Fashion & Beauty

18 Juli 2021

Tahapan Basic Skincare untuk Membuat Kulit Cerah dan Sehat, Yuk Kenali!

Perawatan wajah tanpa harus mahal bisa Moms coba sendiri di rumah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms ingin memiliki kulit wajah yang selalu terlihat sehat, cerah, dan berseri, meski usia semakin bertambah? Jika iya, jawabannya hanya satu yaitu lakukan perawatan kulit. Mulai lah dari basic skincare terlebih dahulu.

Moms jangan berpikir bahwa perawatan kulit itu merepotkan dan butuh banyak uang karena harus sering-sering ke klinik kecantikan. Padahal banyak lho beberapa produk lokal dengan harga terjangkau yang bisa Moms coba.

Kalau Moms ingin coba memulai merawat kulit, coba deh Moms melakukan perawatan dari yang paling dasar dulu dengan basic skincare.

Baca Juga: Skincare Brightening dan Lightening, Ketahui Perbedaan dan Manfaatnya untuk Wajah

Basic Skincare Routine yang Bisa Moms Ikuti

Menurut Dr. Ashley Magovern, dokter kulit bersertifikat dan pemilik dan pendiri Manhattan Dermatology, basic skincare terdiri dari beberapa langkah sederhana, yakni membersihkan, merawat, dan melembapkan.

Berikut rangkaian basic skincare routine yang bisa Moms coba lakukan. Simak, yuk.

1. Cleansing

basic skincare - cleansing

Foto: Orami Photo Stock

Langkah basic skincare pertama yang bisa Moms ikuti adalah dengan membersihkan kulit wajah.

Membersihkan wajah setelah seharian terpapar sinar matahari atau debu sepertinya sudah umum dilakukan. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, gunakanlah metode double cleansing.

Pertama-tama Moms harus membersihkan sisa make up yang menempel dengan cleansing oil atau berbentuk gel, setelahnya gunakan facial foam atau produk pembersih yang cara menggunakannya dibasuh dengan air.

Pembersih berbasis minyak dari cleansing oil atau gel dirancang untuk menghilangkan kotoran berbasis minyak, termasuk riasan, sunscreen, sebum, dan polusi.

Dengan menyingkirkan kotoran ini terlebih dahulu, pembersih berbasis air kedua dari facial foam akan dapat benar-benar bekerja lebih baik ke dalam kulit sehingga menghilangkan kotoran dan keringat.

Metode double cleansing tidak hanya dimaksudkan untuk memberikan pembersihan yang lebih menyeluruh, tetapi juga dapat merevitalisasi kulit kusam, dan memungkinkan produk perawatan kulit lainnya meresap lebih efektif.

Untuk produknya, gunakan jenis produk pembersih wajah yang sesuai dengan tipe jenis kulit Moms, tapi pastikan formulanya aman dan lembut.

Hal ini karena pembersih wajah yang terlalu keras dapat berbahaya bagi kulit, bahkan bisa merusak lapisan kulit secara perlahan.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit dan Manfaatnya

2. Toning

basic skincare - toning

Foto: Orami Photo Stock

Setelah membersihkan wajah dengan facial foam atau sabun pencuci muka, pasti wajah akan terasa kesat dan terasa kering kalau Moms menggunakan produk yang kadar sabunnya cukup tinggi.

Untuk menyeimbangkan kadar pH di kulit, pastikan Moms melanjutkannya dengan menggunakan toner sebagai langkah basic skincare selanjutnya. Moms bisa menggunakan metode double toning untuk hasil yang lebih maksimal.

Dalam metode double toning, Moms harus menggunakan exfoliating toner terlebih dahulu untuk mengangkat sel kulit mati di bagian luar kulit, sesudahnya gunakan hydrating toner untuk menjaga kelembapan kulit tetap terjaga dan menjaga elastisitas kulit Moms.

Jika Moms memiliki kulit yang rentan jerawat, carilah toner dengan bahan-bahan seperti asam salisilat untuk menenangkan jerawat.

Sementara jika Moms memiliki kulit kering atau sensitif, Dr. Ashley Magovern menyarankan untuk memilih toner yang menghidrasi untuk menenangkan kulit wajah.

Baca Juga: 6 Mitos Soal Perawatan Kulit Wajah yang Selama Ini Dipercaya

3. Moisturizing

basic skincare - moisturizing

Foto: Orami Photo Stock

Kulit yang sehat dan kenyal adalah kulit yang selalu terjaga kelembapannya. Maka, penting bagi Moms untuk menggunakan pelembap sebagai rangkaian dari basic skincare setiap harinya.

Moms perlu menggunakan pelembap, baik di siang hari ataupun malam hari. Untuk penggunaan siang hari, pilihlah pelembap yang lebih ringan sehingga akan lebih mudah meresap dengan cepat dan tidak akan menyebabkan pilling di bawah riasan.

Tidak perlu mahal, saat ini banyak produk yang beredar di pasaran dengan brand lokal yang cukup bagus untuk Moms coba. Agar menghindari resiko iritasi atau respon negatif lainnya, pilihlah moisturizer yang tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti merkuri atau pun paraben.

Selain itu, Sejal Shah, dokter kulit bersertifikat di New York City merekomendasikan Moms untuk memilih produk pelembab yang bebas minyak dan bebas pewangi.

Hal ini karena pelembap yang bebas dari bahan-bahan tersebut akan ditoleransi dengan baik oleh semua jenis kulit, mulai dari pemilik jenis kulit yang rawan berjerawat hingga kulit sensitif.

Moms juga dapat menggunakan bahan-bahan tertentu untuk mengatasi masalah kulit dengan mencari pelembap yang diformulasikan dengan bahan tambahan yang menargetkan kebutuhan spesifik.

Berikut adalah beberapa bahan yang paling penting untuk diketahui terkait dengan kandungan dalam produk pelembap:

  • Asam hialuronat untuk mengencangkan kulit dan mengembalikan hidrasi yang hilang.
  • Ceramides untuk meningkatkan kekuatan penghalang kulit dan kesehatan kulit secara keseluruhan (penting bagi mereka yang memiliki kulit kering dan eksim).
  • Vitamin C untuk memberikan perlindungan antioksidan dan mencerahkan kulit secara keseluruhan.

Baca Juga: 6 Pelembap Wajah untuk Ibu Hamil yang Aman

4. Protecting

basic skincare - protecting

Foto: Orami Photo Stock

Kulit yang sehat juga kulit yang terlindungi dari bahaya UV A dan UV B. Baiknya, Moms jangan membiarkan kulit Moms keluar tanpa perlindungan. Jadi, penting bagi Moms untuk memiliki produk perlindungan dalam rangkaian basic skincare sehari-hari.

Gunakan sunscreen yang memang diformulasikan untuk pemakaian sehari-hari yang tinggi kadar SPFnya, minimal SPF 30 yang menghalangi 97 persen sinar UVB matahari.

SPF dengan angka yang lebih tinggi akan memblokir sedikit lebih banyak sinar UVB matahari, tetapi tidak ada sunscreen yang dapat memblokir 100 persen sinar UVB matahari.

Penggunaan sunscreen akan membantu melindungi kulit Moms dari sengatan matahari, penuaan dini, dan kanker kulit.

American Academy of Dermatology Association menyarankan siapa pun untuk menggunakan sunscreen setiap hari jika akan berada di luar. Matahari memancarkan sinar UV yang berbahaya sepanjang tahun. Bahkan pada hari berawan, hingga 80 persen sinar UV matahari yang berbahaya dapat menembus kulit.

Oleskan sunscreen yang cukup untuk menutupi semua kulit yang tidak akan ditutupi pakaian. Jangan lupa oleskan juga pada bagian atas kaki, leher, telinga, dan bagian atas kepala, ya Moms.

Penggunaan sunscreen yang dianjurkan adalah dengan mengoleskannya ke kulit yang kering, setidaknya 15 menit sebelum pergi ke luar ruangan.

Saat berada di luar ruangan, aplikasikan kembali sunscreen kira-kira setiap dua jam, atau setelah berenang atau berkeringat, sesuai dengan petunjuk pada kemasan sunscreen yang Moms gunakan.

Baca Juga: Mengenal Retinol, Kandungan dalam Skincare untuk Mengatasi Kerutan di Kulit

Cukup mudah kan Moms langkah-langkah basic skincare? karena perawatan kulit adalah investasi Moms di masa depan, jadi Moms tidak merasakan efeknya dalam waktu yang singkat.

Jadi, harus sabar dan rutin melakukannya hari demi hari. Selamat mencoba langkah-langkah basic skincare di atas, Moms!

  • https://www.allure.com/story/beginner-skin-care-routine
  • https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/double-cleansing
  • https://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a22850819/best-skincare-routine/
  • https://www.aad.org/public/everyday-care/sun-protection/sunscreen-patients/sunscreen-faqs
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait