Parenting Islami

23 September 2021

Bahaya Syirik yang Sering Kali Tidak Disadari, Astagfirullahadzim!

Kenali bahaya syirik ini agar bisa segera menghindarinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jika syirik sering diidentikan dengan praktik paranormal, dukun dan unsur-unsur klenik lainnya, nyatanya bahaya syirik malah lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari. Lho, kok bisa? Iya bisa Moms, malah kadang-kadang hal itu tidak disadari.

Dilansir NU Online, berbeda dengan berbagai jenis dosa lainnya, perbuatan syirik adalah salah satu dosa besar yang bila orang tersebut meninggal tidak akan mendapat ampunan.

Baca Juga: Marak Penculikan Anak, Ajari Anak Menghindari Bahaya

Bahaya Syirik dalam Kehidupan

jembatan-sirotol-mustaqim.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Dikutip Repository UIN Suska, kata-kata syirik menurut Ibnu Katsir adalah merupakan kezhaliman yang besar. Sedangkan menurut M Quraish Shihab itu adalah pelanggaran utama yang mengundang pelanggaran dan kesesatan yang amat jauh.

Dalam Alquran Allah SWT berfirman:

إِنَّ ٱللهَ لَا يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِۦ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَن يَشَآءُ ۚ وَمَن يُشْرِكْ بِٱللهِ فَقَدِ ٱفْتَرَىٰٓ إِثْمًا عَظِيمًا

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." (QS An-Nisa’: 48)

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bahaya syirik sehingga bisa menghindarinya. Sebab, salah satu bentuk syirik yang tidak disadari dalam kehidupan adalah menganggap ada perbuatan yang secara mandiri dilakukan oleh selain Allah dan berefek tanpa ada campur tangan Allah sedikit pun.

Ibnu Dihaq kemudian memperinci bentuk-bentuk syirik dalam kehidupan itu menjadi tiga kategori, yakni:

  • Menyandarkan perbuatan pada bintang-bintang yang berpengaruh pada alam di bawahnya. Saat ini, keyakinan semacam itu ada dalam ilmu zodiak dan astrologi.
  • Kedua, menyandarkan perbuatan pada benda-benda. Misalnya, meyakini bahwa api bisa muncul dan membakar sendiri, pisau bisa melukai secara tidak sengata dan berbenturan dengan sunnatullah atau hukum alam.
  • Menyandarkan perbuatan pada kehendak bebas manusia yang diberikan kekuasaan oleh Allah. Misalnya manusia seperti robot yang beroperasi dengan tenaga baterai dan bergerak sendiri dengan kecerdasan buatan tanpa ada kontrol lagi dari pembuatnya.

Baca Juga: Waspadai Bahaya Parfum dalam Bedak Bayi

Jenis Bahaya Syirik dan Contohnya

3+ Doa Nabi Sulaiman, Salah Satunya Doa untuk Mendapatkan Kekayaan dari Jalan yang Baik

Foto: Orami Photo Stock

Syirik jelas adalah dosa besar, terutama jika sampai keluar dari aturan agama Islam sehingga jelas bahwa hukumnya adalah haram. Merupakan dosa besar jika seseorang berbuat syirik terhadap Allah SWT. Sungguh orang yang syirik adalah mereka yang sudah sangat tersesat dan tak mendapatkan petunjuk.

1. Syirik Akbar

Arti syirik Akbar adalah menjadikan selain daripada Allah SWT sebagai tujuannya dalam beribadah. Misalnya memohon pada sesuatu kepada selain Allah SWT, takut kepada kuburan, jin, atau setan serta percaya bahwa semua itu bisa memberi bahaya.

Macam-macam syirik Akbar yakni:

  • Syirik saat berdoa. Ini dilakukan saat seseorang meminta, memohon, dan memanjatkan keinginan dalam doa dengan tujuan kepada selain Allah SWT. Allah SWT berfirman: “Dan orang-orang yang kamu seru selain Allah tiada mempunyai apa-apa meskipun setipis kulit ari. Jika kamu meminta kepada mereka, mereka tiada mendengar seruanmu, dan kalau mereka mendengar mereka tidak dapat memperkenankan permintaanmu.” (QS Faathir: 13-14)
  • Syirik dalam sifat Allah. Salah satu sifat Allah SWT adalah Allah Maha Mengetahui. Ketika seseorang percaya bahwa peramal bisa melihat masa depan, maka itu adalah syirik.
  • Syirik dalam kecintaan. Janganlah mencintai secara berlebihan selain kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman: “Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah, mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah, adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah.” (QS Al-Baqarah: 165)
  • Syirik dalam ketaatan. Yakni patuh dan tunduk kepada selain Allah SWT. Tindakan seperti ini sangat mirip dengan menyembah berhala. Allah SWT berfirman: “Mereka menjadikan orang-orang alim, dan rahib-rahib mereka sebagai Tuhan selain Allah.” (QS At-Taubah: 31)
  • Syirik khauf (takut). Misalnya takut pada mayat, kuburan, setan, dan menganggap bahwa kesemua itu bisa menyebabkan bahaya.

2. Syirik Ashghar

Ini merupakan semua perbuatan maupun ucapan yang oleh syariatdinyatakan sebagai perbuatan syirik namun tidak sampai menyebabkan keluar dari agama Islam. Meski begitu, ini bisa menjadi pengantar dosa syirik akbar. Macam-macam syirik Asghar yakni:

  • Zhahir (nyata). Misalnya saat seseorang mengucap sumpah selain karena Allah SWT. Selain itu, menggunakan benda-benda atau jimat seperti gelang atau kalung dengan niat sebagai penangkal bahaya atau penyakit juga termasuk syirik asghar. Rasulullah SAS bersabda: “Barangsiapa yang bersumpah dengan selain nama Allah, maka ia telah berbuat syirik.” (HR Ahmad)
  • Khafi (tersembunyi). Syirik jenis ini sumbernya berada di dalam hati seseorang, bisa saja berupa niatan semata atau memang kepercayaan namun tak ditunjukkan oleh perbuatan (hanya di dalam hari), misalnya riya’ yang tersembunyi dalam hati.

Baca Juga: Harus Tahu, Bahaya Kafein Bagi Ibu Hamil

Contoh Bahaya Syirik terhadap Amal Ibadah

7+ Inspirasi Desain Mushola dalam Rumah, Agar Ibadah Makin Khusyuk!

Foto: Orami Photo Stock

1. Syirik Ashghar

Saat seseorang melakukan syirik Asghar, maka amal ibadahnya akan rusak. Sungguh rugi orang yang berbuat syirik, karena sesungguhnya amal ibadah yang telah dikerjaan menjadi rusak akibat perbuatan syiriknya. Dalam Alquran Allah berfirman;

وَلَقَدۡ أُوحِيَ إِلَيۡكَ وَإِلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكَ لَئِنۡ أَشۡرَكۡتَ لَيَحۡبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ ٱلۡخَٰسِرِينَ

Artinya: “Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi) sebelummu jika kamu berbuat syirik niscaya akan terhapuslah amalanmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.” (QS Az-Zumar: 65).

2. Syirik Akbar

Saat seseorang mengerjakan syirik akbar, bahaya syirik yang paling besar akan dirasakan. Ada beberapa dosa yang akan ditanggungnya yang mempengaruhi kepada pahalanya, seperti beberapa penjelasan dala Alquran ini:

  • “Sesungguhnya syirik itu kezhaliman yang besar.” (QS Luqman : 13).
  • “Sesungguhnya barang siapa menyekutukan Allah, maka pasti Allah mengharamkan jannah (surga) baginya dan tempatnya adalah neraka, dan tidak ada bagi orang-orang zhalim itu seorang penolong pun.” (QS Al-Maidah: 72).
  • “Sesungguhnya orang kafir, yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka jahannam, mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.” (QS Al-Bayyinah: 6).

Karena bahaya syirik ini kadang tidak disadari, setelah mengetahuinya alangkah lebih baik untuk menjauhinya, Moms.

  • https://islam.nu.or.id/post/read/109711/awas-bahaya-syirik-tanpa-sadar--kenali-bentuk-bentuknya-
  • https://dalamislam.com/landasan-agama/tauhid/syirik-dalam-islam
  • http://repository.uin-suska.ac.id/3033/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait