Fashion & Beauty

6 Juli 2021

Cari Tahu Soal Balayage sebelum Moms Mewarnai Rambut, Yuk!

Apa itu warna rambut balayage dan apa yang membuatnya terkenal? Yuk simak di sini, Moms!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Balayage adalah sebuah tren teknik pewarnaan rambut yang bisa membuat Moms terlihat tambah stylish. Tren teknik pewarnaan rambut ini sendiri sudah hadir dari beberapa tahun lalu namun masih menjadi pilihan populer di masa sekarang.

Dari Alexa Chung hingga Rihanna, banyak sekali selebriti Hollywood yang memiliki gaya rambut ini untuk mendapatkan kesan "just been kissed by the sun" atau rambut yang terlihat terkena sinar matahari.

Dilansir dari Elle, gaya warna rambut balayage sendiri memang sangat populer di kalangan selebriti Hollywood. Namun apa sih balayage itu? Yuk, ketahui lebih dalam!

Baca Juga: Ketahui Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah, Jangan Sampai Salah!

Apa itu Balayage?

balayage

Foto: instagram.com/balayageobssesed

Balayage adalah sebuah kata dari Perancis. Balayage memiliki arti "untuk dilukis".

Gaya warna rambut ini membuat penampilan kita terlihat dari rambut yang baru saja terjemur matahari. Sama sepeti rambut anak-anak yang terlihat ketika ia bermain.

Teknik pengaplikasian balayage sendiri lebih kepada cara warna rambut tersebut diaplikasikan, bukan memberikan warna rambut.

Dilansir dari Good House Keeping, balayage adalah sebuah teknik di mana warna rambut 'dilukiskan' pada rambut untuk menciptakan gradasi dengan efek highlight yang lebih natural.

Baca Juga: Alami dan Mudah, Ini 4 Perawatan Rambut Rontok yang Bisa Moms Lakukan

Alasan Balayage Menjadi Terkenal

balayage

Foto: instagram.com/balayageobssesed

Ternyata teknik pewarnaan balayage bukan sembarangan menjadi terkenal, Moms. Terdapat berbagai macam alasan kenapa teknik pewarnaan ini menjadi kesukaan selebriti Hollywood dan mulai terkenal di Indonesia.

1. Tidak Terlalu Sulit Merawat Rambut

Karena prosesnya dimaksudkan untuk membuat rambut kita terlihat natural, maka ketika memutuskan untuk mengaplikasikan teknik rambut ini, kita tidak perlu susah payah merawatnya seperti warna rambut lain.

Ya, kita harus ekstra hati-hati ketika melakukan perawatan rambut berwarna lain karena takut warnanya luntur dan bisa merusak rambut, namun hal ini tentu saja berbeda dengan balayage.

Jadi, dengan memakai warna rambut dengan teknik ini, Moms akan menghabiskan uang lebih sedikit unutk perawatan.

Baca Juga: 5 Model Rambut Pendek Wanita yang Cocok untuk Wajah Bulat serta Cara Merawatnya

2. Bisa Memilih Warna

Meski memiliki tujuan untuk mendapatkan efek natural. Hal tersebut membuat teknik pewarnaan balayage pun bisa memilih berbagai macam warna rambut.

Teknik pewarnaan ini tentu saja bisa disesuaikan dengan warna kulit, Moms. Cobalah untuk berkonsultasi kepada stylist langganan Moms terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan pewarnaan.

Stylist langganan Moms pastinya akan mencarikan warna yang sesuai dengan warna kulit agar pewarnaan rambut yang dilakukan memiliki efek lebih natural.

Perlu diingat bahwa teknik balayage yang akan diaplikasikan bisa saja berbeda jika dilakukan oleh stylist yang berbeda ya, Moms!

Beberapa stylist pun biasanya memilih untuk melihat potongan rambut dan wajah secara keseluruhan dan bahkan mencocokannya dengan potongan rambut yang spesifik agar hasil akhirnya bisa lebih memuaskan.

3. Disukai Banyak Selebritis

Dari mulai keluarga Kardashians hingga Chrissy Teigen sendiri memilih untuk mewarnai rambut mereka dengan teknik ini. Jadi, bukanlah hal yang aneh ketika balayage menjadi teknik pewarnaan rambut yang populer di masyarakat.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Rambut Keriting yang Wajib Agar Tetap Sehat

Cara Membedakan Balayage yang Gagal dan Berhasil

balayage

Foto: instagram.com/balayageobssesed

Karena menghasilkan warna yang natural, mungkin Moms merasa kesulitan untuk membedakan mana balayage yang berhasil dan mana yang gagal.

Nah, tanda pewarnaan balayage yang gagal adalah ketika Moms tidak menggunakan produk dengan kualitas yang baik. Biasanya, produk dengan kualitas buruk akan membuat rambut kita memiliki warna oranye usai keramas.

Ketika menggunakan bleaching, Moms perlu mengetahui kapan perlu membilasnya. Tentu hal ini sangat bergantung pada jenis dan warna rambut.

Perlu diingat bahwa balayage sendiri adalah sebuah seni pewarnaan rambut ya, Moms! Jadi pastikan untuk melakukan pewarnaan ini di salon terlebih dahulu. Atau, jika Moms ingin melakukannya sendiri di rumah, pastikan sudah banyak menonton teknik pewarnaanya agar tidak gagal, ya!

Tahukah Moms bahwa teknik pewarnaan balayage sendiri sering disamakan dengan ombre. Sebenarnya apa sih perbedaannya? Atau jangan-jangan keduanya adalah teknik pewarnaan yang sama? Yuk simak selengkapnya!

Baca Juga: 5+ Rekomendasi Warna Rambut Ombre Terfavorit, Tertarik Coba?

Beda Balayage dan Ombre

Meski memiliki teknik dan efek yang berbeda, namun masih banyak orang yang salah mengartikan balayage dengan ombre nih, Moms! Dilihat sekilas memang dua jenis pewarnaan rambut ini terlihat mirip, namun keduanya sangat berbeda.

1. Balayage

balayage

Foto: instagram.com/balayageobssesed

Seperti yang sudah disebutkan, balayage sendiri hadir dari bahasa Perancis yang berarti "dilukis". Namun balayage sendiri juga memiliki arti lain yakni "menyapu".

Jadi, rambut yang diwarnai dengan teknik balayage sendiri seolah dilukis atau disapu dengan kuas tiap bagiannya hingga menciptakan highlight.

Highlight yang akan diciptakan sendiri memiliki tingkat terang yang lebih tinggi dari warna alami rambut. Meski demikian, ide balayage sendiri adalah membuat warna rambut yang terkesan natural.

Jadi, rambut bagian bawah biasanya akan lebih gelap sehingga memberikan gradasi yang berbeda.

Proses pewarnaan rambut dengan metode balayage sendiri pun tidak menggunakan foil sehingga warna highlightnya akan terlihat lebih lembut.

2. Ombre

bayage

Foto: instagram.com/emmillyrikelly

Sama dengan balayage, kata ombre sendiri pun berasal dari bahasa Perancis namun dengan arti berbeda. Ombre sendiri memiliki arti "bayangan".

Ya, seperti namanya, rambut yang diombre sendiri biasanya menghasilkan kesan gradasi yang membayang dari akar hingga ujung rambut nih, Moms!

Pewarnaan rambut ombre sendiri tidak akan dilakukan dari ujung akar rambut. Namun semakin ke bawah, warna rambut akan terlihat semakin terang.

Nah, itu dia Moms mengenai teknik pewarnaan balayage. Jadi, apakah Moms sudah menemukan warna yang sesuai untuk diaplikasikan?

  • https://www.elle.com/uk/beauty/hair/a37306/balayage-hair-highlights/
  • https://www.goodhousekeeping.com/beauty/hair/a29591985/what-is-balayage-hair/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait