Bayi

BAYI
24 April 2020

Bayi Hobi Menggigit? Ini Jalan Keluarnya!

Ini solusinya terbaiknya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Salah satu cara bayi mengeksplorasi hal di sekitarnya adalah dengan menggunakan mulut mereka.

Jika bayi melihat hal yang baru, maka wajar bayi berusaha untuk menggigit segala sesuatu. Perilaku ini pun juga dapat meningkat saat bayi mulai tumbuh gigi.

“Anak usia satu dan dua tahun banyak menggunakan mulut mereka. Anak kecil suka merasakan sesuatu secara oral. Ini adalah cara mereka untuk belajar tentang dunia dan juga menjadi cara menemukan ketenangan,” ungkap Psikolog dan Profesor Kesehatan Masyarakat di University of Minnesota School of Public Health, Minneapolis, Judith Garrard, Ph. D., seperti dikutip dari parents.com.

Cara Mengatasi Bayi yang Suka Menggigit

Untuk mengatasi bayi yang suka menggigit, ada beberapa cara yang dapat Moms terapkan sesuai dengan penyebab bayi menggigit. Berikut ulasannya.

1. Berikan Pengalihan

1 Berikan Pengalihan.jpg

Foto: newsnetwork.mayoclinic.org

Penyebab paling sering bayi suka menggigit adalah karena bayi tumbuh gigi. Ketidaknyamanan akibat tumbuh gigi biasanya dimulai saat bayi berusia tiga bulan dan bayi kerap menggigit sesuatu untuk menenangkan gusinya.

Untuk mengatasi bayi yang suka menggigit akibat tumbuh gigi, healthychildren.org merekomendasikan beberapa cara alternatif.

Antara lain menggosok gusi bayi dengan jari yang bersih atau memberikan teether berbahan karet yang aman untuk bayi gigit.

Untuk mengurangi peradangan akibat tumbuh gigi, Moms juga dapat menyiapkan kain lembut yang dicelupkan air dingin dan digosokkan pada gusi bayi.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Bayi Menggigit Saat Menyusu

2. Ajarkan Untuk Mengungkapkan

2 Ajarkan Untuk Mengungkapkan.jpg

Foto: ImagesBG – Pixabay.com

Bagi sebagian besar bayi, menggigit dapat menjadi salah satu bentuk komunikasi sementara.

“Menggigit di usia ini sebenarnya tidak berbahaya. Balita tidak memiliki kemampuan bahasa untuk mengekspresikan bagaimana perasaan mereka saat ini, sehingga bayi menggigit untuk menciptakan suatu suasana tertentu, mengekspresikan kegembiraan, atau untuk mengatakan bahwa bayi sedang frustasi, cemas atau bosan,” ungkap psikolog klinis di Rumah Sakit Anak, San Diego, Aubyn Stahmer, Ph.D., seperti dikutip dari parents.com.

Untuk mengatasi bayi yang suka menggigit karena alasan ini, Moms dapat membantu memaksimalkan kosa kata bayi, agar dapat segera berbicara dan mengungkapkan apa yang diinginkan.

Saat bayi menggigit, coba tangkap apa yang sedang dirasakannya dan menanyakan apakah itu perasaannya saat ini. Misalnya: ‘Apakah kamu tidak mau ini?’ atau ‘Anak mama kenapa kesal?’.

Baca Juga: Kenapa Anak Balita Suka Menggigit?

3. Kurangi Aktivitas

3 Kurangi Aktivitas.jpg

Foto: Irina Murza – Unsplash.com

Kadangkala, stimulasi berlebihan dapat menjadi penyebab bayi sering menggigit. Misalnya jika bayi bermain dan mengeluarkan energi yang cukup banyak atau bayi melewatkan waktu tidur siangnya.

Bayi yang lebih tenang dan mendapatkan istirahat cenderung tidak menggigit saat mencari pengalihan.

Untuk mengatasi bayi yang suka menggigit karena hal ini, Moms perlu memastikan bayi bermain sewajarnya dan mendapatkan istirahat yang cukup setiap hari. Mengatasi bayi yang suka menggigit sejak dini, akan lebih mudah bagi bayi untuk menghilangkan kebiasaan ini.

“Pastikan juga bahwa tidak ada yang tertawa (dan menganggapnya pemandangan yang lucu) saat bayi sedang menggigit, termasuk saudaranya yang lebih tua. Termasuk juga, jangan membuat kegiatan menggigit sebagai bentuk permainan atau tanda cinta, seperti love bite (gigitan cinta),” ungkap psikolog klinis, Edward Christophersen, Ph.D., seperti dikutip dari babycenter.com.

Baca Juga: Ini 3 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Balita Suka Menggigit

Itulah beberapa alasan dan cara mengatasi bayi yang suka menggigit. Dengan mengetahui penyebab bayi suka menggigit, Moms akan lebih mudah membantu bayi mengurangi kebiasaannya menggigit.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait