Parenting Islami

6 Agustus 2021

Baiti Jannati Artinya Apa? Berikut Penjelasannya

Berikut cara mewujudkan Baiti Jannati dalam kehidupan rumah tangga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Baiti Jannati sering kali diungkapkan oleh umat Islam. Namun, tahukah Moms apa itu Baiti Jannati? Sebenarnya, Baiti Jannati artinya "Rumahku adalah Surgaku".

Lebih dari itu, Baiti Jannati juga memiliki makna sangat indah sehingga menjadi sesuatu yang diidam-idamkan oleh setiap pasangan suami istri.

Berikut penjelasan mengenai pertanyaan, Baiti Jannati artinya dalam agama Islam dan cara mewujudkan makna "Rumahku adalah Surgaku" pada kehidupan rumah tangga.

Baca Juga: Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam, Yuk Lakukan agar Tempat Tinggal Moms Jadi Berkah

Baiti Jannati Artinya dalam Islam

baiti jannati artinya

Foto: Orami Photo Stock

Dalam agama Islam, Baiti Jannati artinya menggambarkan keadaan tempat tinggal yang layaknya surga. Tak harus rumah yang megah atau mewah, tetapi yang paling penting bahwa rumah yang dihuni membawa kebahagiaan dan keberkahaan.

Dengan demikian, penghuni yang bertempat tinggal dalam rumah tersebut pun mendapatkan kebaikan, baik di dunia maupun di akhirat nantinya.

Umat Islam hendaknya membuat tempat tinggal yang memiliki dua fungsi dalam kehidupan. Pertama, menyediakan kesejahteraan dunia di antaranya rasa kasih sayang (mawadah warahmah), menjamin pendidikan anak, menjamin kesehatan (ukhuwah Islamiyah), membentuk individu muslim, mendukung karier, dan kesehatan.

Kedua, kesejahteraan akhirat termasuk mudah untuk melaksanakan ibadah mahdah, melaksanakan muamalah, dan mampu menjaga penghuninya dari hal yang dilarang, serta makruh.

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu, benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berfikir” (QS. Ar Rum 31: 21)

Baca Juga: 3+ Tips Merawat Keharmonisan Rumah Tangga dalam Islam, Yuk Amalkan!

Cara Mewujudkan "Rumahku adalah Surgaku" dalam Keluarga

Setelah memahami Baiti Jannati artinya apa secara keseluruhan, Moms dan Dads yang sudah berumah tangga pasti ingin menerapkannya dalam kehidupan nyata, bukan? Namun, bagaimanakah cara mewujudkannya?

Berikut tipsnya yang dikutip dari jurnal "Menata Rumah yang Islami" oleh Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maliki Malang.

1. Pastikan Rumah Bersih dan Suci

rumah bersih

Foto: Orami Photo Stock

Cara mewujudkan Baiti Jannati yang pertama ialah dengan memastikan tempat tinggal selalu dalam keadaan bersih dan suci.

Hal ini karena agama Islam sangat menjunjung tinggi perkara kebersihan. Sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadist berikut:

Telah bersabda Rasulullah SAW, sesungguhnya Allah iu Maha Baik, Bersih mencintai kebersihan, Mulia menyenangi kemuliaan, Dermawan menyenangi kedermawanan. Bersihkanlah pekarangan kalian, jangan menyerupai orangorang yahudi.” (Hadits Hasan, riwayat lmam Tirmidzi).

Rumah yang bersih pada akhirnya membuatnya suci untuk melaksanakan ibadah kepada Allah SWT.

Jadi, mulailah dengan selalu membuang sampah pada tempatnya, mencuci pakaian dan peralatan makan dengan rutin, dan memiliki jadwal untuk membersihkan rumah dari debu atau kotoran lainnya.

Usahakan untuk mewujudkan kebersihan rumah ini secara bersama, ya.

Selain itu, penting juga untuk memerhatikan kebersihan diri masing-masing anggota keluarga di rumah. Di antara sunnah Rasulullah SAW adalah mandi di hari Jum'at, menggunakan siwak untuk membersihkan gigi, dan menyehatkan gusi.

Baca Juga: 15 Panggilan Suami Istri, Mulai yang Romantis hingga Islami dan Ala Drama Korea

2. Menjadikan Rumah sebagai Tempat Ibadah

mushola rumah.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Baiti Jannati dapat dicapai dengan memperbanyak ibadah kepada Allah SWT. Misalnya, dengan membiasakan keluarga untuk sholat berjamaah dan membaca Alquran bersama.

Rasulullah SAW bersabda:

Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya syaitan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah” (HR. Muslim).

Selain itu, tegakkan sunnah-sunah Nabi Muhammad SAW sehingga tempat tinggal dan penghuninya selalu mendapat keberkahan dalam hidup.

Misalnya, mengucapkan salam dan membaca doa saat hendak masuk ke dalam rumah. Di antara sunnah yang lainnya, yakni mendahulukan kaki kiri apabila keluar rumah.

Seluruh penghuni dalam rumah hendaknya dapat menjaga rahasia sehingga tidak semua hal yang terjadi di rumah perlu diceritaka pada orang lain.

Hal yang paling ditekankan oleh Rasulullah SAW dalam masalah ini adalah tidak bolehnya suami istri menceritakan kepada orang lain mengenai hal-hal khusus yang terjadi di antara mereka berdua.

Bangun juga pondasi agama yang kuat pada anak-anak dengan mengajarkan mereka agama Islam.

Dengan demikian, rumah pun akan terasa layaknya surga karena kehidupan rumah tangga akan berjalan harmonis dan penuh kedamaian.

Baca Juga: Istri Wajib Jaga Aib Suami, Ini Aturannya Menurut Islam!

3. Hindari Maksiat dan Perbuatan Buruk di Rumah

tidak maksiat dan berperilaku buruk di rumah

Foto: Orami Photo Stock

Jangan sekali-kali membuat rumah menjadi tempat maksiat karena akan menuai kerugian sehingga makna "Rumahku adalah Surgaku" pun tak dapat terwujud.

Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka". (QS. At-Tahriim:6)

Maka, setiap Muslim hendaknya menjauhkan dirinya dan keluarganya dari hal-hal yang dilarang oleh agama.

Selain itu, jagalah adab atau perilaku dalam rumah, meski tempat yang ditinggali adalah milik sendiri. Misalnya, tidak makan dan minum yang berlebihan atau yang membahayakan dan haram.

Sebagaimana dalam firman Allah SWT yang tertulis dalam Alquran berikut ini:

Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (Al-A’raf : 31)

Umat Islam dianjurkan untuk tak berlebihan dalam berpakaian dan lainnya. Hal ini karena menumpuk-numpuk pakaian dan barang-barang yang tidak penting pemakaiannya adalah merupakan pemborosan, serta berdampak negatif bagi jiwa. Pakaian mesti disesuaikan dengan kebutuhan, begitu pula barang-barang keperluan rumah.

Moms dan Dads pun perlu menjaga hubungan dengan lingkungan sekitar rumah atau tetangga dalam mewujudkan Baiti Jannati ini. Sebagaimana perintah Allah SWT pada manusia untuk saling menyayangi dan berbuat baik satu dengan yang lainya.

Allah SWT juga memerintahkan manusia untuk tidak membuat kerusakan di muka bumi, tetapi harus memakmurkan bumi, dan memelihara bumi dari upaya perusakan.

Baca Juga: 12 Kewajiban Suami Terhadap Istri dalam Islam, Wajib Tahu!

Nah, itu dia penjelasan mengenai makna Baiti Jannati dan beberapa tips yang dapat diterapkan untuk mewujudkannya dalam kehidupan berkeluarga.

Perlu diingat sekali lagi bahwa Baiti Jannati ini tak bisa terjadi tanpa usaha. Maka, perlunya kerjasama antara orangtua dengan anak-anak di rumah untuk mewujudkannya.

Semoga bermanfaat bagi Moms dan Dads, ya.

  • http://repository.uin-malang.ac.id/606/1/Zien%20and%20Kusumadewi%20-%202012%20-%20Menata%20Rumah%20Yang%20Islami.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait