2-3 tahun

22 Februari 2019

Balita Tidak Suka Naik Stroller Anak? Begini 5 Cara Menghadapinya, Moms

Coba ini supaya naik stroller jadi lebih nyaman dan menyenangkan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Pasti serba salah rasanya, kalau balita tidak suka naik stroller tapi juga belum cukup stamina untuk berjalan kaki.

Rencana berjalan-jalan dan menghabiskan waktu di luar rumah jadi perlu dipikirkan ulang agar Moms dan Dads tidak kelelahan, kan?

Bila segala cara sudah dilakukan tapi tetap saja balita tidak suka naik stroller, bagaimana kalau Moms coba menghadapinya dengan cara berikut:

1. Pilih Stroller Yang Bisa Menghadap Moms

balita tidak suka naik stroller begini cara menghadapinya, moms 1

Menurut buku Your Baby’s Feeding and Growing Years, salah satu alasan yang paling sering membuat balita tidak suka naik stroller adalah rasa cemas dan gelisah karena tidak bisa melihat wajah Moms.

Jadi agar si kecil merasa lebih tenang, coba gunakan stroller dengan pegangan yang bisa dibalik agar balita bisa melihat Moms saat sedang berjalan.

Baca Juga: 5 Jenis Baby Stroller yang Cocok untuk Bayi Baru Lahir

2. Buat Senyaman Mungkin

balita tidak suka naik stroller begini cara menghadapinya, moms 2

Rasa tidak nyaman terjadi karena sabuk pengaman stroller yang terlalu ketat, dudukan yang keras, atau bahan stroller yang gatal dan panas juga bisa membuat balita tidak suka naik stroller.

Bila itu alasannya, coba lakukan beberapa penyesuaian pada stroller agar si kecil bisa menggunakannya dengan nyaman.

Misalnya saja dengan melonggarkan sabuk pengaman bila badannya sudah lebih besar, menambahkan busa tipis agar lebih empuk, atau melapisi dudukan stroller dengan kain flanel yang halus dan dingin.

3. Berinteraksi Saat Naik Stroller

balita tidak suka naik stroller begini cara menghadapinya, moms 3

Foto: Amazon.com

Si kecil langsung menangis dan tidak mau diam saat ditaruh dalam stroller? Jangan langsung dikeluarkan, Moms. Lebih baik dorong stroller perlahan selama beberapa menit, agar getaran stroller bisa membuat si kecil merasa lebih nyaman dan tenang.

Dr. Richard C. Woolfson, seorang psikolog anak, berkata bahwa naik stroller juga akan terasa lebih menyenangkan bagi balita bila Moms mengajak si kecil bernyanyi, mengobrol, atau menunjukkan berbagai hal menarik yang ditemui dalam perjalanan.

Baca Juga: Pilih Car Seat Sesuai Usia Anak

4. Siapkan Camilan dan Mainan

balita tidak suka naik stroller begini cara menghadapinya, moms 4

Untuk balita yang gampang bosan saat naik stroller, Moms bisa berikan camilan sehat atau mainan untuk mengalihkan perhatiannya sampai tiba di tujuan.

Trik ini juga bisa dilakukan bila Moms membawa si kecil naik stroller sambil sibuk melakukan hal lain, seperti berbelanja di supermarket atau berbicara dengan teman.

Supaya lebih aman, berikan camilan kering yang tidak mudah tumpah dan ikat mainan ke stroller agar tidak terjatuh dan hilang.

5. Sering Berhenti

balita tidak suka naik stroller begini cara menghadapinya, moms 5

Bagi balita yang aktif, duduk diam di dalam stroller dalam waktu lama rasanya bisa lebih melelahkan ketimbang berlarian kesana kemari lho, Moms.

Jadi bila perjalanan menuju tujuan cukup panjang, sebaiknya luangkan waktu untuk berhenti sejenak dan membiarkan si kecil turun dan bergerak sebelum dia mulai rewel ya, Moms.

Bila semua cara tadi masih tidak berhasil untuk menghadapi balita tidak suka naik stroller, gunakan sling, carrier, atau gendongan sejenis sebagai jurus pamungkas agar perjalanan tidak terhambat.

Apalagi ya Moms, yang bisa dilakukan agar balita tetap nyaman saat naik stroller?
(WA)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait