Di atas 5 tahun

11 Juli 2021

Ketahui Manfaat dan Bahaya Gadget untuk Perkembangan Anak

Tahukah Moms manfaat gadget bisa meningkatkan kemampuan visual dan spasial Si Kecil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Intan Aprilia

Manfaat gadget dan bahayanya bagi anak memang tak bisa dihindari. Hal ini pun pada akhirnya menjadi dilema tersendiri untuk para orang tua.

Gadget memang tidak bisa dihindari dari hidup kita saat ini, termasuk dari kehidupan anak. Pasti Moms juga pernah melihat anak yang tidak bisa lepas dari gadget-nya kan? Atau bahkan anak Moms sendiri juga seperti itu?

Dalam sebuah acara bertajuk HUAWEI MatePad T10 Kids Edition pada 16 Juni 2021 lalu, psikolog Roslina Veraul S.Psi, M.Psi menjelaskan bahwa melarang anak main gadget bukan lagi menjadi solusi. Namun, hal tersebut bisa menjadi bumerang karena menghalangi anak bersikap adaptif terhadap perkembangan zaman.

Manfaat Gadget Bagi Anak

196551sh

Foto: Orami Photo Stock

Bermain gadget sebenarnya bisa baik untuk anak. Namun, Moms harus memastikan bahwa permainannya merangsang pertumbuhan Si Kecil.

Sebenarnya gadget memiliki banyak manfaat bagi Si Kecil, baik untuk menambah pengetahuan juga kemampuan visualnya.

Ya, memang ada plus minus gadget untuk perkembangan anak. Tapi tentunya penggunaan gadget secara berlebihan juga memiliki dampak yang kurang baik untuknya.

Oleh sebab itu, Kara Handali, M.Psi, psikolog dari Tiga Generasi membagikan plus minus gadget bagi perkembangan anak. Mari kita simak!

1. Mudah Belajar Keterampilan Baru

Manfaar gadget yang pertama adalah mudahnya belajar keterampilan baru. Dengan gadget, Si Kecil bisa mengakses informasi juga berbagai video dan game edukatif.

Jika Moms mengawasinya dengan baik, anak dapat mempelajari berbagai keterampilan dan keahlian baru dari tayangan dan permainan yang mereka akses.

Bahkan anak juga bisa sekaligus mempelajari bahasa asing melalui internet, video, dan game yang ia mainkan, lho.

2. Bisa Mendapatkan Informasi dengan Mudah dan Efisien

Manfaat gadget selanjutnya adalah kemudahan mendapatkan informasi.

Anak-anak biasa memiliki rasa ingin tahu yang besar, makanya mereka bisa menggunakan internet untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di benaknya.

Tentunya hal ini tetap harus dilakukan atas pengawasan Moms atau Dads ya, jangan sampai mereka mengakses sesuatu yang belum pantas untuk usianya.

3. Meningkatkan Kemampuan Visual dan Spasial

Manfaat gadget selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan visual. Dengan berbagai warna dan bentuk gambar pada gadget, kemampuan visual anak pun akan meningkat.

Mereka akan bisa membedakan bentuk gambar satu dari yang lainnya, juga mempelajari berbagai warna.

Jika anak mempunyai kemampuan visual spasial yang bagus, itu artinya mereka bisa berpikir dan memproses dalam bentuk visual.

Mereka bisa langsung membayangkan berbagai informasi dalam bentuk visual dua dimensi maupun tiga dimensi pada pikirannya.

Kemampuan ini membuat mereka jadi lebih cepat tanggap dan bisa melakukan kegiatan yang rumit.

4. Menambah Pengetahuan Umum

Salah satu manfaat gadget bagi anak adalah bisa mengembangkan dan menambahkan pengetahuannya.

Dalam acara yang sama, Nucha Bachri dan Ario Pratomo yang berada dibalik akun @curhatbapakibu pun membagikan pengalaman anaknya dalam pemakaian gadget

Nucha sendiri menjelaskan dan merasa terkejut ketika sang anak sudah mengerti konsep gempa bumi pada usia 4 tahun.

Tak hanya itu, anaknya pun mengerti cara menyelamatkan diri dan apa yang harus dilakukan ketika bencana alam itu terjadi.

Nucha dan Ario merasa heran karena anaknya tersebut bisa memahami gempa bumi karena menonton kartun BabyBus.

Nah, itu dia Moms manfaat gadget dari anak. Perlu diingat, melarang anak menggunakan gadget sama sekali malah justru bisa menghalangi kemampuan adaptifnya terhadap perkembangan zaman.

Baca Juga: 5 Trik Menyeimbangkan Kehidupan Online dan Offline Anak

Dampak Buruk Gadget Bagi Anak

7a1d18ce6607ba7777c71169435d6035cf3b 1 1024x658

Foto: Orami Photo Stock

Setelah tahu berbagai manfaat gadget, sekarang mari kita uraikan dampak buruknya bagi perkembangan Si Kecil.

1. Tidak Bisa Berpikir Kritis dan Kreatif

Akibat segalanya telah tersedia di internet, anak pun jadi malas untuk berpikir dan mengkreasikan hal-hal baru.

Mereka terbiasa menerima sesuatu yang sudah ada, sehingga pikiran kritis dan kreatif mereka menjadi tidak terasah.

Baca Juga: Singkirkan Gadget! Ini 7 Manfaat Permainan Tradisional untuk Anak-anak

2. Menurunkan Kemampuan Konsentrasi, Daya ingat, dan Ketekunan

Terlalu sering menggunakan gadget dapat mengurangi konsentrasi anak, apalagi ketika mereka sedang tidak memegang gadget.

Mereka pun jadi terdistraksi dan gelisah karena tidak bisa memakai gadget, sehingga tidak bisa fokus pada apa yang sedang dikerjakan saat itu.

Daya ingat pun akan menurun, karena mereka mengandalkan gadget untuk menyimpan informasi-informasi yang harus mereka ingat.

Selain itu konsentrasi dan daya ingat, ketekunan juga bisa berkurang.

Hal ini disebabkan anak jadi malas belajar dan mencari tahu jawaban dari suatu masalah, karena semuanya bisa dengan mudah mereka dapatkan dari internet.

3. Menghambat Perkembangan Keterampilan Sosial

Anak bisa menghabiskan waktu berjam-jam lamanya bersama gadget, makanya mereka jadi tidak bergaul dengan teman-teman sebayanya.

Keterampilan sosial mereka pun jadi terhambat, sehingga mereka akan susah bergaul dan berkomunikasi dengan orang lain.

Selain kemampuan sosial, rasa percaya diri juga akan ikut terpengaruh. Mereka bisa merasa minder karena tidak terbiasa bertemu orang lain.

4. Tidak Mengenal Alam

Salah satu pengaruh negatif gadget pada anak adalah Si Kecil yang tidak mengenal alam. Meski mereka bisa mempelajarinya lewat layar, namun rasanya tentu akan berbeda dengan mengunjungi alam secara fisik.

Terlebih ketika mereka mengenal alam lebih dekat, Si Kecil akan mengenal binatang, tumbuhan, danau, dan berbagai macam kemewahan alam dengan lebih baik lagi.

Si Kecil pun jadi bisa melakukan berbagai macam aktivitas fisik yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan ototnya nih, Moms!

Baca Juga: Gadget Sebabkan Anak Terlambat Bicara, Benarkah?

Durasi Pemakaian Gadget untuk Anak

kid smartphone

Foto: Orami Photo Stock

Kebanyakan memakai gadget juga bisa membuat anak kekurangan waktu dan kualitas tidur.

Makanya Moms harus membatasi durasi pemakaian gadget supaya anak tetap bisa beraktivitas dan bersosialisasi selayaknya anak seusianya.

“Untuk anak usia 2-5 tahun, sebaiknya cukup pakai gadget 1-2 jam per hari. Sedangkan anak di atas 6 tahun bisa menggunakan gadget lebih lama, tapi diselingi dengan aktivitas fisik minimal 60 menit per hari,” jelas Kara.

Meski itu adalah durasi ideal, masih banyak anak yang memakai gadget lebih dari waktu yang ditentukan.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua, Moms harus lebih mengawasi penggunaan gadget bagi anak agar tidak berlebihan dan berdampak buruk pada hidupnya.

Nah, itulah manfaat gadget serta dampa buruknya bagi perkembangan anak, Moms. Mulai sekarang, Moms harus lebih awas lagi, ya, akan frekuensi buah hati dalam bermain gadget.

Perlu diingat bahwa manfaat gadget bisa sangat baik jika Moms tahu cara mengaplikasikannya dan memberikan aturan bagi Si Kecil.

Jika gadget bisa membawa kebaikan bagi anak, kenapa tidak dicoba? Namun jangan lupa untuk mengawasinya, ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait