Rupa-rupa

10 Mei 2019

Barang Menumpuk Tak Terpakai? Akali Dengan 5 Trik Ini

Cegah barang menumpuk dan memenuhi isi rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Memiliki banyak barang tak terpakai memang membuat rumah semakin penuh sesak. Mungkin Moms terkadang merasa ingin membuangnya, tetapi di satu sisi enggan karena berpikir suatu saat barang tersebut dibutuhkan.

Karenanya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengakali barang-barang menumpuk dan tak terpakai seperti ini.

Tidak harus dengan menjualnya, Moms bisa membuat rumah menjadi lebih bersih, lega, dan teratur, dengan 5 trik yang dikutip dari NBC News untuk mengakali tumpukan barang di rumah. Simak ya Moms!

1. Sumbangkan ke Penduduk Sekitar

barbek1.jpeg

Jika Moms memiliki barang-barang seperti mainan anak-anak, perabot, dekorasi rumah, atau bahkan pakaian dan sepatu yang tidak ingin dipertahankan tetapi masih dalam kondisi yang baik, pertimbangkan untuk disumbangkan.

Bisa ke panti asuhan di dekat rumah, masjid, sekolah, atau tempat les. Moms bisa menawarkan kepada mereka untuk membelinya atau diberikan secara gratis, cara ini sudah cukup untuk mengurangi tumpukan barang di rumah.

Baca Juga: 4 Sociopreneur Indonesia yang Menginspirasi

2. Berikan ke Keluarga atau Teman

barbek3.jpg

Moms bisa memberikan produk kecantikan seperti makeup atau pakaian dengan cara saling bertukar produk dengan keluarga atau teman.

Tawarkan sekantong plastik besar yang penuh dengan pakaian, sepatu, dan aksesori tua kepada teman dan keluarga.

Moms bisa menanyakan kepada mereka terlebih dahulu, apakah mereka ingin mengambil beberapa barang dari lemari mereka sendiri dan melakukan pertukaran atau tidak.

3. Diolah Kembali

Dengan sedikit kesabaran dan kreativitas, barang yang sudah tidak berguna bisa Moms ubah fungsinya menjadi cangkir pensil untuk meja, atau wadah kuas makeup, misalnya.

Jika Moms tidak dapat menemukan cara untuk mengolahnya, atau menggunakan kembali pakaian atau barang-barang rumah tangga lainnya untuk diri sendiri, lihat bila ada seseorang yang menginginkannya.

4. Buang ke Tempat Pembuangan Akhir

barbek2.jpg

Ini berlaku untuk Moms yang benar-benar ingin membuang barang tak terpakai. Karenanya, sebaiknya pilah-pilah terlebih dahulu barang yang memang sudah tidak terpakai lagi, bahkan di kemudian hari nanti.

Misalnya seperti obat-obatan yang sudah kadaluwarsa, barang elektronik yang sudah rusak. Pakaian atau barang fashion lain yang sudah tak layak pakai.

Baca Juga: Tanda Anda Lebih Cocok Menjadi Wirausahawan Daripada Pegawai

5. Dijual Kembali

Cara terakhir yang biasanya juga banyak dilakukan, adalah dengan menjualnya kembali. Biasanya, barang bekas yang dijual ini termasuk barang preloved.

Dengan menjual barang preloved, Moms akan mendapatkan uang tambahan, tentu saja ini sungguh menarik. Jika masih bingung di mana tempat untuk menjual barang preloved, Moms bisa menjualnya melalui Preloved Orami.

Kopdar-Banner-Ig-Fb.jpg

Namun, agar bisa menjual barang di Preloved Orami, Moms perlu gabung di WhatsApp Group (WAG) Orami terlebih dahulu ya. Ini bukan sekadar grup biasa lho Moms, dengan bergabung di WAG Orami, Moms punya banyak keuntungan seperti:

- Memiliki support group

- Kulwap gratis

- Punya kesempatan untuk jadi figur Real Moms Real Stories, di mana Moms dapat menjadi figur bagi para Ibu anggota grup

- Event gratis

- Giveaway

- Promo terkini dari Orami

Untuk bisa gabung, Moms hanya perlu klik ke link ini, mudah banget kan?

(AP/IRN)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait