Parenting Islami

19 Juli 2021

Apa yang Dimaksud dengan Baiti Jannati? Simak Penjelasannya Berikut Ini!

Kalimat baiti jannati memiliki makna "Rumahku, Surgaku"
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms mungkin sering kali mendengar atau melihat ungkapan Baiti Jannati, tetapi apa ya arti sebenarnya?

Ternyata, Baiti Jannati merupakan kalimat yang memiliki makna kebahagiaan dan biasanya ditujukan untuk tempat tinggal, yakni rumah.

Berikut makna dari Baiti Jannati selengkapnya yang bisa Moms simak.

Baca Juga: 3+ Tips Merawat Keharmonisan Rumah Tangga dalam Islam, Yuk Amalkan!

Makna Baiti Jannati dalam Agama Islam

baiti jannati

Foto: Orami Photo Stock

Baiti Jannati adalah "Rumahku, Surgaku". Bagi pasangan suami dan istri yang beragama Islam, ungkapan ini memiliki makna tersendiri yang cukup mendalam.

Namun, Baiti Jannati secara umum mengarah pada kondisi rumah tangga yang harmonis, penuh kasih sayang, menyenangkan, dan damai. Tentu saja, keadaan rumah tangga yang demikian menjadi dambaan setiap pasangan suami dan istri.

Konsep "Rumahku, Surgaku" tidak selalu mengarah pada kondisi rumah yang mewah atau pun megah. Akan tetapi, bagaimana rumah yang ditinggali dapat membawa keberkahan dan kebahagiaan hingga kemudian mengantarkan penghuninya pada kebaikan dunia akhirat.

Setiap pasangan suami dan istri juga dianjurkan untuk membangun rumah tangga dengan akhlak mulia menuju keluarga sakinah (tentram), mawaddah (cinta), dan rahmah (sayang).

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT yang berbunyi:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu, benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berfikir” [QS. Ar Rum 31: 21]

Baca Juga: Dalam Islam Nabi Muhammad Menjadi Contoh Suami Rumah Tangga

Mewujudkan Baini Jannati dalam Kehidupan

mewujudkan baiti jannati

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Penyuluh Agama Islam Kankemenag Sikka, Abdullah Nemba, S. HI, ungkapan "Rumahku Surgaku" adalah ungkapan yang indah, ungkapan yang memberikan ketenangan, ketentraman, dan kebahagiaan yang selalu dirindukan semua orang untuk diwujudkan.

Baiti Jannati juga merupakan surga di dunia yang hadir dalam sebuah rumah. Namun, hal yang didambakan setiap pasangan suami dan istri ini tidak bisa terwujud dengan sendirinya.

Jadi, perlu usaha antara Moms dan Dads serta seluruh anggota keluarga yang menghuni rumah tersebut. Lalu, bagaimana kah cara mewujudkannya?

1. Bacakan Ayat-ayat Suci Al-Qur'an

membaca alquran

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu cara mewujudkan Baiti Jannati adalah dengan mengikuti anjuran Rasulullah SAW, dalam sabdanya yang berbunyi:

Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya syaitan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah” (HR. Muslim).

Maka, Moms dan Dads dianjurkan untuk sering membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an untuk mewujudkan "Rumahku, Surgaku" dalam kehidupan rumah tangga.

Jangan jadikan rumah sebagai tempat maksiat yang berisi banyak keburukan bagi penghuninya.

Namun sebaliknya, tunaikanlah ibadah-ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT agar tempat tinggal kita senantiasa dilindungi oleh-Nya sehingga orang yang tinggal di dalamnya pun menuai keberkahan.

Baca Juga: 11+ Keutamaan Membaca Alquran, Salah Satunya Mendapat Kedudukan Tinggi di Surga!

2. Meneladani Perilaku Rasulullah SAW

meneladani rasulullah saw

Foto: Orami Photo Stock

Cara mewujudkan Baiti Jannati dalam rumah tangga yang berikutnya adalah dengan meneladani perilaku Rasulullah SAW dan menerapkannya pada kehidupan keluarga.

Dalam hal ini, kepala rumah tanggalah yang bertanggungjawab karena mereka merupakan pemimpin dalam keluarga.

Jadi, Dads sebaiknya mencontoh semua perilaku yang penuh kebaikan dari Rasulullah SAW dalam memperlakukan istri, anak-anak, hingga cucu-cucunya. Dengan mempelajarinya dari sejarah atau sirah nabawiyah.

Rasulullah SAW merupakan sebaik-baiknya laki-laki dalam memperlakukan istrinya. Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya, "Sebaik-baik kalian adalah (suami) yang paling baik terhadap keluarganya dan aku adalah yang paling baik terhadap keluargaku." (HR Tirmidzi)

Oleh karena itu, Dads perlu memperlakukan pasangan di rumah dengan cara yang terbaik agar rumah tangga senantiasa harmonis.

Para suami juga hendaknya mematuhi firman Allah SWT yang berbunyi, "Dan bergaullah dengan mereka secara patut (dengan cara yang baik)... " [QS an-Nisaa 4 :19]

Baca Juga: Mengelola Keuangan Rumah Tangga yang Islami

3. Perbanyak Ibadah sebagai Pondasi Utama

perbanyak ibadah di rumah

Foto: Orami Photo Stock

Dalam mewujudkan Baiti Jannati, Moms dan Dads dianjurkan untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.

Rumah yang di dalamnya selalu didirikan ibadah kepada Allah, rumah yang di dalamnya terjadi internalisasi nilai Islam secara kaffah (sempurna), rumah yang di dalamnya ada qudwah hasanah (keteladanan yang baik), dan rumah yang di dalamnya ditegakkannya syariat Islam adalah rumah yang dapat menghindarkan penghuninya dari hal-hal buruk.

Maka, perbanyaklah beribadah, baik yang wajib maupun sunah agar kehidupan dalam berkeluarga senantiasa damai dan penuh kasih sayang bagi penghuninya.

Dengan demikian, tempat tinggal pun akan mengantarkan kita pada kebaikan dunia dan akhirat.

Moms dan Dads bisa memulainya dengan membiasakan sholat berjamaah, tadarus Al-Qur'an bersama, dan meluangkan waktu untuk belajar agama Islam bersama.

Baca Juga: 7+ Inspirasi Desain Mushola dalam Rumah, Agar Ibadah Makin Khusyuk!

4. Menjaga Kebersihan dan Kesucian dalam Rumah

menjaga kebersihan dan kesucian rumah

Foto: Orami Photo Stock

Kebersihan dalam Islam memiliki kedudukan tinggi, begitu pun dengan kebersihan rumah sehingga termasuk hal yang penting untuk diperhatikan oleh setiap keluarga.

Telah bersabda Rasulullah SAW, sesungguhnya Allah iu Maha Baik, Bersih mencintai kebersihan, Mulia menyenangi kemuliaan, Dermawan menyenangi kedermawanan. Bersihkanlah pekarangan kalian, jangan menyerupai orangorang yahudi.” (Hadits Hasan, riwayat lmam Tirmidzi).

Untuk itu, jagalah rumah Moms agar senantiasa bersih sehingga suci untuk beribadah kepada Allah SWT. Misalnya, dengan rajin merapikan dan membersihkan seluruh bagian rumah. Mulai dari ruang tamu, dapur, kamar, kamar mandi, dan lainnya.

Perhatikan juga kebersihan diri para penghuni rumah. Biasakanlah diri dan anggota keluarga lainnya untuk merawat diri dan menjaga kebersihan rumah karena ini merupakan tanggung jawab setiap individu.

Itulah penjelasan singkat mengenai ungkapan Baiti Jannati dan cara mewujudkannya dalam kehidupan. Semoga bermanfaat ya, Moms.

  • https://w3.uinsby.ac.id/baiti-jannati-rumahku-surgaku/
  • https://www.islampos.com/baiti-jannati-kebahagian-keluarga-karena-keberkahan-52688/
  • https://ntt.kemenag.go.id/berita/511016/baiti-jannati-rumahku-surgaku
  • https://ponpes.alhasanah.sch.id/pengetahuan/bagaimana-agar-bisa-menjadi-keluarga-harmonis-menurut-islam/
  • https://wahdah.or.id/rumahku-surgaku/
  • http://repository.uin-malang.ac.id/606/1/Zien%20and%20Kusumadewi%20-%202012%20-%20Menata%20Rumah%20Yang%20Islami.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait