Newborn

5 Maret 2019

Bayi Baru Lahir Tidak Boleh Digendong Mengangkang?

Boleh digendong mengangkang tidak ya, Moms?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Semua orang tua tentunya tahu bahwa bayi sangatlah rapuh dan menggendongnya dengan cara yang benar sama pentingnya seperti merawatnya saat tumbuh dewasa.

Lalu bolehkah bayi baru lahir digendong mengangkang atau digendong belakang?

Bagaimana Cara yang Baik dan Aman dalam Menggendong Bayi?

baby carrier one back 2

Foto: babybjorn.co.uk

Gunakan gendongan kain yang lembut dan pilih yang aman sekaligus nyaman bagi si kecil. Perhatikan pula beberapa hal di bawah ini saat menggendong si kecil:

  • Jaga pinggul si kecil dalam posisi yang mendorong sendi pinggulnya berkembang secara alami
  • Pastikan kepala si kecil didukung dengan lembut
  • Dukung kelengkungan alami tulang belakang bagian bawah

Baca Juga: 7 Jenis Gendongan Bayi Sesuai Usia dan Berat Badan Serta Plus Minusnya

Sementara itu, menurut Pure Chiropractic, berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu dihindari saat menggendong bayi:

  • Jangan menempatkan bayi di kursi yang menempel pada kusen pintu. Moms mungkin akan menundukkan tulang belakang si kecil untuk mengambil posisi menahan beban sebelum ia benar-benar siap digendong.
  • Minimalkan membawa si kecil menghadap ke luar karena posisi menghadap Moms dapat membantu pengembangan pinggulnya. Cara itu memungkinkan lehernya untuk mengasumsikan posisi tidur terbaik.
  • Hindari menggendong bayi dengan posisi kaki bayi menjuntai dengan bebas. Pastikan gendongannya aman untuk pengembangan pinggul yang baik.
  • Waspadai masalah pinggul, perbedaan panjang kaki, atau lipatan kulit yang tidak rata dan segera hubungi dokter jika dicurigai si kecil mengalami hip dysplasia.

Bolehkah Bayi Baru Lahir Digendong Posisi M?

indonesia hike

Foto: parents.com

Bayi yang baru lahir memang harus digendong dengan aman dan nyaman. Menurut Dr. Rosie Knowles, seorang dokter dan penulis dari Amerika Serikat, bayi akan sering menyusu dan berubah posisi, tetapi banyak yang akan dengan senang hati tidur saat digendong di punggung.

Cara paling aman untuk menggendong bayi dengan posisi M biasanya digendong menggunakan kain gendongan berbahan kain tenun yang lembut.

Hal ini karena kain tenun dapat secara hati-hati dikencangkan bagian demi bagiannya untuk memastikan si kecil sepenuhnya didukung mulai dari leher hingga lipatan di balik lututnya.

Tentunya dengan jalan napas yang terbuka, dan tulang belakangnya terjaga dalam kurva lembut fisiologis yang tepat serta lutut yang terpisah dengan lembut untuk menjaga posisi pinggul yang sehat.

Baca Juga: Gendongan Kain vs Gendongan Modern, Mana yang Lebih Baik Untuk Bayi?

Usia yang direkomendasikan untuk menggendong bayi di punggung adalah saat bayi sudah bisa duduk sendiri.

Maka dari itu, alih-alih menggendong bayi di punggung dalam posisi M, lebih baik menggendong bayi dengan posisi hip carry.

Moms dapat memegang pinggul bayi saat menggendongnya dengan posisi ini sehingga si kecil mendapatkan kendali penuh atas kepala dan lehernya.

Tetapi Moms baru dapat mulai menggendong si kecil dengan posisi ini saat usianya tiga bulan. Berikut ini beberapa hal penting yang juga perlu Moms perhatikan:

  • Hadapkan buah hati keluar dan buat si kecil duduk di tulang pinggul Moms.
  • Moms harus melingkarkan lengan di pinggang si kecil.
  • Si kecil akan dapat melihat hal-hal di sekitarnya dengan nyaman.

Baca Juga: Catat, Ini Dia Cara Menggendong Anak Saat Hamil

Nah, dibanding menggendong dengan posisi M, Moms lebih baik menggendong si kecil dengan posisi cradle hold, belly hold, atau face-to-face hold yang direkomendasikan untuk menggendong bayi baru lahir.

Perawat di rumah sakit sendiri biasa menggunakan teknik cradle hold dalam menggendong bayi yang baru lahir.

Nah, sekarang Moms sudah mengerti apakah bayi boleh digendong mengangkang, kan?

(RGW)

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait