Bayi

BAYI
20 Juni 2020

7 Barang Tidak Aman untuk Bayi, Yuk Singkirkan!

Kategori barang bayi yang tidak aman ini berdasarkan pada banyaknya laporan penyebab cedera hingga kematian
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Meski rumah harus menjadi tempat yang paling aman untuk bayi, ternyata masih ada saja hal-hal yang masih membahayakan Si Kecil.

Setelah Moms melakukan pengamanan di beberapa sudut rumah, ada yang tidak disadari oleh beberapa orang tua. Ternyata, masih ada barang-barang yang tidak aman untuk bayi tapi masih tetap digunakan.

Karena biasanya berbentuk imbauan, biasanya barang-barang yang tidak aman tersebut masih dapat dengan mudah ditemui. Claude Cyr, seorang dokter anak di Sherbrooke, Que yang juga anggota Canadian Pediatric Society Injury Prevention Committee menjelaskan bahwa larangan hanya dapat diterapkan ketika produk yang dimaksud berbahaya bila digunakan sesuai petunjuk, tidak hanya dalam beberapa keadaan.

“Dan pelarangan biasanya merupakan langkah terakhir dalam strategi yang komprehensif, setelah mendidik masyarakat tentang produk dan memperkenalkan pedoman baru untuk diikuti oleh produsen,” kata Claude.

Baca Juga: Bayi Menelan Barang Berbahaya? Berikut Penanganannya

Barang Tidak Aman untuk Bayi

Apa saja barang bayi yang tidak aman namun masih tetap bisa ditemukan? Berikut ulasannya.

1. Bumper Boks

Ternyata 7 Barang Bayi yang Tidak Aman Ini Masih Tetap Banyak yang Menggunakan -1.jpg

Foto: Pinterest.com

Biasanya bertekstur tebal dan terbuat dari bahan yang bisa menyebabkan mati lemas pada bayi jika menimpa badannya. Food & Drug Administration (FDA) pun tidak merekomendasikan ini.

Ada 27 kematian yang dilaporkan antara tahun 1985 hingga 2005 karena ini. Beberapa negara seperti Ohio bahkan telah melarang penjualan bumper tertentu karena berisiko. Baik Canadian Pediatric Society dan American Academy of Pediatrics tidak merekomendasikan ini.

Ada juga sebuah penelitian utama AS yang diterbitkan pada 2007 yang menghubungkan kematian bayi dengan bumper swinger. "Mereka adalah aksesoris mode. Mereka tidak ada gunanya dan berpotensi berbahaya,” kata Claude.

2. Sleep Position

Ternyata 7 Barang Bayi yang Tidak Aman Ini Masih Tetap Banyak yang Menggunakan -2.jpg

Foto: Inspireuplift.com

Barang ini juga tidak direkomendasikan oleh FDA dan organisasi lain. Biasanya, orang tua menggunakannya dalam upaya untuk mencegah SIDS, yang terjadi malah banyak bayi yang mengalami mati lemas karena itu.

The National Institute of Child Health and Human Development (NICHHD) juga merekomendasikan tempat tidur yang kosong dan bebas dari positioner, bantal, boneka, atau barang lainnya.

3. Selimut Tebal

Ternyata 7 Barang Bayi yang Tidak Aman Ini Masih Tetap Banyak yang Menggunakan -3.jpg

Foto: Dhgate.com

Meskipun Moms mungkin tergoda untuk menyimpan selimut agar bayi tetap hangat di malam hari, namun itu hanya akan meningkatkan risiko bayi mati lemas di dalam boks.

American Academy of Pediatrics (AAP) tidak merekomendasikan untuk menyimpan selimut apa pun di dalam boks bayi. Ini juga berlaku untuk Moms yang co-sleeping atau memiliki tempat tidur di dekat bayi.

Jika Moms khawatir bayi kedinginan, cukup kenakan jumper lengan panjang yang juga menutupi kaki untuk tidur. Pasang juga penghangat ruangan atau perbesar suhu AC untuk membuat bayi tetap nyaman dan tidak kedinginan.

Baca Juga: Cek! Apakah Daftar 15 Barang Wajib Ini Sudah Ada dalam Tas Bayi Saat Bepergian?

4. Baby Walker

Ternyata 7 Barang Bayi yang Tidak Aman Ini Masih Tetap Banyak yang Menggunakan -4.jpg

Foto: Michaelkorssitesaleonline.com

Sementara mainan dorong tegak yang membantu bayi belajar berjalan tidak masalah untuk digunakan, baby walker telah ilegal di Kanada sejak 2004. American Academy of pediatrics (AAP) telah merekomendasikan agar AS mengikutinya, namun baby walker tetap bisa ditemukan.

Padahal, masih banyak dokter yang melaporkan bahwa baby walker masih menyebabkan cedera pada bayi.

5. Kursi Mandi

Ternyata 7 Barang Bayi yang Tidak Aman Ini Masih Tetap Banyak yang Menggunakan -5.jpg

Foto: Tinyfox.com.au

Laporan kematian bayi akibat penggunaan kursi mandi masih bisa ditemui. Kursi telah terbalik atau bayi memanjat atau menyelinap melalui celah kaki adalah penyebabnya.

“Canadian Pediatric Society sedang mencoba untuk menghapus kursi mandi dari pasar karena kebanyakan berbahaya. Mereka membuat orang tua merasa bisa meninggalkan bayi mereka tanpa pengawasan, tetapi tidak ada cara aman untuk meninggalkan bayi sendirian di bak mandi bahkan untuk sesaat,” ujarnya.

6. Kursi Bumbo dan Kursi Bermain Lainnya

Ternyata 7 Barang Bayi yang Tidak Aman Ini Masih Tetap Banyak yang Menggunakan -6.jpg

Foto: Telephonesatelite.com

Sangat menyenangkan memiliki bayi setinggi mata, tetapi kursi bayi seperti Bumbo bisa berbahaya jika Moms meletakkannya di permukaan yang tinggi, seperti meja makan karena berisiko terjatuh. Itu disorot dalam penarikan kursi bumbo pada 2012 yang menghasilkan tali tambahan pada Bumbo, serta peringatan agar tidak menempatkan kursi di atas lantai.

“Penting juga untuk memastikan bahwa bayi Anda selalu diawasi dan tidak diletakkan di dekat sesuatu yang berbahaya seperti kabel listrik,” tambahnya.

7. Soft Carrier dan Sling

Ternyata 7 Barang Bayi yang Tidak Aman Ini Masih Tetap Banyak yang Menggunakan -7.jpg

Foto: Daisybabyshop.com.au

Kedua barang ini akan berisiko untuk bayi jika tidak digunakan dengan benar. Sebenarnya kedua didesain untuk memudahkan saat menggendong, tetapi jika bayi tidak diposisikan dengan benar, ada risiko bayi terjatuh atau mati lemas.

Pada 2013, Health Canada mengingatkan orang tua untuk mengikuti arahan, memastikan bahwa gendongan dalam kondisi yang baik.

Baca Juga: 5 Barang Ini Ternyata Wajib Ada di Kamar Setelah Bayi Dilahirkan

Nah, itulah barang-barang berbahaya untuk bayi yang perlu Moms singkirkan. Apakah masih barang bayi yang tidak aman di rumah Moms? Apa alasannya?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait