaftar sebagai xynol, ceteareth dan oleth.

Baca Juga: Tips Memilih Sampo yang Aman Untuk Bayi

5. Vitamin A dan Oxybenzone

Waspada Moms 5 Bahan Ini Tidak Boleh Ada Dalam Sampo Si Kecil -5.jpg

Foto: abcnews.go.com

Bahan berbahaya pada sampo bayi yang selanjutnya adalah vitamin A dan oxybenzone. Meski sebenarnya vitamin A cenderung aman, tetapi ketika digunakan di tabir surya dan kulit terkena sinar matahari, itu bisa bermasalah.

Faktanya, sebuah studi oleh Program Toksikologi Nasional menunjukkan bahwa retinyl palmitate, suatu bentuk vitamin A dapat mempercepat perkembangan tumor dan lesi kulit.

Saat membaca label, hindari produk yang mengandung vitamin A, retinyl palmitate, retinol, retinyl acetate, retinyl linoleate, dan asam retinoat.

Demi menjaga kesehatan Si Kecil, Moms harus mencegah masuknya bahan berbahaya pada sampo bayi secepatnya.

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait