Kesehatan

KESEHATAN
15 Maret 2020

5 Bahaya Memakai Softlens Setiap Hari

Kondisi terparah bisa mengakibatkan kebutaan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Lensa kontak atau softlens banyak digunakan oleh mereka yang mengalami gangguan penglihatan untuk membantu memperbaiki penglihatan.

Selain softlens yang digunakan dengan alasan medis, ada juga softlens di pasaran yang tersedia untuk alasan alasan kecantikan saja.

Berdarkan U.S. Food and Drug Administration, mengenakan softlens sebenarnya bisa menempatkan kita pada beberapa kondisi serius termasuk infeksi mata dan borok pada kornea.

Kondisi ini dapat berkembang sangat cepat dan bisa menjadi infeksi yang serius. Bahkan dalam tingkat terparah kondisi ini dapat menyebabkan kebutaan.

Baca Juga: Memakai Lensa Kontak Mata, Perhatikan Dulu 6 Hal Ini

Bahaya Menggunakan Softlens Setiap Hari

bahaya softlens, softlens

Foto: self.com

Ada beberapa bahaya yang bisa timbul jika kita menggunakan softlens setiap hari. Apa saja bahaya tersebut? Mari kita simak.

1. Iritasi Mata

Bahaya menggunakan softlens yang pertama adalah menimbulkan iritasi mata. Iritasi yang dirasakan bisa berupa iritasi yang akan sangat tidak nyaman bagi mata kita.

Hal ini dapat disebabkan oleh jari yang tidak steril yang digunakan untuk memakai softlens atau lebih berbahaya lagi, softlens yang sudah kedaluwarsa.

2. Efek Terbakar

Bahaya softlens satu ini didapatkan karena berhari-hari menggunakan dan melepas softlens.

Rasa terbakar pada mata dapat disebabkan oleh partikel debu kecil yang terjepit di antara mata dan softlens selama penggunaan.

3. Mata Kering

Mata kering juga menjadi salah satu bahaya yang ditimbulkan karena penggunaan softlens.

Banyak pengguna mengeluhkan mata kering sebagai efek samping. Ini bisa disebabkan oleh penguapan kelenjar mata.

Baca Juga: Bolehkah Anak Pakai Lensa Kontak?

4. Deposit Cairan Mata

Cairan intraokular yang berasal dari softlens akan mendapatkan deposit dari retina mata. Cairan ini dapat menyebabkan infeksi pada mata.

5. Alergi

Penggunaan softlens setiap hari dapat memicu alergi yang dapat ditunjukkan dengan tanda-tanda awal mata merah.

Hal ini dapat menyebabkan infeksi jika tidak ditangani dengan cepat.

Berapa Lama Waktu Menggunakan Softlens Per Hari?

bahaya softlens, softlens

Foto: opticalmasters.com

Jika Moms baru mengenal softlens dan bertanya-tanya berapa lama waktu kita harus memakai softlens untuk pertama kalinya, aturan yang sama biasanya berlaku.

Mengenakan softlens untuk pertama kalinya pada awalnya dapat menyebabkan beberapa kondisi, dan tubuh kita akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan kondisi tersebut.

Pada hari pertama menggunakan softlens, cobalah untuk memakainya selama sekitar delapan jam atau sebanyak yang direkomendasikan oleh dokter untuk memberikan mata kesempatan beradaptasi.

Gunakan waktu ini untuk memastikan mata dapat menyesuaikan dengan baik dengan softlens, dan tidak ada ketidaknyamanan atau iritasi yang terjadi. Ingat untuk selalu berkonsultasi jika terjadi ketidaknyamanan atau iritasi kepada dokter mata.

Faktor penting lain yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan berapa lama memakai softlens setiap hari adalah jenis lensa softlens yang digunakan. Kebanyakan lensa kontak tidak boleh dipakai semalaman, karena dapat meningkatkan risiko infeksi mata.

Kontak untuk penggunaan sehari-hari atau satu kali, umumnya dapat dipakai 14 hingga 16 jam tanpa masalah, tetapi dokter dapat merekomendasikan satu atau dua jam bebas kontak sebelum tidur untuk mengistirahatkan mata.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Kesehatan Mata Balita

"FDA merekomendasikan agar extended wear softlens atau softlens yang digunakan dalam jangka waktu lama, setidaknya dilepas dan tidak dipakai seminggu sekali untuk pembersihan," kata Evan Loft, dokter spesialis mata di Piedmont.

Ia menambahkan bahwa pemakaian softlens semalaman dapat memicu faktor risiko bahaya penggunaan softlens, yaitu borok kornea.

Sekarang Moms sudah tahu dengan jelas bahaya yang ditimbulkan softlens dan berapa lama waktu penggunaan yang disarankan. Jadi berhati-hati ya, Moms.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait